Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Pengertian Istilah Blog, Blogging, dan Blogger

Pengertian Istilah Blog, Blogging, dan Blogger

Blog Buttatoa | Istilah Blog, Blogging dan Blogger - Ketika pertama kali blog dimulai sekitar tahun 1994, blog tidak lebih hanya dijadikan sebagai buku harian (jurnal) pribadi yang dibagikan orang secara online. Dalam jurnal online ini, kalian dapat berbicara tentang kehidupan sehari-hari atau berbagi pengalaman dan kegiatan yang kalian kerjakan.

Istilah Blog, Blogging, dan Blogger

{tocify} $title={Table of Contents}

Kemudian, beberapa orang melihatnya sebagai peluang untuk mengkomunikasikan dan berbagi informasi dan pengetahuan yang dimiliki dengan cara yang baru secara online. Maka dari sinilah dunia blogging yang indah ini dimulai dan masih berkembang hingga sekarang. 

Apa itu Blog?

Pengertian Blog

Kata Blog sebenarnya adalah kependekan dari nama aslinya, "Weblog". Weblog ini memungkinkan pengguna internet untuk "mencatat" detail aktivitas sehari-hari mereka dalam entri bergaya buku harian. Blog merupakan serangkaian halaman kronologis yang merinci beberapa jenis informasi. Terkadang itu seperti buku harian. pengumuman, terkadang memberikan informasi dan pengetahuan berharga bagi pembaca. 

Blog dikelola menggunakan beberapa jenis sistem manajemen konten (CMS). Kalian tidak perlu tahu cara membuat kode untuk menyiapkan blog, cukup membuka domain web umum seperti WordPress atau Blogger, mendaftar, dan mulai mengetik.

Untuk pengguna yang lebih mahir, dapat membeli nama domain dan menghosting sendiri Blog di CMS seperti WordPress. Ini memungkinkan pembaca kalian untuk mengakses blog melalui nama domain kalian sendiri (misalnya namadomainanda.com) dan terlihat lebih profesional, tetapi tujuan dasarnya tetap sama.

Apa Tujuan Sebuah Blog?

Ada banyak alasan bagi seseorang individu memulai membuat blog untuk penggunaan pribadi dan hanya beberapa alasan kuat untuk suatu perusahaan yang menjadikan blog sebagai peluang bisnis maupun menggunakan blog sebagai sarana pengembangan bisnis.

Untuk menjadikan blog sebagai sebuah bisnis, kalian perlu mengandalkan konsumen untuk terus membeli produk dan layanan yang kalian miliki. Jadi dengan mengandalkan blogging kalian dapat terbantu untuk menjangkau calon konsumen dan menarik perhatian mereka yang berimbas pada situs web/blog atau bisnis kalian lebih dicari dan kompetitif.

Jadi, tujuan utama blog adalah menghubungkan kalian dengan audiens yang relevan dan juga untuk meningkatkan lalu lintas dan mengirim arahan berkualitas ke website. Semakin sering dan semakin baik posting blog yang kalian buat, semakin tinggi peluang website kalian ditemukan dan dikunjungi oleh audiens yang menjadi target kalian. Hal ini berarti bahwa blog adalah alat prospek penghasil uang yang menguntungkan dan efektif.

Ketika kalian menggunakan pengetahuan khusus atau skill tertentu yang kalian miliki untuk membuat artikel postingan yang informatif dan menarik, hal tersebut akan membangun kepercayaan dengan audiens/pengunjung. Seorang blogging yang hebat tentunya akan menjadikan bisnis terlihat lebih kredibel, dan sangat penting apabila merek kalian masih muda dan belum terlalu dikenal.

Struktur Blog

Tampilan blog dari waktu ke waktu sering berubah, sampai hari ini blog menyertakan berbagai macam item dan widget serta fitur. Selain itu telah bermunculan berbagai macam tempalte yang menggantikan tema dari blog default. Namun, umumnya, sebagian besar platform blog yang ada saat dan popular saat ini masih menyertakan beberapa fitur dan struktur standar pada umumnya

Blog,Blogging,Blogger

Berikut  beberapa fitur yang umumnya digunakan pada tampilan blog:

  • Header, dengan menu atau bilah navigasi.
  • Area Postingan Artikel, yang merupakan lokasi beradanya postingan blog yang disorot atau postingan terbaru.
  • Sidebar, dengan profil sosial, popular post, label, kategori artikel, dll.
  • Footer, yang umumnya di isi oleh halaman statis tentang kebijakan privasi, halaman disclaimer, halaman kontak, dll.

Apa Itu Website?

Pengertian Website

Website adalah tempat kalian menyimpan informasi dan detail tentang merek, bisnis, atau organisasi untuk diakses orang-orang di internet. Secara teknis, website adalah kumpulan halaman web yang saling terkait yang dikelompokkan bersama yang dapat diakses oleh alamat unik yang disebut web address.

Web address terlihat seperti https://www.buttatoa.my.id yang merupakan alamat web untuk situs Blog Buttatoa. Kalian dapat dengan mudah menambahkan informasi tentang produk dan layanan yang kalian berikan atau memasarkan bisnis kalian melalui website ini.

Pada dasarnya, ke mana pun kalian menavigasi dari browser, maka kalian akan dibawa ke beberapa jenis website. Facebook, YouTube, Twitter, dan bahkan Google, semua ini adalah beberapa jenis website di web.

Perbedaan Nyata Blog Vs Website

Secara umum, ketika orang berbicara tentang blog, yang mereka maksud adalah situs di web yang terus diperbarui dengan artikel dan informasi baru tentang berbagai hal. Padahal mereka melihat website sebagai jenis portal statis dengan informasi yang jarang diperbarui dan mencakup topik tertentu.

Website terutama memiliki sejumlah kecil halaman dengan beberapa informasi tentang perusahaan seperti tentang apa itu dan bagaimana perusahaan itu beroperasi dan berbicara tentang produk dan layanan mereka.

Tidak seperti blog, website tidak selalu diperbarui dengan posting baru dan memberikan informasi statis. Blog, di sisi lain, bersifat interaktif dengan posting blog baru yang sering dan biasanya mencakup berbagai topik. Blog perlu sering diperbarui. Contoh bagus dari ini termasuk blog makanan yang berbagi resep makanan atau perusahaan yang menulis tentang berita industri mereka.

Blog juga mempromosikan keterlibatan pembaca. Pembaca memiliki kesempatan untuk berkomentar dan menyuarakan keprihatinan dan pemikiran mereka yang berbeda kepada komunitas. Pemilik blog memperbarui situs mereka dengan posting artikel terbaru secara teratur dan update. 

Di sisi lain, website terdiri dari konten yang disajikan pada halaman statis. Pemilik website statis jarang sekali melakukan pembaharuan halaman.

Elemen kunci yang mengidentifikasi posting blog dari halaman website statis termasuk tanggal penerbitan, referensi penulis, kategori, dan tag dalam byline. Meskipun tidak semua posting blog memiliki semua elemen byline tersebut, halaman website statis tidak memiliki item ini.

Apa itu Blogging?

Pengertian Blogging

Pada awal sekitar tahun 2000-an, blogging dengan pilihan niche mulai muncul, dan hal ini juga membuat makin banyaknya blogging dengan niche yang beragam dan beberapa lembaga mulai memperhatikan perbedaan antara blogging itu sendiri dengan jurnalisme.

Blogging adalah kegiatan yang membutuhkan keterampilan seseorang untuk menjalankan, mengawasi dan mengontrol suatu blog. Ini memerlukan melengkapi halaman web dengan alat untuk membuat proses menulis, memposting, menautkan, dan berbagi konten lebih mudah di internet.

Mengapa Blogging Begitu Populer?

Pada tahap awal, blog menjadi arus utama, karena layanan berita mulai menggunakannya sebagai alat untuk menjangkau dan membentuk opini dan mereka menjadi sumber informasi baru.

Melalui blogging, para pebisnis melihat ini sebagai cara positif untuk meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan mereka. Blog membantu perusahaan dalam menjaga klien dan pelanggan bisa tetap up to date. Selain itu, semakin banyak orang yang mengunjungi blog, semakin banyak eksposur dan kepercayaan yang didapat merek kalian.

Blogger pribadi dan yang memiliki skill tertentu melihat banyaknya potensi untuk menjangkau lebih banyak orang yang tertarik pada niche tertentu. Melalui blog, pengunjung dapat berkomentar dan berinteraksi dengan kalian atau merek kalian yang membantu kalian menciptakan jaringan pengikut setia.

Tahukah bahwa kalian bisa mendapatkan uang melalui blogging?. Setelah blog kalian menerima cukup perhatian dan penggemar, kalian dapat mempelajari cara memonetisasi blog kalian. Saat ini yang banyak digunakan adalah produk monetisasi dari Google yang dikenal sebagai Adsense.

Siapa Blogger Itu?

Belakangan ini, blogger menjadi terkenal karena berbagai alasan. Blogging bagi sebagian blogger telah menjadi alternatif pengembangan karir atau pekerjaan sampingan. Melihat ini, semakin banyak orang yang memilih untuk bergabung dengan peringkat blogging.

Blogger adalah individu yang suka berbagi bagian dari kehidupan mereka dengan kalian. Mereka memposting berbagai topik dari seni, desain rumah, pertukangan, dan artikel keuangan dan lain-lain. Blogger bersifat mobile dan tidak perlu berada di satu tempat. Mereka hidup di internet!

Bisa dikatan bahwa blogger adalah seseorang yang membuat, menjalankan dan mengontrol dari sebuah blog. Dia berbagi pendapat dan pengetahuannya tentang topik yang berbeda untuk audiens yang ditargetkan.

Mengapa Banyak Orang Membuat Blog?

Saat ini, makin bertambah banyak orang yang membuat blog dengan berbagai alasan yang memotifasi mereka. Setiap manusia memiliki kisahnya sendiri untuk diceritakan. Melalui blog, kalian dimungkinkan berbicara tentang topik apa pun yang kalian minati dan mengekspresikan pendapat kalian.

Kalian akan menemukan beberapa blogger menulis pada setiap aktivitas yang terjadi selama keseharian mereka. Kegiatan ini dapat berkisar dari hal-hal kecil seperti bangun tidur hingga masalah besar seperti hak asasi manusia dan perubahan iklim!

Ingatlah bahwa sebagai blogger yang menjalankan blog sendiri, kalian harus fokus pada topik yang di sukai, dan melalui fokus berusahalah untuk menjadi salah satu blog terbaik di web.

Apakah Blogger Dibayar?

Industri blogging membuktikan bahwa blogger memang menghasilkan uang, tetapi ini bukan jenis profesi cepat kaya. Sebelum dapat mulai memonetisasi blog, kalian perlu membangun peringkat SERP Google dan pengaruh niche yang kalian buat.

Tugas-tugas tersebut membutuhkan banyak waktu dan konten berkualitas. Peluang menghasilkan uang tidak akan muncul dengan sendirinya sampai kalian mendapatkan kredibilitas.

Inilah beberapa cara, agar kalian dapat menghasilkan banyak uang sebagai blogger niche peringkat teratas:

  • Menjual ruang iklan di blog kalian secara pribadi atau melalui Google AdSense.
  • Menjadi mitra afiliasi secara personal maupun melalui jaringan pemasangan iklan.
  • Menjual produk digital kalian sendiri seperti eBook dan tutorial.
  • Menjual keanggotaan untuk akses ke suatu konten artikel tertentu yang sifatnya mendaftar atau berbayar.
  • Menggunakan blog sebagai alat pemasaran konten untuk bisnis kalian sendiri.

Jika kalian ingin memulai blog๐Ÿ‘€ sebagai cara untuk memasarkan dan meningkatkan bisnis yang ada, kalian mungkin tidak akan menjual ruang iklan atau keanggotaan. Namun, kalian dapat membuat dan mulai menawarkan produk digital eksklusif seperti eBook, panduan, atau kursus online sebagai alat penangkap prospek dengan imbalan alamat email pengunjung.

Jika kalian berminat untuk membuat sebuah blog, sebaiknya mempelajari dan memahami beberapa platform blogging terbaik๐Ÿ‘€ untuk kebutuhan blog kalian.

Kesimpulan

Kami harap kalian telah mempelajari beberapa informasi bermanfaat tentang dunia blogging. Jika kalian telah berhasil memulai sebuah blog, maka langkah selanjutnya adalah mengerjakan konten blog agar pembaca masa depan kalian tetap puas dan menjadi pengunjung yang setia.  Semoga bermanfaat, Wassalam.



Show Comments

Post a Comment for "Pengertian Istilah Blog, Blogging, dan Blogger"