Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
The History Of Microsoft Excel For Windows

The History Of Microsoft Excel For Windows

Microsoft Office Excel For Windows - Saat ini Microsoft Excel adalah salah satu aplikasi spreadsheet paling populer di Dunia dan telah hadir di Sekolah-sekolah, Universitas, mungkin diinstal di komputer pribadi ataupun di komputer perusahaan swasta atau instansi pemerintah. 

Microsoft Office Excel For Windows

{tocify} $title={Table of Contents}

Sebagian besar dari kita akrab dengan aplikasi Microsoft Excel ini dan telah menjadi sangat populer dan identik dengan data dan spreadsheet sehingga kita sering lupa bahwa program elegan seperti Excel tidak muncul begitu saja seperti yang terlihat saat ini. Banyak proses yang terjadi dengan berbagai perubahan, perbaikan dan peningkatan fitur dalam perkembangan Microsoft Excel.

Jadi, mari kita lihat sejarah Microsoft Excel tersebut, kapan dan bagaimana proses perkembangannya, yang telah Kami rangkum sebagaimana dibawah ini:

A. Microsoft Excel Definition

Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation yang dapat dijalankan pada Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft Office. yang memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik dengan menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif, yang menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang populer digunakan di dalam komputer mikro hingga saat ini.

Bahkan, saat ini menjadi program spreadsheet paling banyak digunakan oleh banyak pihak, baik di platform PC berbasis Windows maupun platform Macintosh berbasis Mac OS, semenjak versi 5.0 diterbitkan pada tahun 1993.

Sejarah MS Office dimulai pada Oktober 1990 sebagai paket yang dibangun untuk Microsoft Windows 3.0, Microsoft Word untuk Windows 1,1, Microsoft Excel untuk Windows 2.10 dan Microsoft PowerPoint untuk Windows 2.0.

Pada tahun 1995, MS meluncurkan versi baru untuk OS Windows 95. Microsoft me-remake Windows versi 3.1 dan Windows 3.11 secara total untuk pekerjaan kantoran. Microsoft Office berkembang pesat, maju, dan menjadi favorit sebagian besar pengguna di dunia termasuk Indonesia.

Pada tahun 2000-an, MS meluncurkan beberapa versi MS Office dan masih digunakan sampai sekarang sebagai aplikasi perkantoran modern. Versi MS yang paling banyak digunakan saat ini adalah Microsoft Office 2000, Microsoft Office XP (2002), Microsoft Office 2003, Microsoft Office 2007 dan Microsoft Office 2010 yang masih digunakan sampai sekarang.

B. The History of Microsoft Excel

Pada hari musim gugur di akhir tahun 1984, empat orang programmer berkumpul di apartemen kecil Red Lion Hotel di Bellevue, dekat Seattle USA. Tujuan dari pertemuan tersebut adalah untuk meletakkan dasar dari sebuah proyek rahasia dengan kode nama "Odyssey".

Keempat orang tersebut adalah Doug Klunder, Jabe Blumenthal, Charles Simonyi, dan Bill Gates. Bill Gates pada waktu itu telah mendirikan sebuah perusahaan yang kita kenal saat ini yaitu "Microsoft". Selama tiga hari mereka merencanakan, menggambar, memprogram, menulis kode dan berdiskusi keras untuk memperjelas konsep pembuatan dan pengembangan perangkat lunak baru, yang beberapa tahun kemudian akan mengubah dunia bisnis, dan akan membawa mereka menghasilkan jutaan dolar.

Beberapa bulan kemudian diluncurkanlah sebuah produk awal mereka yang diberi nama "Spreadsheet" tetapi sesaat sebelum peluncuran resmi seseorang dari departemen pemasaran, yang identitasnya sayangnya tidak ada yang mengingat menyarankan nama lain yaitu "Excel" .

Tentu saja, Excel bukanlah permulaan atau awal terciptanya aplikasi seperti ini. Sebelumnya ada beberapa aplikasi serupa yang telah dibuat oleh ilmuwan, programer, dan perusahaan yang didedikasikan untuk gagasan menciptakan alat untuk memfasilitasi pekerjaan dengan angka dan analisis data untuk bisnis dan orang biasa dengan komputer pribadi. Excel hanyalah puncak dari pencapaian para ilmuwan, programer, dan perusahaan yang telah berusaha semaksimal mungkin dalam beberapa tahun tersebut.

Sulit untuk membicarakan sejarah Microsoft Excel tanpa membicarakan seluruh sejarah aplikasi dan perangkat lunak spreadsheet. Mungkin diperlukan waktu sekitar 10 tahun untuk mengembangkan teknologi sedemikian rupa sehingga konsep spreadsheet kemudian menjelma menjadi Excel. Ada banyak bahasa pemrograman, prosesor, sistem operasi, yang muncul diawal sebelum spreadsheet yaitu:

1. VisiCalc

Salah satu dari idealis teknologi muda ini bernama Dan Bricklin yang belajar MBA di Harvard Business Scholl, memiliki hasrat dan minat yang tinggi dalam pemrograman. Hingga pada tahun 1978, ia menciptakan perangkat lunak spreadsheet pertama yang disebut "Visible Calculator". Software ini melakukan perhitungan dasar atau mampu memanipulasi matriks yang terdiri dari 5 kolom dan 20 baris.

Beberapa waktu kemudian Bricklin bergabung dengan Bob Frankston dan bebrapa teman lainnya yang memiliki obsesi dan ide yang sama tentang spreadsheet dan perhitungan komputer. Kemudian Frankston membuat beberapa perbaikan dalam produk Visible Calculator dan pada tahun 1979 mereka merilisnya secara resmi di pasar dengan nama "VisiCalc". Bidang perhitungan dan pengolahan data kemudian berkembang menjadi 254 baris dan 63 kolom. VisiCalc pertamakali digunakan untuk Atari, 1980.

2. Lotus 123

Peter Jennings, yang pada saat itu dikenal dengan perangkat lunak permainan catur (MicroChess) begitu menghargai potensi proyek Visilac. Hingga akhirnya, ia  mengambil alih pengembangan dan menginvestasikan banyak uang dalam proyek VisiCalc dan yang menjadi klien pertama mereka adalah Apple. Untuk waktu yang singkat produk tersebut menjadi begitu populer sehingga dua tahun kemudian, Jennings memutuskan untuk mengganti nama perusahaannya menjadi "VisiCorp"

Kemudian orang yang bertanggung jawab atas pemasaran dan penjualan VisiCorp bernama Mitch Kapor,  mundur dan meninggalkan perusahaan, kemudian mendirikan perusahaan sendiri yang diberi nama "Lotus Development" dan setahun kemudian meluncurkan "Lotus 123" yang menjadi “pembunuh” VisiCalc, dimana Lotus 123 ini menjadi produk spreadsheet yang lebih baik dengan fungsionalitas baru dan arsitektur serta UI yang lebih tinggi dan ditingkatkan dari Visilac.

Lotus 123 dapat berjalan di bawah MS-DOS dan IBM tidak ragu-ragu untuk segera mengontrak perusahaan Kapor, mengintegrasikan produk baru ke dalam PC mereka yaitu Lotus 123 untuk MS-DOS, 1985.

3. SuperCalc

Pada tahun 1980 muncul produk perangkat lunak lain yang hampir terlupakan namun untuk waktu yang singkat mampu berhasil bersaing dengan VisiCalc dan  Lotus 123 yang bernama "SuperCalc" yang dikembangkan oleh programmer bernama Gary Balleisen dari perusahaan Sorcim.

Namun karena adanya kontrak Apple dengan VisiCorp dan begitupun IBM dengan Lotus, dan terutama dengan kemunculan dan pengembangan Excel, tidak memberikan kesempatan SuperCalc untuk bertahan. Terlepas dari kualitasnya, pada akhir tahun 80-an perangkat lunak spreadsheet ini terlupakan dan hal yang sama juga terjadi pada VisiCalc dan Lotus 123 di awal tahun 90-an.

4. Javelin

Produk spreadsheet lain yang mendapat perhatian, muncul pada tahun 1984 dan tahun berikutnya menerima ulasan luar biasa dari PC week dan PC Magazine bahkan disebut sebagai "Most Significant Product of the Year"  bernama "Javelin"

Javelin didefinisikan sebagai alat perencanaan bisnis yang menyediakan banyak fungsi yang disediakan pada lembar kerja tradisional, tetapi menambahkan dimensi baru untuk mengetahui lebih banyak data tentang kalian daripada program spreadsheet lain.

Javelin menyediakan berbagai tampilan data, termasuk tabel, lembar kerja, dan tampilan grafik, tetapi juga rumus, diagram, catatan, dan tampilan error. Produk ini dikembangkan oleh tim dari perusahaan perangkat lunak Javelin, diantaranya Rob Firmin, Stan Kugel, John Levine, Christopher Herot dan Charles Frankston yang dapat di jalankan di bawah MS-DOS.

Terlepas dari kualitas dan fungsinya yang tidak diragukan lagi, Javelin dalam beberapa hal lebih unggul dari pesaingnya di pasar spreadsheet. Namun, Javelin gagal dan pada tahun 1988 tidak lagi meluncurkan versi baru dan kemudian Lotus menggunakan Javelin sebagai dasar untuk pengembangan perangkat lunak spreadsheet barunya "Improv for NeXT", yang dirilis pada tahun 1991.

5. Multiplan

Microsoft tidak membuat spreadsheet yang luar biasa dari pada awal berdirinya. Namun,  pada tahun 1982, microsoft meluncurkan aplikasi yang menjadi landasan dan pijakan para pengembang Excel yang diberi nama "Multiplan".

Multiplan menghantam pasar untuk bersaing dengan VisiCalc, dan terbalik dengan Visilac dengan observation A1, Multiplan justru menggunakan observation R1C1, yang kemudian nantinya Excel akan mengintegrasikan kedua metode referensi observation tersebut.

Pada bulan Januari 1984, Apple meluncurkan komputer "Macintosh" dengan GUI baru yang revolusioner, yang memutuskan untuk meninggalkan MS-DOS dan fokus pada pengembangan perangkat lunak yang bekerja dengan GUI dan OS baru Apple.

Pada 30 September 1985, Microsoft mengumumkan rilis resmi untuk versi pertama Excel untuk Macintosh (Excel 1.0). Ini menjadi tonggak sejarah pertama berkembangnya Excel hingga saat ini. 

C. Microsoft Excel Version

Setelah Excel 1.0 yang dibuat khusus untuk komputer "Macintosh" pada tahun 1985, Excel yang kemudian dikenal sebagai Microsoft Excel telah mengalami metamorfosis dengan membawa masing-masing keunggulan dan fitur yang lengkap. Namun, pada artikel ini, kami hanya akan membahas beberapa versi Excel yang dikeluarkan untuk Operation System Windows saja seperti yang terangkum dibawah ini:

1. Excel 2.0

Versi pertama Excel dirilis secara eksklusif untuk Mac dan hal ini ternyata tidak diketahui oleh banyak penggemar Excel dan mungkin tampak agak aneh. Microsoft sebenarnya telah mengembangkan program spreadsheet sebelumnya yang disebut Multiplan pada tahun 1982, namun tidak berhasil. Hingga 2016, versi Excel untuk sistem operasi yang berbeda hadir namun menggunakan nama yang berbeda pula.

Microsoft Office Excel For Windows

Sementara untuk untuk Windows, Microsoft excel diberi label "2" agar sesuai dengan versi Mac. Ini termasuk versi run-time Windows dan sebenarnya merupakan port dari Mac "Excel 2" yaitu Microsoft Windows 2.0. Versi Excel 2.0 ini diberi nama "Excel 2.0 for Window" dirilis tahun 1987.

2. Excel 3.0

Excel 3.0 dirilis pada Agustus 1992, dimana merupakan versi pertama dari Microsoft Office yang memuat aplikasi Word 2.Oc, Excel 4 Oa, PowerPoint 3.0, Mail dan messenger menjadi komponen utama dan menambahkan fitur Included Toolbars, drawing capabilities, outlining, add-in support, 3D charts dan masih banyak lagi fitur baru. Microsoft Excel 3.0 ini dapat berjalan dengan dukungan OS Windows 3.0.

Microsoft Office Excel For Windows

3. Excel 4.0

Excel versi 4.0 yang diperkenalkan tahun 1992, menandai versi excel yang pertamakali populer yang mencakup banyak fitur kegunaan, seperti "Auto Fill" yang pertama kali diperkenalkan dalam versi ini. Excel 4.0 adalah versi pertama Excel, yang berisi item, yang disebut "Easter Eggs", sebuah ciri khas untuk versi sebelumnya dari sebagian besar Microsoft, animasi yang tersembunyi atau kejutan grafis di suatu tempat dalam program.

Microsoft Office Excel For Windows

4. Excel 5.0

Excel Versi 5.0 dirilis tahun 1993, yang untuk pertama kalinya menyertakan Visual Basic for Applications (VBA), bahasa pemrograman berbasis Visual Basic, yang menambahkan fitur untuk mengotomatisasi tugas di Excel dan menyediakan apa yang disebut fungsi yang ditentukan pengguna untuk digunakan dari lembar kerja.

Microsoft Office Excel For Windows

Namun VBA membuat Excel menjadi target virus makro yang menyebabkan banyak masalah bagi Microsoft dan perusahaan terpaksa menambahkan opsi untuk menonaktifkan makro dan masing-masing dapat diaktifkan jika memiliki sertifikat keamanan yang andal.

Excel 5.0 beropaersi pada sistem Windows 3.0, Windows 3.1, Windows 3.11, Windows for Workgroups, dan Windows NT (hanya versi 32-bit).

5. Excel 7.0 (Excel 95)

Excel 7.0 atau dikenal dengan Excel 95 merupakan bagian dari Microsoft Office 95 yang dirilis 24 Agustus 1995, merupakan versi 32-bit pertama dari MS. Dirancang khusus untuk Windows 95 dan dapat dioperasikan di Windows NT 3.51, Windows NT 4.0 dan Windows 95 dan 98.

Dari segi fitur, Excel 95 merupakan versi utama pertama setelah Excel 5.0, karena tidak ada Excel 6.0. Hampir tidak ada perubahan eksternal, tetapi lebih cepat dan lebih stabil.

Microsoft Office Excel For Windows

6. Excel 8.0 (Excel 97)

Excel 8.0 termasuk ke dalam Microsoft Office 97 dirilis pada 19 November 1996. Versi ini memiliki ratusan fitur dan lebih baik dari versi sebelumnya. Microsoft Office 97 memperkenalkan fitur Command Bars, toolbar dan menu yang di desain lebih menarik. Versi ini menampilkan antarmuka baru untuk pengembang VBA, UserForms, Validasi Data, dan banyak lagi.

Excel 8.0 membawa peningkatan besar yang memperkenalkan asisten kantor "paper clip" dan menampilkan VBA standar yang digunakan sebagai pengganti Excel Basic internal yang memperkenalkan label natural language yang sekarang dihapus. Excel 8.0 dapat beroperasi di Windows 95, Windows NT 3.51/Windows NT 4.0.

Microsoft Office Excel For Windows

7. Excel 9.0 (Excel 2000)

Excel 9.0 termasuk ke dalam Microsoft Office 2000, yang dibuat 29 Maret 1999 dan di rilis ritel pada 7 Juni 1999, dengan fitur baru seperti penerbit dokumen HTML, fitur kolaborasi internet, dukungan profil pengguna roaming, peningkatan antarmuka, dan toolbar responsif.

Microsoft Office 2000 juga membawa Photo Draw, program raster, pemindaian vektor, dan komponen web. Fitur baru termasuk menggunakan HTML sebagai format file asli, kemampuan "perbaikan sendiri", clipboard yang disempurnakan, bagan pivot, dan formulir pengguna tanpa mode. Excel 9.0 berjalan pada sistem operasi Windows 98, Windows Me, Windows 2000.

Microsoft Office Excel For Windows

8. Excel 10.0 (Excel 2002)

Excel 10.0 termasuk ke dalam Microsoft Office XP (2002), selesai dibuat 5 Maret 2001 dan dirilis 31 Mei 2001.  Memperkenalkan fitur baru seperti Smart Tag, pencarian berbasis opsi, antarmuka panel tugas yang menggabungkan tugas menu populer di sisi kanan secara berurutan untuk mendapatkan akses cepat, kolaborasi dokumen baru, dukungan untuk grup MSN dan SharePoint, serta kemampuan mengenali suara dan tulisan tangan.

Microsoft Office Excel For Windows

Pada Mei 2002, lebih dari 60 juta salinan Microsoft Office XP (2002) terjual. Ini adalah Excel pertama yang menjadi bagian dari Office XP. Salah satu fitur yang paling signifikan adalah fungsi baru yang berguna seperti Background formula-auditing yang mengidentifikasi potensi kesalahan dalam formula dan kemampuan untuk memulihkan spreadsheet setiap kali excel crash. Excel 2002 di dukung dengan operasi Windows 98, Windows Me, Windows 2000, Windows XP.

9. Excel 11.0 (Excel 2003)

Excel 11.0 termasuk ke dalam Microsoft Office 2003, dirilis retail pada 21 Oktober 2003, memperkenalkan 2 program utama yaitu Info Path dan One Note. Selain itu juga membawa software grafis bernama Picture Manager. Fitur ini memiliki fungsi sebagai manajemen informasi dan kolaborasi baru untuk meningkatkan dukungan pada Share Point, Smart Tag, XML, dan layanan dukungan online untuk pengguna.

Microsoft Office Excel For Windows

Microsoft Office Excel 2003 beroperasi pada OS Windows 2000 (Service Pack 3), Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows Server 2008 dengan membawaf fitur baru seperti:

  • Peningkatan dukungan untuk XML

  • Fitur "list range" yang baru yang merupakan fitur paling signifikan dalam versi ini

  • Penyempurnaan Smart Tag

  • Statistical functions yang diperbaiki.

10. Excel 12.0 (Excel 2007)

Excel 12.0 termasuk ke dalam Microsoft Office 2007, dibuat 03 November 2006 dan dirilis 30 Januari 2007.  Versi ini juga memperkenalkan format file Office Open XML di Excel, PowerPoint, dan Word. Selain itu juga memperkenalkan tampilan interface Ribbon yang baru serta membawa perubahan atas format file dari .xls menjadi .xlsx dan .xlsm yang sekarang dikenal.

Microsoft Office Excel For Windows

Perubahan ini membawa keamanan yang lebih baik ke Excel dan memungkinkan penyimpanan data baris lebih banyak (lebih dari 1 juta). Fitur charting juga sangat ditingkatkan. Bagian yang menyedihkan dari pembaruan tersebut adalah penghapusan Clippy dari Microsoft Excel, yang membuat sebagian orang senang dan sebagian lainnya sedih. 

Microsoft Office 2007 dapat beroperasi pada Windows 95, Windows NT 3.51/Windows NT 4.0 dengan Fitur-fitur baru yang disertakan dalam versi ini adalah:

  • Ribbon menu System yang baru.

  • Kumpulan diagram bisnis yang dapat diedit SmartArt.

  • Peningkatan manajemen variabel melalui Name Manager.

  • Fleksibilitas yang jauh lebih baik dalam formatting graphs, yang memungkinkan mengoordinasikan pelabelan (x,y) dan garis dengan lebih tepat.

  • Memperkenalkan beberapa perbaikan pada pivot tables.

  • Memperkenalkan Office Open XML file formats termasuk .xlsm for a workbook dengan macros dan .xlsx for a workbook yang tanpa menggunakan makro.

  • Penambahan jumlah number of rows menjadi 1.048.576  and columns menjadi 16.384.

  • Versi ini lebih banyak menggunakan multiple cores untuk perhitungan spreadsheets, namun makro VBA tidak ditangani secara paralel dan and XLL add‑ins hanya dijalankan secara paralel jika aman untuk thread dan ini ditunjukkan saat registration.

11. Excel 14.0 (Excel 2010)

Excel 14.0 termasuk ke dalam Microsoft Office 2010, selesai dibuat pada 15 April 2010 dan dirilis pada 15 Juni 2010. Microsoft Office 2010 dilengkapi dengan logo baru yang mirip dengan logo 2007.yang dilengkapi fitur sparkline graphics, pivot table slicers, an updated Solver, dan versi 64-bit. Microsoft memutuskan untuk melewatkan versi 13 dan langsung menggunakan 14, ini karena 13 dianggap sebagai angka sial.

Microsoft Office Excel For Windows

Microsoft Office 2010 dapat beroperasi pada Windows 7, Windows Vista (dengan Service Pack 2), Microsoft Windows XP, Windows Server 2008, Windows Server 2008 R2, dan Windows 8 dengan beberapa peningkatan fitur seperti:

  • Perhitungan ulang multi-threading (MTR) untuk fungsi yang umum digunakan

  • Pivot tables yang ditingkatkan

  • Pivot Table Slicers

  • Opsi pemformatan bersyarat lainnya

  • Tambahan kemampuan pengeditan gambar

  • Bagan dalam sel yang disebut grafik mini

  • Kemampuan untuk preview sebelum paste (tempel)

  • Fitur backstage Office 2010 untuk tugas yang berhubungan dengan dokumen

  • Kemampuan untuk menyesuaikan Ribbon

  • Banyak Fungsi baru, paling khusus untuk meningkatkan akurasi

12. Excel 15.0 (Excel 2013)

Excel 15.0 termasuk ke dalam Microsoft Office 2013, dimulai pada tahun 2010 dan selesai pada 11 Oktober 2013. Versi ini menyediakan fitur baru seperti dukungan integrasi untuk layanan online (termasuk OneDrive, Outlook.com, Skype, Yammer, dan Flickr) serta format dukungan yang ditingkatkan (Office Open XML, Open Document & Portable Document Format) dan mendukung antarmuka multitouch. 

Microsoft Office Excel For Windows

Microsoft Office 2013 ini didukung pada OS Windows 7, Windows Server 2008 R2, Windows Server 2012, dan Windows 8. dengan beberapa fitur baru yang disematkan seperti:

  • Peningkatan Multi-threading dan Memory Contention
  • FlashFill
  • Tampilan Daya
  • Add-In PowerPivot
  • Timeline Slicer
  • Slicer with Excel Tables
  • Kemampuan untuk Menyimpan file di OneDrive
  • Windows App
  • Inquire Add-In
  • Penyempurnaan Charts (Grafik)
  • Charts dan Pivot Tables yang Direkomendasikan
  • 50 fungsi baru

13. Excel 16.0 (Excel 2016)

Excel 16.0 termasuk ke dalam Microsoft Office 2016, dirilis pada 22 September 2015. Ini adalah versi terbaru dari Microsoft Office. Meskipun versi perangkat lunaknya berbeda, mulai saat ini Excel untuk Mac dan Windows menggunakan nama yang sama. Jika kalian juga memiliki langganan Office 365, pembaruan melalui internet khusus tersedia untuk Excel, yang secara signifikan dapat mengubah pengalaman pengguna.

Microsoft Office Excel For Windows

Fitur Excel yang ditambahkan dalam Office 2016,terdapat beberapa peningkatan seperti:

  • Integrasi Power Query

  • Read-only untuk Excel

  • Akses keyboard Pivot Tables dan Slicers di Excel

  • Jenis Chart Baru

  • Penautan data cepat di Visio

  • Fungsi Excel forecasting

  • Dukungan untuk  multi-selection of Slicer items menggunakan sentuhan

  • Pengelompokan waktu dan Perincian Pivot Chart

  • Excel data cards

Excel 9.0 didukung sistem operasi Windows 10, Windows 8.1, Windows 8, Windows 10 Server, Windows Server 2012 R2, Windows Server 2012, Windows Server 2008 R2.

14. Excel 17.0 (Excel 2019)

Excel 17.0 termasuk kedalam Microsoft Office 2019 & Office 365 yang dirilis tahun 2019, yang beroperasi hanya pada OS Windows 10, Windows 11. Beberapa fitur baru yang disematkan kedalam Excel 2010 ini antara lain :
  • Fungsi baru seperti CONCAT, IFS, MAXIFS, MINIFS, SWITCH, TEXTJOIN.

  • Chart baru seperti peta, corong.

  • Penyempurnaan visual seperti Grafis Vektor yang Dapat Disesuaikan (SVG), Konversi ikon SVG menjadi bentuk, Sisipkan model 3D untuk melihat semua sudut.

  • Penyempurnaan tinta seperti Efek tinta baru, Pensil Digital, Persamaan tinta, Tombol Pemutaran Ulang Tinta baru, Pilihan Lasso kini tersedia, dll.

  • Fitur aksesibilitas yang lebih baik : Perbaikan sekali klik untuk masalah aksesibilitas, Suara yang membantu meningkatkan aksesibilitas.

  • Berbagi menjadi lebih mudah : Sisipkan tautan terbaru, Tampilkan dan pulihkan perubahan dalam buku kerja yang dibagikan, Menyimpan ke folder terbaru dengan cepat.

  • Penyempurnaan PivotTable : Personalisasi tata letak default PivotTable, Pendeteksian hubungan otomatis, Membuat, mengedit, dan menghapus ukuran kustom, Pengelompokan waktu otomatis, dll.

  • Pembaruan Power Pivot : Fitur dan Transformasi yang baru dan disempurnakan, dll. 

Microsoft Office Excel For Windows

15. Excel 2021

Excel 2021 termasuk kedalam Microsoft Office 2021 yang dirilis tahun 2021, yang beroperasi hanya pada OS Windows 10, Windows 11. Excel 2021memungkinkan kalian bekerja sama dengan orang lain dan menganalisis data dengan mudah menggunakan kapabilitas Excel baru termasuk penulisan bersama, Larik Dinamis, XLOOKUP, dan fungsi LET. Beberapa fitur baru yang disematkan kedalam Excel 2021 ini adalah:
  • Penulisan bersama, dimana kalian dan rekan kerja dapat membuka dan bekerja pada buku kerja Excel kerja yang sama.

  • Kolaborasi yang lebih baik dengan komentar modern.

  • Melihat siapa saja yang bekerja bersama dengan kita dan di mana mereka berada dalam buku kerja.

  • Fungsi LET menetapkan nama untuk hasil perhitungan. Ini memungkinkan menyimpan perhitungan menengah, nilai, atau menetapkan nama di dalam rumus.

  • Mempercepat penghitungan dan wawasan dengan enam perhitungan yaitu FILTER, SORT, SORTBY, UNIQUE, SEQUENCE, dan RANDARRAY.

  • Fungsi XMATCH mencari item tertentu dalam array atau rentang sel, lalu mengembalikan posisi relatif item tersebut sekaligus juga dapat menggunakan XMATCH untuk mengembalikan nilai dalam array.

  • Membuat tampilan yang dikustomisasi dalam Excel kerja tanpa mengganggu orang lain.

  • Pita Aksesibilitas meletakkan semua alat yang diperlukan untuk membuat konten yang mudah diakses di satu tempat.

  • Pemeriksa Aksesibilitas mengawasi dokumen kalian dan memberi tahu di bilah status saat Pemeriksa Aksesibilitas menemukan sesuatu yang harus kalian lihat.

  • Dapatkan penghitungan lebih cepat dari fungsi Excel umum seperti SUMIF, COUNTIF, dan AVERAGEIF.

  • Memunculkan banyak lembar dalam waktu bersamaan.

  • Dukungan untuk format OpenDocument (ODF) 1.3. Spesifikasi ODF 1.3 menambahkan dukungan untuk berbagai fitur baru, dll

Microsoft Office Excel For Windows

D. User Interface Excel

Setelah mengenal sejarah, jenis versi dan fitur Microsoft Excel, sekarang kita akan lebih jauh mengenal tentang User Interface Excel atau Antramuka tampilan Microsoft Excel. User interface Excel ini mengalami perubahan yang besar saat Excel 2007 diperkenalkan dan merupakan peningkatan yang signifikan dari Excel 2003, sementara Excel 2013, 2016, 2019 hanya mengalami perubahan yang kecil. 

Microsoft Office Excel For Windows

Secara garis besar User Interface Excel yang kita kenal saat ini terdiri dari :

  1. Quick Acces Toolbar : Bagian ini memuat Buttons atau tombol-tombol menu umum yang sering kita gunakan. Tombol-tombol ini bisa kita sesuaikan dengan kebutuhan.

  2. Menu dan Ribbon Bar : Bagian ini merupakan kumpulan tombol perintah pada microsoft excel yang dikelompokkan dalam bentuk Tab berdasarkan fungsi-fungsinya seperti :

    • Home : Terdiri dari opsi seperti font size, font styles, font colour, background colour, alignment, formatting options and styles, insertion and deletion of cells and editing options.

    • Insert : Terdiri dari opsi seperti table format and style, inserting images and figures, adding graphs, charts and sparklines, header and footer option, equation and symbols.

    • Page Layout : Themes, orientation and page setup options yang tersedia didalam page layout option.

    • Formula : Karena tabel dengan sejumlah besar data dapat dibuat di MS excel. Dengan fitur ini, kalian dapat membuat dan menambahkan rumus ke tabel untuk mendapatkan mendapatkan solusi dan hasil yang lebih cepat.

    • Data : Didalam kategori ini, kalian bisa menambahkan data eksternal (dari web), filtering options and data tools.

    • Review : Proofreading dapat dilakukan untuk excel sheet dalam kategori review dan pembaca dapat menambahkan komentar di bagian ini.

    • View : Tampilan berbeda di mana kita ingin spreadsheet ditampilkan untuk dapat diedit di sini. Pilihan untuk memperbesar dan memperkecil dan pengaturan panel tersedia dikategori ini.

    • Tab Developper : Secara default disembunyikan.

  3. Name Box : Kotak yang berisi tentang nama sel baris dan kolom. Nama sel dapat dikustomisasi dan digunakan sebagai referensi nama sel. Pada dasarnya, ini digunakan untuk mereferensikan nama sel.

  4. Formula Bar : Bagian ini menunjukkan alamat cell yang aktif beserta isinya. Formula bar juga merupakan tempat dimana nanti kita akan menuliskan rumus atau formula excel.

  5. Worksheet Area: Sering disebut juga sebagai Workspace. Berisi kumpulan cell yang diidentifikasi berdasarkan kolom (Column) dengan simbol huruf A, B, C dst. dan baris (Row) dengan simbol angka 1, 2, 3 dst. Didalam cell inilah kita menyusun data-data sesuai kebutuhan.

E. Excel File Extensions

Microsoft Excel mendukung beberapa ekstensi file berikut dengan format default untuk menyimpan Microsoft Excel workbook adalah .xlsx di semua versi modern terbaru saat ini dan .xls di versi awal. Berikut tabel yang menampilkan beberapa ekstensi lainnya yang didukung di microsoft excel:

HTML Table Generator
Extension
Name
Description
.xls
Excel Workbook
(versi lama)
Merupakan format default Microsoft Excel sebelum Excel 12. Masih berbasis format BIFF dan dapat menyimpan macro VBA.
.xlsx
Excel Workbook
(versi baru)
Merupakan format default worksheet Microsoft Excel 12, yang telah berbasis XML. Tidak dapat menyimpan macro VBA, karena alasan keamanan. Sebenarnya merupakan sebuah arsip terkompres berformat ZIP dengan struktur dokumen yang terdiri atas dokumen teks XML. Pengganti dari format .xls yang kuno.
.xlsm Excel Workbook with Macros Merupakan format worksheet Microsoft Excel 12, yang telah berbasis XML, tetapi dapat menyimpan macro VBA.
.xlt
Excel Template
(versi lama)
Merupakan format untuk template worksheet Microsoft Excel sebelum Excel 12. Masih berbasis format BIFF dan dapat menyimpan macro VBA.
.xltm Excel Template
(versi lama)
Merupakan format untuk template worksheet Microsoft Excel 12, yang telah berbasis XML tetapi mampu menyimpan macro VBA. Merupakan pengganti dari format .xlt
.xltx Excel Template
(versi baru)
Merupakan format untuk template worksheet Microsoft Excel 2007 sampai 2019. Tidak dapat menyimpan macro VBA, karena alasan keamanan.
.xlsb Excel Binary Workbook Merupakan format worksheet Microsoft Excel 12, yang telah berbasis XML, tetapi dikodekan dalam bentuk biner. Format ini memiliki keunggulan lebih kepat dibuka dan lebih efisien, mengingat tujuan dibuatnya format ini adalah untuk menangani worksheet yang sangat besar yang terdiri atas puluhan ribu baris atau ratusan kolom.
.xla Excel Add-in Mendukung file for Visual Basic VBA projects, compatible with Excel 95-2003.
.xlam Excel Add-in with Macros Format berbasis XML yang kompatibel dengan Excel 2007 dan 2013-2019, mendukung proyek VBA dan makro Excel 4.0.
.csv
CSV (Comma-separated values)
Format minimal yang kompatibel dengan banyak aplikasi spreadsheet. Baris data direpresentasikan sebagai baris dalam file teks, dengan jeda kolom yang dibatasi oleh satu karakter, biasanya koma.
.dbf
DBF 3, DBF 4 Format file database asli DBASE III dan IV.
.dif
Data interchange format Format file dengan fitur terbatas dan didukung secara luas. Mendukung penyimpanan spreadsheet satu halaman saja.
.htm,
.html
HTML Berisi data yang diformat dalam HTML. Saat diekspor oleh Excel, file pendukung seperti gambar dan suara disimpan dalam folder.
.mht,
.mhtml
Single-page HTML Data satu halaman berformat HTML.
.ods
OpenDocument Spreadsheet Format file open source yang didukung oleh pengolah kata termasuk OpenOffice dan LibreOffice.
.pdf
PDF (Portable Data Format)
Format dokumen standar industri yang dibuat oleh Adobe.
.prn
Space-delimited formatted text Format yang mirip dengan CSV yang mendukung pemformatan teks, dibuat oleh Lotus. Hanya mendukung satu lembar.
.txt
Tab-delimited text Format file teks yang mirip dengan CSV, menggunakan tab sebagai karakter pembatas. Juga, menyimpan spreadsheet satu halaman yang disandikan Unicode.
.xps
OpenXML Paper Specification Format dokumen sumber terbuka yang mirip dengan PDF.
.xml
XML Data Spreadsheet data exported as XML.
.xlw
Excel Workbook Only
Hanya menyimpan lworksheets, chart sheets, and macro sheets tetapi tidak menyimpan spreadsheets. Kompatibel dengan Excel 2013-2019.

F. Benefits of Microsoft Excel

Microsoft Excel banyak digunakan untuk berbagai keperluan karena datanya mudah disimpan, dan informasi dapat ditambahkan dan dihapus tanpa adanya ketidaknyamanan. Di bawah ini beberapa manfaat penting dalam menggunakan MS Excel seperti:

  1. Easy To Store Data (Mudah Menyimpan Data)

    Karena tidak ada batasan jumlah informasi yang dapat disimpan dalam spreadsheet, MS Excel banyak digunakan untuk menyimpan data atau menganalisis data. Memfilter informasi di Excel mudah dan nyaman.

  2. Easy To Recover Data (Mudah Untuk Memulihkan Data)

    Jika informasi ditulis di selembar kertas, menemukannya mungkin memakan waktu lebih lama, namun, ini tidak terjadi dengan spreadsheet excel. Menemukan dan memulihkan data itu sangatlah mudah.

  3. Application of Mathematical Formulas (Penerapan Rumus Matematika)

    Melakukan perhitungan menjadi lebih mudah dan tidak memakan waktu lama dengan opsi rumus di MS excel

  4. More Secure (Lebih Aman)

    Spreadsheet ini dapat diamankan dengan kata sandi di laptop atau komputer pribadi dan kemungkinan kehilangannya jauh lebih kecil dibandingkan dengan data yang ditulis dalam register atau selembar kertas.

  5. Data at One Place (Data di Satu Tempat)

    Sebelumnya, data disimpan dalam file dan register yang berbeda saat dokumen selesai. Sekarang, ini menjadi nyaman karena lebih dari satu lembar kerja dapat ditambahkan dalam satu file MS Excel.

  6. Neater and Clearer Visibility of Information (Visibilitas Informasi Lebih Rapi dan Jelas)

    Ketika data disimpan dalam bentuk tabel, menganalisisnya akan menjadi lebih mudah. Dengan demikian, informasi yang terdapat spreadsheet lebih mudah dibaca dan dimengerti.



Show Comments

Post a Comment for "The History Of Microsoft Excel For Windows"