Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Cara Membuat Blog Gratis Di Platform Blogger

Cara Membuat Blog Gratis Di Platform Blogger

Blog Buttatoa | Membuat Blogspot Di Blogger - Dalam kehidupan kita sehari-hari, semua orang suka berbagi sesuatu dengan satu atau lain cara. Beberapa orang menggunakan situs jejaring sosial seperti Facebook atau Twitter, dan yang lain mungkin berbagi menggunakan suara mereka.

Blogspot Dari Blogger

Seperti yang kita semua tahu bahwa, abad ini adalah tentang internet dan tentunya akan sangat menyenangkan untuk memiliki blog atau website sendiri sehingga kalian dapat menulis cerita, pengalaman dan berbagi pengetahuan dengan orang lain.

{tocify} $title={Table of Contents}

Banyak platform bloggingđź‘€ yang memungkinkan kita untuk membuat blog secara gratis, dan jika kalian betul berniat ingin membuatnya, saya menyarankan untuk memilih Wordpress.com atau Blogger.com. Namun, secara pribadi, saya lebih senang menggunakan Blogger dilihat dari segi kemudahan dan pengeluaran dana.

Alasan Memilih Membuat Blog Pada Platform Blogger

Jika kalian bertanya manakah platform terbaik untuk membuat blog, saya tidak dapat memberi tahu kalian mana yang menurut saya terbaik, karena itu tidak akan terlalu berguna buat kalian. Sebagai gantinya, saya akan berbagi dengan kalian, alasan mengapa kalian dapat mempertimbangkan memilih Blogger/Blogspot sebagai platform blogging.

Berikut beberapa alasan mengapa kalian perlu mempertimbangkan menggunakan Blogger sebagai platform blogging:

  1. Gratis dan Terjangkau

    Blogger.com atau Blogspot.com merupakan milik Google dimana memungkinkan kalian memiliki blog secara gratis yang tersedia untuk semua pengguna Google. Blogger menghosting blog kalian secara gratis, tanpa harus khawatir tentang batasan bandwidth dan ruang disk.

    Karena blog dihosting oleh Blogger, satu-satunya pengeluaran yang harus kalian keluarkan adalah ketika kalian memutuskan untuk mengubah nama domainđź‘€ dan mengganti tema ke template premium yang berbayar.

    Jika kalian tidak memiliki dana untuk mengubah alamat domain, kalian masih dapat menggunakan alamat .blogspot tersebut, namun mengubahnya ke domain TLD lebih awal, jauh lebih baik. Singkatnya, Blogger memungkinkan kalian menghasilkan banyak uang secara online tanpa harus repot memikirkan biaya langganan hosting yang harus kalian bayar setiap tahunnya.

  2. Terpercaya

    Blogger merupakan layanan blog online yang paling dapat diandalkan. Sebagai contoh, apabila ada kejadian yang membuat layanan web downtime, kita tidak akan terlalu cemas. Google pastinya akan segera memperbaikinya karena Blogger juga merupakan layanan Google.

    Sebagai pengguna Blogger, kalian tidak perlu menyiapkan akun hosting berbayar, khawatir tentang patch keamanan atau peningkatan, atau khawatir tentang waktu aktif dan ketersediaan sistem.

    Lain halnya jika menggunakan platform blogging non-gratis, misalnya wordpress.org, kalian harus sangat berhati-hati saat memilih web host. Kalian mungkin harus menyalahkan diri sendiri seandainya perusahaan hosting tersebut terjadi force mayore, diretas atau kehabisan bisnis.

    Fakta bahwa Google dapat menghadapi peretas di seluruh dunia menunjukkan betapa tangguhnya pertahanan mereka. Serahkan pemeliharaan sistem kepada para ahli di Google dan berkonsentrasilah hanya untuk meningkatakan kualitas konten dan traffik saja. Jika ada peretas yang mengancam, kalian cukup melaporkan kepada pihak Google.

  3.  Sederhana, Mudah dan Serbaguna

    Blogger dibuat untuk pengguna pemula dan tahap lanjutan. Penggunaannya jauh lebih mudah ketimbang wordpress. Ada juga layanan pihak ketiga yang meyediakan tema template (gratis/berbayar) yang memudahkan kita untuk mengubah template dan menyesuaikannya hanya dengan beberapa klik, dan ketika menggunakannya kalian akan dapat melihat perubahan secara instan dan signifikan dari segi tampilan, kecepatan dan SEO nya.

    Jika kalian tidak menyukai template default Blogger, ada banyak template keren gratis yang dapat kalian pasang ke blog untuk membuat blog kalian terlihat lebih menawan.

  4. Platform Yang Mudah Untuk Web Developers

    Jika kalian seorang pengembang web, Blogger memberi kalian proposisi nilai yang berbeda. Jika kalian menawarkan solusi berbasis Blogger kepada klien, kalian dapat memberikan layanan dengan harga yang lebih rendah sambil tetap mempertahankan kebebasan berkreasi penuh.

    Terakhir, kalian dapat dengan mudah mentransfer kepemilikan dan pengelolaan blog ke klien atau tetap menjadikan kalian berdua sebagai co-administrator.

Cara Membuat Blogspot di Platform Blogger

Google memperkenalkan Blogger untuk menyediakan layanan gratis bagi orang-orang yang ingin berbagi pengetahuan, pengalaman, atau untuk mengembangkan bisnis. Bila kalian seorang pemula, sebaiknya kalian mempelajari dan memahami terlebih dahulu, langkah -langkah untuk memulai blogđź‘€.

Jika pada akhirnya kalian tertarik, dan ingin untuk memulai membuat blog pada platform Blogger ini, langsung saja kalian simak langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Pertama, silahkan kalian navigasikan browser kalian dan buka Blogger.comđź‘€, Setelah kalian, membukanya, klik CREATED YOUR BLOG.

    Created a Blog

  2. Setelah kalian mengklik Created Your Blog, browser akan langsung mengarahkan kalian untuk masuk dengan akun Google yang kalian akan gunakan untuk Login pada blog nantinya. Jika kalian sudah memiliki akun Gmail, masukkan Gmail dan Password.

    Sign In Email or Phone Number

  3. Begitu alamat email dan password telah dikonfirmasi, selanjutnya akan ditampilkan popup untuk memulai membuat blog baru. Disini kalian diminta untuk memasukkan dua data yaitu:

    • Judul : masukkan nama judul blog kalian, contoh ketik "Blog Buttatoa" kemudian klik NEXT/BERIKUTNYA.

      Memberi Judul Blog

    • Alamat : masukkan alamat yang akan menjadi nama domain kalian, contoh "blogbuttatoa". Karena masih menggunakan domain gratis dari Blogger, maka extensi domain masih bawaan yaitu .blogspot.com. Kalian dapat menggantinya bila kalian ingin menggunakan domain yang berbayar. Selanjutnya klik SAVE/SIMPAN.

      Tambah Alamat Domain

Setelah kalian menyimpan, maka blog baru yang kalian buat sudah selesai, selanjutnya langkah yang kalian harus lakukan adalah melakukan pengaturan dasar.

Menu Dashboard Blog

Setelah kalian selesai membuat blog, secara otomatis kalian akan disuguhi tampilan dashboard blog, yang pada dasarnya berisi beberapa item menu diantaranya:

  • Postingan (Post) : item menu postingan ini berfungsi untuk menampilkan artikel/konten yang kalian buat, baik yang sudah dalam status terjadwal untuk diposting, masih dalam bentuk draft maupun yang sudah terpublish.
  • Statistik (Stats) : menu ini digunakan untuk menampilkan secara umum statistik pengunjung blog kalian. Menampilkan kunjungan pada setiap konten, ataupun secara keseluruhan blog dengan pilihan waktu tertentu.
  • Komentar (Comments) : item ini untuk menampilkan jumlah komentar yang masuk pada blog.
  • Penghasilan (Earnings) : Ini digunakan untuk membuat, mendaftar, dan menghubungkan antara blog dengan Adsense.
  • Halaman (Pages) : Ini digunakan umumnya untuk membuat halaman statis seperti membuat halaman kebijakan hukum blogđź‘€, dll.
  • Tata Letak (Layout) : Ini digunakan mengubah tampilan tata letak blog. Untuk template yang disediakan pihak ketiga, fasilitas ini sudah di modifikasi sedemikian rupa agar nyaman, mudah mengaturnya dan tentu saja sudah SEO.
  • Tema (Theme) : Ini digunakan untuk melihat, mengganti, mengedit dan menyesuaikan tema tampilan atau template blog.
  • Setelan (Setting) : Ini digunakan melakukan beberapa settingan pada blog, mulai dari memasukkan deskripsi, tag meta, robot txt, dan lain-lain.
  • Daftar Bacaan (Reading List) : Ini digunakan untuk melihat postingan terbaru dari blog lain yang kalian ikuti.

Dashboard Blogspot

Personalisasi dan Optimalisasi Blog

Agar blog mendapatkan peringkat teratas dalam hasil penelusuran, ada beberapa pengaturan yang perlu kalian sesuaikan dan tambahkan agar optimaliasi SEO makin meningkat, yaitu:

  1. Setting Pengaturan Dasar Blog

    Setelah blog kalian selesai dibuat, ada beberapa pengaturan dasar yang perlu kalian setting, agar blog menjadi lebih optimal dan tentu saja SEO fiendly. 

    • Membuat deskripsi blog dan mengaktifkan serta menambahkan tag meta deskripsi penelusuran. 

      Input Tag Meta Deskripsi

    • Mengaktifkan dan mengatur crawler dan pengindeksan. Disini ada dua yang perlu kalian isi yaitu pengaturan robots.txt kustom dan tag header robot kustom.

      Setting Robot Txt dan Tag Header

      Untuk robots.txt kustom, kalian aktifkan dan sesuaikan dengan script dibawah.

      User-agent: *
      Allow: /
      Disallow: /search

      Sitemap: https://blogbuttatoa.blogspot.com/sitemap.xml

      Ganti https://blogbuttatoa.blogspot.com dengan nama domain blog kalian. Sedangkan untuk tag header robot kustom, kalian ikuti settingan pada gambar dibawah ini:

      Setting Tag Header Custom

  2. Mengganti Tema Template Default

    Tema default blogger masih belum cukup optimal untuk digunakan, karena masih banyak yang perlu ditambahkan dan di benahi agar menjadi tema yang SEO fiendly. Kalian perlu memahami coding HTML untuk menambahkan beberapa tag Meta, Schema Markup dan Script lainnya untuk mengubah desain tampilan dan menjadikan blog fast loading.

    Jika kalian tidak paham tentang kode HTML, dan tidak mau ribet dengan segala urusun coding tersebut, sebaiknya kalian memasang template pihak ketiga yang kini sudah banyak bertebaran baik versi gratis dan berbayar.

    Untuk Blog Buttatoa ini, saya sendiri masih menggunakan template dari Jettheme.comđź‘€ yang disediakan secara gratis. Selain template Jettheme, saya juga merekomendasikan salah satu template lainnya yaitu VioMagzđź‘€. Kedua template ini tentu saja memiliki kelebihan masing-masing baik dari tampilan, kemudahan, dan kecepatan.

    Kemudahan lainnya dari kedua template diatas, kalian dibolehkan oleh pembuatnya untuk melakukan redesign template yang digunakan dengan melakukan penambahan fitur yang kalian inginkan. Tentu saja, jika kalian paham tentang coding HTML ini akan menjadi nilai tambah pada desain blog kalian.

    Bila kalian tertarik dengan untuk mencoba melakukan beberapa perubahan fitur dan template, kalian bisa mencoba menbacanya melalui link artikel redesign templateđź‘€

  3. Mendaftarkan/Menambahkan Blog Ke Google Search Console

    Tahapan selanjutnya yang kalian lakukan yaitu mendaftarkan blog ke Google Search Consoleđź‘€. Google Search Console adalah layanan gratis yang ditawarkan oleh Google yang membantu kalian memantau, memelihara, dan memecahkan masalah keberadaan situs kalian di hasil Google search.

    Fitur dan laporan Search Console membantu kalian dalam mengukur traffic dan performa penelusuran situs, menemukan dan merayapi situs kalian, memperbaiki masalah pengindeksan, dan menjadikan situs kalian lebih menonjol di hasil Google search.

    Daftar Google Search Console

  4. Mendaftarkan/Menambahkan Blog Ke Google Analytics

    Google Analytics adalah layanan gratis untuk analisis situs web yang membantu pemilik situs web atau admin melihat data yang terkait dengan lalu lintas dan aktivitas situs web kalian.

    Untuk mendaftar pada Google Analyticsđź‘€, seseorang hanya perlu memiliki akun Google. Google Analytics merupakan salah satu tools analisa website terbaik saat ini yang ada di pasaran, dan telah digunakan oleh website kecil hingga website besar.

    Daftar Google Analytics

    Google Analytics adalah sebuah layanan gratis dari Google yang menampilkan statistik pengunjung sebuah situs web. Google Analytics biasa digunakan oleh para pemilik website maupun blog untuk menganalisa kinerja website bedasarkan data-data statistik yang ditampilkan.

    Google Analytics dapat menelusuri pengunjung berdasarkan informasi halaman pengacu, termasuk mesin pencari, iklan, jaringan pay-per-click, email marketing, dan juga tautan yang terkandung dalam dokumen PDF.

    Jika diintegrasikan dengan AdWords, Google Analytics juga bermanfaat untuk menganalisis efektfitas iklan AdWords yang dipasang di Google. Dengan Google Analytics, pengguna dapat mengetahui iklan dan kata kunci apa yang paling banyak merujuk ke website pengguna.

  5. Mendaftarkan/Menambahkan Blog Ke Google News

    Google News adalah agregator berita yang dipersonalisasi yang mengelola dan menyoroti berita aktual di seluruh dunia sehingga kalian dapat menemukan lebih banyak berita yang penting bagi kalian.

    Google News mengumpulkan dan menyajikan berbagai jenis berita dan mengurutkannya menurut relevansinya. Dengan aplikasi seluler dan browser web, Google News menemukan berita yang relevan bagi pengguna. Konsep utamanya adalah mengumpulkan konten terpenting dari berbagai website tentang berita dan tren terbaru.

    Menurut sebagian blogger, mendaftarkan blog ke Google Newsđź‘€ akan berpengaruh pada kecepatan pengindeksan postingan artikel. Mungkin saja karena Google News sifatnya berita yang membutuhkan informasi baru dan terupdate, maka pengindeksan melalui Google News mungkin lebih cepat dari pada Google Searh Console. Entah apakah itu benar atau tidak memiliki pengaruh, tidak ada salahnya kalau kalian ikut mencobanya.

Kesimpulan

Bila kalian membaca dan memperhatikan dengan baik tutorial diatas, maka saya yakin kalian dapat membuat blog gratis melalui platform Blogger dengan mudah dan tepat. Jangan pula melupakan beberapa pengaturan dasar yang perlu kalian setting setelah membuat blog agar menjadi unggul dalam serarch engine Google.

Selain hal dasar diatas, kalian juga perlu mengganti pavicon, membuat halaman sitemap, contact, privacy policy, disclaimer dan about, untuk melengkapi SEO blog kalian dan memudahkan nantinya saat mendaftarkan dan memonetisasi blog ke Google Adsense. Semoga bermanfaat, Wassalam.



Show Comments

Post a Comment for "Cara Membuat Blog Gratis Di Platform Blogger"