Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
7 Niche Blog Teratas yang Perlu Dimanfaatkan Pada Tahun 2023

7 Niche Blog Teratas yang Perlu Dimanfaatkan Pada Tahun 2023

Blog Buttatoa | Niche Blog Teratas - Jika kalian hanya ingin memulai blog sebagai hobi, maka niche blog kalian tidak terlalu penting, dan kalian dapat menulis tentang apa pun yang kalian pikirkan dan kalian inginkan. Namun, jika kalian ingin memulai bisnis blogging, saat itulah kalian perlu berhati-hati dengan niche blog yang kalian pilih.

7 Niche Blog Teratas Tahun 2022

Membuat blog telah menjadi salah satu cara paling populer untuk menghasilkan uang secara online. Namun, hanya karena semua orang melakukannya tidak berarti itu mudah, terutama untuk pemula. Agar berhasil sebagai blogger, pertama-tama kalian harus mengetahui niche blog yang paling menguntungkan.

{tocify} $title={Table of Contents}

Mempelajari cara memilih niche blog yang memiliki potensi keuntungan dan benar-benar melibatkan minat dan keahlian kalian, merupakan langkah penting dalam menyiapkan blog kalian untuk kesuksesan jangka panjang.

Apa Itu Niche Blog?

Niche blog adalah area topik yang dipilih dengan cermat yang akan menjadi fokus konten blog kalian. Beberapa niche blog akan memiliki audiens yang besar, sementara niche lain mungkin memiliki audiens yang kecil.

Niche blog yang kalian pilih merupakan salah satu faktor yang menentukan seberapa sukses blog kalian nantinya dan berapa banyak uang yang berpotensi kalian peroleh dari blog kalian.

Beberapa keuntungan kalau kalian memilih satu niche yang tepat daripada hanya menjadi seorang lifestyle blogger, yaitu:

  • Mempersempit Fokus kalian : Kalian bisa menetapkan audiens dan pemasaran hanya pada target tertentu sehingga memudahkan pencapaian sasaran yang dinginkan.
  • Menjadi Seorang Ahli : Semakin banyak kalian menulis di suatu niche tertentu, semakin meningkatkan kredibilitas kalian di mata pembaca dan Google selama konten yang kalian buat itu berharga.
  • Menghadapi Kompetisi Lebih Sedikit : Blogger multi-niche bersaing di setiap niche yang mereka buat, sedangkan kalian hanya khawatir tentang persaingan langsung sebagai penulis niche tunggal. 

7 Niche Blog Teratas yang Perlu Dimanfaatkan

Dengan begitu banyak niche yang tersedia, mungkin sulit untuk memilih yang tepat untuk difokuskan saat membuat blog baru. Untuk membantu memicu imajinasi kalian, berikut beberapa ide niche blog yang perlu kalian manfaatkan pada tahun 2022 ini.

Exotic Pets (Hewan Peliharaan Eksotis)

Banyak orang tertarik untuk memelihara hewan peliharaan, tetapi tidak semua orang siap dengan segala tanggung jawab yang perlu dilakukannya. Beberapa orang mungkin memiliki alergi atau tidak mampu merawat hewan peliharaan sebaik yang mereka inginkan.

Tapi hewan peliharaan eksotis tidak datang dengan masalah yang sama. Seseorang dapat dengan mudah mendapatkan hewan peliharaan eksotis dan mengetahui bahwa mereka membutuhkan lebih sedikit pekerjaan (daripada hewan peliharaan tradisional) sambil tetap mendapat manfaat dari memilikinya di sekitar rumah.

Ini membuat mereka menjadi teman yang baik bagi orang-orang yang menginginkan sesuatu yang mudah dirawat dan menyenangkan di rumah.

Niche Exotic Pets

Ada banyak potensi untuk menulis tentang niche ini karena ada begitu banyak perubahan selama beberapa tahun terakhir mengenai jenis hewan apa yang dapat/tidak dapat disimpan di rumah. Ada beberapa jenis hewan peliharaan eksotis baru yang dapat dilihat orang dan banyak pemilik hewan peliharaan masih mencoba mencari tahu mana yang cocok untuk mereka.

Kalian dapat menulis artikel mendalam tentang berbagai jenis hewan peliharaan eksotis yang tersedia dan apa kelebihan dan kekurangan yang ditawarkan masing-masing hewan tersebut. Postingan tersebut dapat kalian buat dengan beberapa ratus kata atau bahkan bisa lebih dari 1.000 kata karena ada banyak informasi yang bisa kalian temukan tentang hewan eksotis.

Cryptocurrency

Selama beberapa tahun terakhir, cryptocurrency telah menjadi topik yang sangat populer di seluruh dunia. Ini karena ada banyak perdebatan tentangnya dan orang-orang mulai memahami bahwa bentuk mata uang baru ini mungkin memiliki tempat di pasar saat ini.

Seperti halnya hal atau teknologi baru lainnya, lebih banyak orang ingin mempelajari lebih lanjut tentang cryptocurrency untuk melihat apakah itu bisa menjadi sesuatu yang ingin mereka gunakan untuk keuangan mereka.

Dengan begitu banyak jenis mata uang yang tersedia, ada minat untuk mempelajari mana yang paling sesuai untuk anggaran seseorang dan bagaimana jenis investasi ini dapat membantu mereka dari waktu ke waktu. Banyak yang ingin tahu di mana mereka harus berinvestasi serta berapa banyak mereka harus berinvestasi di dalamnya.

Niche Cryptocurrency

Namun, sementara beberapa orang mencoba mempelajari jenis uang dan investasi baru ini, yang lain sepenuhnya menentangnya. Ini karena mereka tidak memahami potensi yang dapat dimiliki sesuatu seperti ini atau apa yang akan dilakukan seseorang dengannya dalam kehidupan sehari-hari mereka. Tetapi, karena semakin banyak negara mulai menerima cryptocurrency sebagai mata uang legal, pendapat ini akan berubah seiring waktu.

Ini memberikan peluang besar dalam hal menulis tentang topik ini. kalian bahkan dapat mengambil sudut pandang menulis tentang berita umum mengenai pertukaran mata uang kripto daripada memberikan pendapat kalian sendiri tentang mata uang mana yang terbaik untuk diinvestasikan.

Apa pun yang kalian putuskan, pastikan kalian memperhatikan perubahan di pasar sehingga kalian tahu berita mana yang harus disorot dalam postingan kalian dan mana yang harus diabaikan. Ini adalah taktik utama dalam hal meningkatkan keterlibatan dan menurunkan rasio pentalan di blog kalian.

Fandoms

Fandom berasal dari bahasa Inggris yang dapat diartikan sebagai komunitas atau sekumpulan fans berat. Istilah "fandom" dapat digunakan untuk merujuk pada penggemar kolektif sesuatu seperti olahraga, hobi, atau buku serial.

Jadi secara umum fandom adalah sekelompok penggemar yang ditandai oleh perasaan empati dan persahabatan terhadap orang lain yang memiliki minat yang sama. Ada banyak genre fandom yang ada saat ini, mulai dari yang berbicara tentang anime jepang seperti Naruto, Boruto, bergenre Donghua (anime china) seperti Battle Through The Heaven, hingga bergenre K-Pop (Idol Korea Selatan) dan lain-lain.

Niche Fandoms

Fandom menjadi lebih populer dari waktu ke waktu, dimana dulunya orang-orang hanya berbicara dan mendapatkan info tentang minat yang sama dengan mereka hanya bersama teman sekitar dan keluarga mereka, sekarang ada ribuan orang lain di luar sana yang juga menyukai topik ini.

Dengan fandom online yang dapat kalian akses dimanapun, mudah untuk menemukan komunitas dengan penggemar lain yang dapat membantu kalian mempelajari lebih lanjut tentang acara atau game favorit kalian sehingga kalian tidak akan pernah melewatkan apa pun di masa mendatang.

Jika kalian penggemar hal-hal ini dan ingin berbagi pengalaman dengan orang lain, ini adalah sesuatu yang dapat kalian manfaatkan melalui blog kalian.

Future Technology (Teknologi Masa Depan)

Karena teknologi telah menjadi sangat maju dari waktu ke waktu, ada banyak hal baru di pasar untuk dibeli atau dimainkan orang. Dari ponsel dan tablet hingga perangkat realitas virtual, apa pun yang menjadi tren baru akan menarik minat mereka yang belum pernah mencobanya.

Sementara beberapa mungkin tidak ingin membeli perangkat elektronik terbaru segera setelah keluar, mereka masih tertarik untuk mengetahui apa yang terjadi di sekitar mereka dalam industri ini.

Niche Future Technology

Selain itu, semakin kalian fokus pada jenis konten yang tepat dan menghasilkan lebih banyak konten, semakin banyak orang yang benar-benar akan mulai mempercayai apa yang kalian katakan. Ini berarti bahwa ketika mereka siap untuk membeli, kalian dapat memberi mereka tautan pemasaran afiliasi untuk mendapatkan komisi saat pembelian dilakukan.

Orang-orang di niche ini suka menghabiskan uang dan ini memberikan peluang bagi kalian yang tidak boleh diabaikan.

Expensive Hobbies (Hobi Mahal)

Banyak orang akan senang mengalami hobi yang membuat mereka merasa hidup dalam arti kata yang sebenarnya. Kenyataannya adalah bahwa ini biasanya datang dengan biaya yang lebih tinggi daripada kegiatan sehari-hari. Memiliki perahu atau mengendarai jet, menunggang kuda atau bahkan mengendarai mobil eksotis adalah hobi yang membutuhkan uang.

Niche Expensive Hobbies

Beberapa hobi mahal ini juga memerlukan peralatan khusus, yang kebanyakan orang tidak mampu atau tidak bisa menggunakannya karena mereka tidak memiliki keahlian yang dibutuhkan untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini.
Namun, masih ada minat dari orang-orang ini yang berharap mereka bisa belajar lebih banyak tentang bagaimana hobi mahal ini bekerja dan bagaimana rasanya bisa mengambil bagian di dalamnya sesekali.

Hal ini membuat niche "Expensive Hobbies" menjadi salah satu yang bagus untuk dijadikan fokus dalam hal blogging. Dengan orang-orang yang terus-menerus menemukan hobi baru dan cara menghabiskan waktu dan uang mereka, niche ini juga merupakan industri yang belum dimanfaatkan yang dapat kalian jadikan materi postingan blog.

Smart Homes (Rumah Cerdas)

Saat ini, orang meningkatkan rumah mereka dengan teknologi baru yang membantu mereka melacak hal-hal seperti jumlah energi yang mereka gunakan atau berapa banyak makanan di dapur. Namun, sebelum seseorang memasang sesuatu seperti ini di rumah mereka, mereka perlu mempelajari lebih lanjut tentang apa yang dilakukan sistem ini dan manfaat yang mereka berikan.

Niche Smart Homes

Setiap pemilik rumah ingin tahu bahwa keluarga dan harta benda mereka akan aman ketika mereka meninggalkan rumah setiap hari, itulah sebabnya banyak dari peralatan ini menjadi populer di kalangan mereka yang menginginkan keamanan yang lebih baik di tempat tetapi tidak membutuhkan sesuatu yang terlalu mewah atau mahal.

Menulis tentang rumah pintar online dapat membantu kalian menarik banyak pembaca berbeda yang tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang cara kerja sistem ini dan menginginkan sesuatu yang mudah dipasang.

Exotic Destinations (Destinasi Eksotis)

Kebanyakan orang tahu betapa populernya bepergian, tetapi beberapa orang menginginkan sesuatu yang lebih dari sekadar mengunjungi tempat tersebut untuk perjalanan akhir pekan bersama teman-teman. Ada banyak tempat di dunia umumnya dan di Indonesia khususnya yang mungkin belum pernah kalian dengar sebelumnya, apalagi dikunjungi sendiri, namun lokasi-lokasi ini tetap dikemas penuh petualangan dan aktivitas menyenangkan bagi para wisatawan.

Beberapa blogger bahkan fokus pada perjalanan dan berbagi pengalaman mereka sendiri di berbagai daerah dan negara di seluruh dunia sambil dibayar untuk melakukannya secara online melalui iklan atau tautan afiliasi dengan perusahaan yang berbeda. Perusahaan semacam itu mungkin juga menyediakan tur bus, hotel, atau fasilitas perjalanan lainnya.

Niche Exotic Destinations

Jika kalian suka bepergian, maka mencoba menulis blog tujuan eksotis mungkin sesuatu yang bisa bekerja dengan baik untuk kalian di tahun 2022. Banyak orang tertarik untuk belajar tentang dunia di sekitar mereka dan suka bermimpi suatu hari nanti mengunjungi tempat-tempat eksotis tersebut.

Meskipun banyak orang telah menulis tentang niche ini, itu masih sesuatu yang mungkin layak dipertimbangkan, terutama jika kalian dapat menggabungkan industri ini dengan sesuatu yang cocok dengannya. Misalnya, jika kalian menyukai makanan dan jalan-jalan, kombinasi ini akan menjadikannya niche yang lebih spesifik untuk blog.

Juga, dengan dibukanya kembali perjalanan setelah Lock Down akibat pandemi virus Covid 19 ini, orang-orang sangat tertarik dengan topik ini sekarang. Ini mungkin memberi kalian dorongan awal yang sangat dibutuhkan yang akan sulit didapat dalam periode yang berbeda.

Tips Untuk Memulai Blog Yang Sukses

Jika kalian berencana memulai blog baru, ingatlah tips ini sebelum terjun ke dunia blogging internet.

  1. Tentukan topik kalian terlebih dahulu.

    Topik blog kalian akan membangun merek pribadi dan menjadi dasar untuk semua hal lain yang terjadi di balik layar, jadi topik itu harus menjadi sesuatu yang kalian sukai atau minati untuk ditulis.

    Pastikan untuk menghabiskan banyak waktu untuk melakukan brainstorming topik yang berbeda dari awal daripada menyalin ide orang lain. Jika kalian tidak melakukannya, itu mungkin menjadi bumerang ketika kalian menemukan bahwa kalian telah memilih topik yang salah, beberapa bulan ke depan.

  2. Jangan menulis tentang hal-hal yang tidak kalian ketahui.

    Ini adalah sesuatu yang terkadang dilupakan oleh banyak pemula, tetapi masalah terbesar yang dapat dialami blogger adalah terlibat dalam topik yang tidak mereka ketahui. Jika kalian tidak tahu banyak tentang video game, mungkin bukan ide yang baik untuk memulai blog tempat kalian berbicara secara teratur tentang game favorit kalian atau cara memulainya.

    Meskipun kalian sedikit tertarik pada suatu topik dan ingin mempelajari lebih lanjut tentangnya, orang mungkin tidak dapat mempercayai informasi yang kalian sajikan jika mereka membaca posting kalian dan menyadari bahwa kalian adalah seorang pemula di bidang tersebut.

  3. Tulis posting blog yang berkualitas.

    Saat kalian memulai blog, kalian tidak boleh terlihat seperti spammer lain yang mencoba menarik pengunjung ke situs mereka dengan memposting konten acak setiap hari. Alih-alih, tulis beberapa konten asli dan kemudian bicarakan tentang bagaimana konten ini terkait dengan pembaca kalian dan mengapa mereka harus mempedulikannya.

    Ini adalah taktik yang akan membuahkan hasil dalam jangka panjang karena orang-orang akan mulai kembali lebih sering dan bahkan mungkin membagikan posting kalian dengan orang lain setelah membacanya. Ini juga akan membantu kalian membangun rutinitas blogging ketika tiba saatnya untuk menulis.

  4. Gunakan SEO Untuk Keuntungan kalian

    SEO marketing (Optimasi mesin pencari) adalah sesuatu yang disadari oleh banyak blogger tetapi tidak yakin bagaimana menerapkannya. Yang benar adalah bahwa SEO adalah keterampilan yang berguna untuk dipelajari jika kalian ingin lebih mudah ditemukan oleh orang lain yang mencari informasi tentang topik yang kalian tulis di situs web kalian.

    Ini akan membantu orang menemukan posting blog kalian melalui mesin pencari seperti Google atau Bing dan memungkinkan mereka untuk berbagi konten kalian dengan orang lain setelah membaca apa yang kalian tulis. Semakin mudah bagi orang lain untuk menemukan konten kalian, semakin tinggi kemungkinan konten tersebut dibagikan, sehingga kalian mendapatkan lebih banyak lalu lintas ke blog kalian.

  5. Mulai Daftar Email Dari Awal

    Saat kalian memulai sebagai blogger, banyak orang mungkin belum tahu siapa kalian, jadi tidak banyak insentif bagi banyak pengunjung untuk mendaftar ke daftar email kalian. Namun, jika kalian ingin mengubah lalu lintas menjadi pelanggan berulang sambil mencapai kebebasan finansial dari blog kalian, maka merupakan ide bagus untuk memulai daftar email kalian dari hari pertama alih-alih membiarkannya tumbuh perlahan seiring waktu.

    Kabar baiknya adalah kalian selalu dapat menghapus orang yang tidak tertarik dengan apa yang kalian tawarkan dan mendapatkan pelanggan baru untuk bergabung dengan daftar kalian kapan saja. Jadi mulailah membangun daftar email kalian sejak hari pertama.

Kesimpulan

Memulai sebuah blog๐Ÿ‘€ bisa menjadi pengalaman yang mengasyikkan, terutama jika kalian bersemangat tentang topik yang kalian tulis dan senang berbagi hal dengan orang lain yang tertarik untuk meningkatkan pengetahuan mereka tentang topik yang dipilih.

Menulis tentang topik yang masih belum dimanfaatkan juga berarti kalian dapat menemukan jalan ke pasar yang sama sekali baru sebelum ada banyak pesaing yang mencoba menarik perhatian semua orang yang terlibat. Jika kalian memilih dengan bijak, kalian dapat menonjol di niche dan menumbuhkan audiens kalian dari waktu ke waktu tanpa harus bersaing dengan semua blogger lain yang saat ini menulis tentang hal yang sama.

Ketika berbicara tentang niche yang belum dimanfaatkan, kalian juga dapat mempertimbangkan untuk menghosting podcast kalian sendiri jika kalian menemukan bahwa topik yang kalian pilih benar-benar cocok. Lagi pula, semakin banyak saluran pemasaran yang kalian kerjakan, semakin sukses. kalian akan melihat.

Dengan mengingat niche dan tip di atas, kalian dapat mulai merencanakan masa depan sehingga kalian dapat terus meningkatkan blog kalian dan mengembangkannya menjadi sesuatu yang lebih menguntungkan seiring berjalannya waktu. Semoga bermanfaat, Wassalam.




Show Comments

Post a Comment for "7 Niche Blog Teratas yang Perlu Dimanfaatkan Pada Tahun 2023"