Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Microsoft Office 2019 dan Fitur Terbarunya

Microsoft Office 2019 dan Fitur Terbarunya

Fitur dan Manfaat Microsoft Office 2019 -  Apabila kalian berfikir dan berminat untuk meggunakan Office versi terbaru dengan fitur yang lebih lengkap tanpa membayar dan berlangganan bulanan atau tahunan seperti Microsoft Office 365 maka kami menyarankan untuk mempertimbangkan menggunakan Microsoft Office 2019.

Microsoft Office 2019

{tocify} $title={Table of Contents}

Microsoft Office 2019 yang akhirnya dirilis pada 24 September 2018, hadir dengan harga yang sangat mahal namun kalian hanya melakukan pembelian sekali saja, berbeda dengan Office 365 yang mesti berlangganan bulanan atau tahunan. Akan tetapi Office 2019 memiliki kekurangan dari office 365, yaitu tidak adanya opsi pilihan untuk mendapatkan update secara rutin. Jadi sebelum memutuskan untuk menggunakan Office 2019 yang mana, baiknya kalian kenali lebih jauh tentang jenis Office 2019 yang disediakan.

A. Persyaratan Sistem Office 2019

Agar dapat menggunakan Microsoft Office 2019 ini dengan baik dan lancar, komputer yang kalian miliki sebaiknya memiliki spesifikasi persyaratan sistem minimum sebagai berikut:

HTML Table Generator
Persyaratan sistem Office 2019
Sistem
Minimum
Operating system Windows 10, Windows Server 2019
CPU 1,6 gigahertz (GHz) atau lebih cepat, 2-core
Memory 4GB RAM; RAM 2 GB (32 bit)
Free space 4,0 GB ruang disk yang tersedia
Browser Microsoft Edge, Internet Explorer, Chrome, atau Firefox
Graphics hardware
DirectX 9 atau lebih baru, dengan WDDM 2.0 atau lebih tinggi untuk Windows 10 (atau WDDM 1.3 atau lebih tinggi untuk Windows 10 Fall Creators Update)
Monitor Resolusi layar 1280 x 768
Network
.NET 3.5 atau 4.6 dan lebih tinggi
Input device(s) Mouse and keyboard. Fitur sentuh baru dioptimalkan untuk digunakan dengan ARCHIVED: Windows 8.x

B. Versi Microsoft Office 2019

Dalam artikel ini, kami akan memaparkan beberapa jenis versi lisensi yang ada pada Microsoft Office 2019 yang bisa kalian pertimbangkan untuk digunakan sesuai kebutuhan sekaligus akan menguraikan perbedaan dari setiap versi yang usung oleh Microsoft Office 2019 tersebut.

HTML Table Generator
Application(s) Home & Student Home & Business Standard Professional Professional Plus
Aplikasi Inti Yes Yes Yes Yes Yes
Outlook No Yes Yes Yes Yes
Publisher No No Yes Yes Yes
Access No No No Yes Yes
Skype for Business No No No No Yes

1. Home and Student

Jika kalian hanya memerlukan aplikasi Office standar seperti Word, Excel, PowerPoint, dan OneNote untuk digunakan di sekolah atau di rumah, maka ini adalah versi yang cocok untuk kalian gunakan. Versi ini sangat bagus jika hanya ingin digunakan menginstal aplikasi Office standar di satu komputer. 

Microsoft Office 2019 Home and Student

Gunakan versi Office Home and Student ini, apalagi jika kalian tidak mempedulikan untuk mendapatkan pembaruan perangkat lunak tambahan terbaru dari Microsoft, dan fitur yang di usung saat ini lebih dari cukup untuk kebutuhan Anda. Microsoft menjual versi Office Home and Student 2019 berkisar kurang lebih sekitar $149,99.

2. Home and Business

Pada versi Home and Business ini, cocok digunakan bila kalian memanfaatkan Outlook dalam pekerjaan sehari-hari. Selain masih tetap memiliki fitur standar seperti Word, Excel, PowerPoint, dan OneNote, kalian akan mendapatkan satu lagi layanan tambahan berlisensi yaitu Outlook. Outlook adalah aplikasi untuk mengelola informasi pribadi dari Microsoft Office Suite yang biasanya dipakai untuk mengirim dan membaca email.

Microsoft Office 2019 Home and Business

Saat ini, jutaan lebih orang menggunakan akun email dimana menurut beberapa sumber Apple iPhone dan Google (Gmail) memiliki pangsa pasar klien email sekitar 27%, sementara Outlook menempati 9%. Jadi jika kalian benar-benar perlu menggunakan Outlook dalam proses pekerjaan, maka ini adalah versi Office 2019 yang perlu kalian gunakan. 

Kalian bisa mendapatkan aplikasi Outlook berlisensi ini secara mandiri dengan biaya tambahan sekitar $100 sementara untuk Harga Office Home and Business 2019 seperti yang tercantum di situs web Microsoft adalah $249,99.

3. Standard

Untuk versi standard ini di jual dengan volume licensing dimana kalian bisa mendapatkan dua aplikasi tambahan selain aplikasi inti yaitu Outlook dan Publisher. Lisensi volume dimaksud ini adalah penjualan lisensi yang mengizinkan satu program komputer untuk digunakan pada sejumlah besar komputer atau oleh sejumlah besar pengguna. Pelanggan skema lisensi tersebut biasanya bisnis , pemerintah atau lembaga pendidikan, dengan harga untuk volume lisensi bervariasi tergantung pada jenis, jumlah dan jangka waktu berlangganan yang berlaku.

4. Professional

Offive Profesional hadir dengan harga $190 lebih mahal dari versi kedua dimana harganya berkisar $439,99. Ini adalah versi Office 2019 yang paling mahal dan dengan biaya tambahan, kalian bisa mendapatkan akses ke 2 (dua) fitur aplikasi andalan lainnya yaitu Microsoft Publisher dan Microsoft Access.

Microsoft Office 2019 Professional

Namun yang perlu kalian ingat, bahwa Microsoft Publisher dan Microsoft Access. ini hanya dapat digunakan pada PC Windows saja. Jadi, jika kalian menggunakan Mac dan benar-benar perlu menjalankan Publisher dan/atau Access, maka kalian harus menginstal Windows di Boot CampπŸ”—, atau menggunakan perangkat lunak seperti ParallelsπŸ”— atau VMWare FusionπŸ”— untuk menjalankan Windows secara berdampingan dengan aplikasi Mac favorit kalian.

5. Professional Plus

Versi Office 2019 yang paling mahal dan dengan biaya tambahan, kalian bisa mendapatkan akses ke 2 (dua) fitur aplikasi andalan lainnya yaitu Microsoft Publisher dan Microsoft Access dan sekaligus mendapatkan plusnya adalah Skype for Business.

Microsoft Office 2019 Professional Plus

Skype for Business (sebelumnya Microsoft Lync dan Office Communicator ) adalah perangkat lunak perusahaan untuk pesan instan dan telepon video yang dikembangkan oleh Microsoft sebagai bagian dari rangkaian Microsoft Office.

Skype for Business mendukung obrolan teks, audio, dan video, dan terintegrasi dengan komponen Microsoft Office seperti Exchange dan SharePoint.

C. Fitur Terbaru Microsoft Office 2019

Microsoft Office 2019 hadir dengan membawa fitur baru yang berbeda dengan Office sebelumnya pada 4 (empat) jenis aplikasi intinya yaitu: PowerPoint, Word, Excel, dan OneNote dan dibawah ini, akan kita bahas sedikit fitur-fitur baru tersebut sebagai berikut:

1. Fitur Microsoft PowerPoint 2019

Dalam hal presentasi, PowerPoint tetap menjadi raja untuk software (perangkat lunak) presentasi, apalagi kenudian dengan dirilisnya PowerPoint 2019, semakin mengukuhkan dirinya sebagai perangkat lunak presentasi yang tidak mudah disingkirkan dan tetap menjadi yang terbaik.

Sekarang, baik versi Windows dan Mac mendapatkan pembaruan yang ditunggu-tunggu walaupun seperti biasa, versi Windows masih memiliki sedikit keunggulan dibandingkan versi Mac terutama dengan fitur digital ink yang baru. Berikut adalah fitur dan pembaruan baru teratas di PowerPoint 2019:

  • Morph Transition (Windows | Mac). Salah satu fitur paling keren di PowerPoint 2019 adalah transisi Morph. Dengan fitur ini, kalian bisa membuat animasi yang tampak mulus dan tidak lagi terasa rumit. Hanya dengan beberapa klik (dan beberapa perencanaan yang baik sebelumnya), kalian dapat mencapai efek yang diinginkan dengan cepat.

    Untuk sekilas di mana fitur baru ini berada, kalian bisa melihatnya dengan mengklik pada Transitions, lalu pilih πŸ‘‰ Morph.  Untuk lebih jelas tentang Morph Transisi ini, kalian bisa baca pada artikel "Morph Transition Dan Zoom PowerPoint Office 2019πŸ”—".

  • Zoom for PowerPoint (Windows Only). Zoom adalah salah satu fitur yang hanya terdapat pada Office 365, namun kemudian pada peluncuran Microsoft Office 2019, akhirnya Zoom juga disertakan kedalam PowerPoint 2019 untuk Windows sementara untuk Mac tetap tidak tersedia.

    Fitur Microsoft PowerPoint 2019

    Dengan Zoom ini, kalian tidak memiliki batasan untuk menyajikan slide secara linier dan kalian dapat melompat dari satu bagian ke bagian lain, Misal dari slide 5 ke 10 ke 3 ke 6, dan seterusnya.

  • Insert 3D Models To See All Angles (Windows | Mac). Memasukkan model 3D ke slide presentasi di Office 2019 sekarang sangat mudah. Model 3D ini diambil melalui sumber online yaitu Remix 3D, yang merupakan komunitas online dengan banyak koleksi model 3D gratis.

    Fitur Microsoft PowerPoint 2019

  • Vector Graphics for Visual Impact (Windows | Mac). Memasukkan dan mengedit file SVG seperti ikon dan logo sekarang dapat dilakukan di PowerPoint versi terbaru. Untuk menambahkan ikon, cukup klik Insert πŸ‘‰ Icon jika kalian ingin menggunakan basis data ikon gratis Microsoft. Atau, jika kalian ingin mengunggah file SVG dari sumber lain, kalian dapat mengklik Insert πŸ‘‰ Pictures dan pilih sumber gambar dari daftar kalian.

  • Convert SVG Icons to Shapes (Windows Only). Ikon SVG terdiri dari berbagai elemen atau bentuk dan jika ingin menggunakan satu atau dua elemen dan menghapus sisanya, kalian dapat melakukannya dengan mengklik ikon SVG yang ingin dikonversi.

    Fitur Microsoft PowerPoint 2019
  • Easier Background Removal (Windows Only). PowerPoint versi Windows dapat menghapus latar belakang gambar dan membuatnya menjadi proses yang lebih sederhana. Microsoft telah membuat fitur penghapusan latar belakang lebih intuitif dan pensil penanda sekarang dapat menggambar bentuk garis dengan bebas. Selain itu, kalian dapat mencoba fitur ini dengan memasukkan foto dan kemudian mengklik Remove Background di Picture Tools.

  • Export to 4K (Windows Only). Ultra HD atau 4k dengan cepat menjadi type format popular dalam video saat ini. Jika kalian berencana untuk menampilkan presentasi PowerPoint kalian pada monitor 4K, maka fitur terbaru di powerpoint 2019 ini, memungkinkan kalian dapat dengan mudah mengekspor presentasi kalian kedalam bentuk video Ultra HD (4K).

  • Recording Features (Windows | Mac). PowerPoint di Windows dan Mac dapat merekam peragaan slide tetapi versi Windows memiliki beberapa keuntungan lain yang tidak tersedia di Mac misalnya bila kalian ingin menambahkan perekaman, maka Windows lebih memudahkan kalian untuk mengakses kesemua perekaman disatu tempat.

    Recording Features Fitur Microsoft PowerPoint 2019

  • Draw or Write With Digital Ink (Windows | Mac). Jika kalian ingin memakai digital ink, maka sebaiknya kalian menggunakan Windows karena pada Mac pilihan digital ink snagat terbatas. Pada Windows digital ink memiliki banyak pilihan seperti saat kalian ingin menggambar dengan digital ink, windows menyediakan opsi mengonversi ink to text, ink to shape, and ink to math.

    Fitur Terbaru Microsoft PowerPoint 2019

  • Text Highlighter (Windows | Mac). Fitur ini merupakan fitur yang terdapat di Microsoft Word, namun pada Office 2019 juga memberikan fitur ini pada aplikasi PowerPoint 2019 duntuk digunakan dalam presentasi.

  • Insert Funnel Chart (Windows only). Fitur lain terbaru yang disematkan pada PowerPoint 2019 ini adalah kalian dapat memasukkan funnel charts langsung pada slide PowerPoint. Kalian hanya perlu mengklik Insert πŸ‘‰ Chart πŸ‘‰ Funnel, kemudian klik OK, maka akan segera menampilkan Spreadsheet Excel dengan beberapa contoh data  yang bisa kalian ganti menyesuaikan dengan data sampel milik kalian.

  • Insert 2D Map Charts (Windows | Mac). Di PowerPoint 2019 ini kalian juga mendapatkan fitur baru berupa 2D Chart Map. Melalui 2D Chart Map ini, Maps bawaan atau vector maps gratis yang dapat kalian unduh secara online.

Sedangkan khusus pengguna Mac, pada versi PowerPoint 2019 ini, Microsoft akhirnya menambahkan beberapa fitur yang sudah lama dinikmati oleh pengguna Windows dimana pada akhirnya pengguna Mac sekarang dapat melakukan hal berikut pada salinan PowerPoint berupa:

  • Insert Online Video - Pengguna PowerPoint Mac sekarang dapat menyisipkan video dari YouTube, Vimeo, dan SlideShare.net.

  • Trim Media Files – Memangkas file video, musik, dan klip suara langsung di PowerPoint. dan kalian hanya perlu mengklik file media yang ingin di edit untuk mengaktifkan Video Playback atau Tab Audio Tools.

  • Animate The Background Of Your Slides – Membuat slide menjadi hidup dengan membuat animasi pada latar belakang gambar.

  • Hyperlinks In Living Colors – Jika Anda ingin mengubah warna hyperlink, cukup sorot URL-nya, lalu ubah warna font seperti yang kalian lakukan pada teks lainnya.

  • Render Embedded Fonts – Memudahkan pengguna Mac untuk melihat dan menyematkan font pada presentasi.

  • Customize Ribbon and Quick Access Toolbar – Lebih mudah menyesuaikan Ribbon PowerPoint dan Toolsbar.

  • Laser Pointer In Slide Show – Menggunakan mouse atau trackpad sebagai penunjuk laser selama presentasi. Kalian bahkan dapat mengubah warna laser menjadi merah, hijau, dan biru.

2. Fitur Microsoft Word 2019

Baik Mac dan Windows mendapatkan peningkatan di Office 2019, tetapi tidak semua fitur baru tersedia di kedua platform tersebut. Misalnya, Focus Mode tersedia Mac, tetapi masih belum tersedia di Windows. Demikian pula, LaTex dukungan sintaks matematika yang tersedia di Windows namun belum tersedia di Mac.

Berikut beberapa fitu terbaru yang disematkan di Microsoft Word 2019 untuk Mac dan Windows:

  • Collaborate in Word (Windows | Mac). Fitur ini memungkinkan kalian untuk berkolaborasi dengan teman dan dapat melihat perubahan yang dilakukan pada file yang dibuat secara real time.

    Fitur keren ini bekerja sangat baik di Mac dan Windows dimana kalian hanya perlu mengklik Share di sudut kanan atas, untuk mengunggah file ke One Drive atau SharePoint, dan file akan terkirim ke tema kalian.

    Untuk memastikan file yang dibagikan dapat diedit oleh teman kalian, pastikan untuk tidak lupa mencentang ☑ Allow Editing. Kalian akan dapat melihat pengeditan di file dokumen tersebut secara real time dan tentunya kalian juga akan tahu persis siapa yang melakukan pengeditan dan dibagian mana perubahan pengeditan itu dilakukan.

    Berkolaborasi di Word dan lihat perubahan orang lain secara real time (Word 2019)

  • Microsoft Translator (Windows | Mac). Di Word 2019, fitur terbaru yang disematkan adalah translate dimana kalian tidak perlu lagi membuka Google Translate untuk memahami teks berbahasa asing.

    Fitur tanslate ini menyediakan dua opsi pilihan yaitu:

    • Translate some selected text (menerjemahkan beberapa teks yang dipilih)

    • Translate your entire document (menerjemahkan seluruh dokumen)

    Sama dengan google translate, microsoft translate ini juga memiliki kekurangan yaitu terkadang bahasa asing yang diterjemahkan, tidak sesuai kaidah bahasa indonesia yang baku, jadi kalian perlu melakukan pengeditan sedikit untuk memperbaikinya.
  • The New Learning Tools (Windows | Mac). Offive 2019 menyediakan fitur Learning tools yang merupakan suatu alat pembelajaran yang sangat bagus untuk mereka yang ingin meningkatkan keterampilan membaca. Dengan fitur ini, kalian bisa menyesuaikan warna Halaman untuk membuat teks lebih mudah dilihat.

    Selain itu, kalian dapat menyesuaikan Spasi Teks dan menunjukkan jeda di antara Suku Kata untuk membantu meningkatkan pengenalan kata dan pengucapan. Read Aloud juga bagus untuk mereka yang ingin belajar cara mengucapkan kata-kata tertentu atau mereka yang lebih suka mendengarkan daripada membaca seluruh dokumen. Kekutrangan fitur ini hanya belum semua bahasa tersedia.

    Fitur Learning Tools Office 2019

  • Digital Pen (Windows | Mac). Dengan fitur Digital Pen ini, kalian bisa menulis dan menggambar di Word dan tentunya kalian harus mempunyai perangkat touchscreen untuk menggunakannya.

    Fitur Digital Pen di Office Word 2019

  • LaTeX Syntax (Windows only). Fitur ini sangat berguna untuk tenaga pendidik (guru) dan siswa karena bisa digunakan untuk memasukkan rumus (persamaan) matematika di Microsoft Word tanpa harus lagi mencari dan memasukkan kode rumus melalui insert simbol.

    Fitur LaTex Syntax Office word 2019

  • Add Icons and SVGs (Windows | Mac). Dengan dukungan SVG (Scalable Vector Graphics), sekarang kalian dapat menyisipkan file SVG dan mengubah ukurannya ke ukuran apa pun yang di-inginkan tanpa khawatir lagi mengubah ukurannya menjadi ukuran pixel yang tidak jelas (buram). Selain itu, jika melalui koneksi internet, kalian dapat dengan mudah mengakses dan mengunduh ratusan icon gratis langsung di Word.

    Fitur Add Icons and SVGs di Ofiice Word 2019

  • 3D images (Windows | Mac). Memasukkan atau menyisipkan model 3D ke dokumen Word dengan sangat mudah yang dapat diakses melalui local file atau mencari secara online melalui Remix 3D.

    Memasukkan atau menyisipkan model 3D ke dokumen Word 2019

  • Focus mode (Mac only). Fitur ini hanya tersedia di Mac, dimana digunakan untuk lebih memberi fokus pada layar microsoft word yang sering dialami dikomputer Mac. Memiliki kemampuan untuk mengubah latar belakang, meskipun kalian harus tetap berada dalam mode Print Layout untuk mengakses opsi latar belakang yang berbeda.

  • Fix Accessibility Issues With One Click (Windows | Mac). Fitur ini berfungsi untuk melakukan pemeriksaan dokumen untuk mengetahui dan memperbaiki masalah sebelum kalian membagikan dokumen tersebut hanya dengan mengklik suatu perintah tertentu.

  • Sound Effects (Windows only). Microsoft ingin membuat Word dapat diakses semudah mungkin oleh semua ornag termasuk bagi penyandang disabilitas sehingga di Office Word 2019 ini disematkan sebuah fitur sound effects.

    Sound effects ini akan memberikan visual isyarat audio untuk mengonfirmasi suatu tindakan tertentu yang selesai dilakukan atau munculnya opsi perubahan dilayar komputer.

    Fitur Sound Effects di Office word 2019

  • Improved Visual Basic Editor (Mac only). Di Office 2019 ini, kalian bisa membuat dan mengedit makro seperti pada Visual Basic Editor di Microsoft Word. Namun sayangnya, fitur ini hanya tersedia untuk komputer  Mac OS.

  • View a page At a Time, Side by Side (Windows only). Fitur ini memungkinkan kalian membaca suatu dokumen yang panjang layaknya membaca sebuah buku dengan cara membaliknya dari sisi halaman ke sisi halaman berikutnya.

3. Fitur Microsoft Excel 2019

Di Excel versi 2019, Microsoft telah melakukan peningkatkan perangkat lunak dengan membawa fitur dan pembaruan terbaru, namun sebagian besar hanya tersedia di versi Windows. Secara umum fitur yang disematkan ke dalam Excel 2019 ini yang bisa digunakan pada versi Mac dan Windows sebagai berikut:

  • New functions. Beberapa fungsi yang telah ditambahkan ke Excel 2019, yaitu, CONCAT, IFS, SWITCH, dan TEXTJOIN yang merupakan fungsi umum yang dapat digunakan pada kedua platform, namun, pengguna Windows mendapatkan keunggulan ekstra dengan dua fungsi tambahan yang ditambahkan, fungsi MAXIFS dan MINIFS.

    New functions TEXTJOIN, CONCAT, IFS Fitur Microsoft Excel 2019

  • New Charts. Excel 2019 sekarang memiliki kemampuan untuk menambahkan 2D map charts dan funnel charts, seperti halnya PowerPoint.

  • General Improvements. Fitur lainnya adalah kemampuan untuk membatalkan pilihan dengan cepat kini menjadi mudah berkat precision selecting di Excel. Tabel pivot juga mendapatkan peningkatan dengan fitur timeline filter

    Begitupula saat melakukan kustomisasi Ribbon tidak lagi eksklusif untuk Windows, pengguna Mac kini dapat menyesuaikan Excel Ribbon mereka juga. Microsoft Translator dan Accessibility Checker keduanya mendapatkan peningkatan yang sama.

Sementara untuk Excel 2019 khusus pengguna Windows, terdapat beberapa tambahan fitur yaitu:

  • Enhanced visuals. Memasukkan file SVG ke file Excel lalu mengonversi graphic SVG ke Shape.

  • Ink Iimprovements. Kalian bisa membuat 8 ink effects baru, digital pencil texture effect, dimana satu set pena dapat disesuaikan dan sifatnya portabel. Kalian juga dapat menambahkan ink equations, mengkonversi ink menjadi shape atau rumus matematika, memutar ulang ink drawings, menggunakan pena Surface untuk memilih, memindahkan, mengubah ukuran, memutar, dan mengubah objek.

    Fitur Ink Iimprovements Ofiice Excel 2019

  • Sharing Is Easier. Kemampuan untuk menyisipkan tautan terbaru, menampilkan dan memulihkan perubahan dalam workbooks yang dibagikan, dan dengan cepat menyimpannya ke dalam folder terbaru.

  • PivotTable Enhancements. Fungsi PivotTable yang sudah mengagumkan sekarang bahkan lebih mantap dengan beberapa peningkatan seperti mempersonalisasi, mengatur, membuat, mengedit dan menghapus tindakan kustom di PivotTable seperti yang kalian inginkan.

  • Power Pivot Updates. Jika kalian menggunakan Excel untuk analisis data dan memanfaatkan kemampuan pemodelan datanya, maka kalian akan menyukai Excel 2019 karena Microsoft telah melakukan beberapa perbaikan yang dapat meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan.

  • Publish To Power BI. Dengan klik sederhana pada tombol, kalian dapat mempublikasikan file ke Power BI. 

  • Power Query. Ada beberapa peningkatan pada Data tab Get & Transform Data dengan menambahkan konektor baru, transformasi yang ditingkatkan, tombol Query & Connections baru, dan banyak lagi.

  • General Improvements. Sekarang kalian memiliki lebih banyak opsi untuk mempersonalisasi salinan Excel dengan memilih dari 4 tema berbeda yaitu Warna-warni, Abu-abu Gelap, Hitam, dan Putih. Jika sering menggunakan superskrip dan subskrip, kini kalian dapat menambahkan perintah ini ke Quick Access Toolbar.

    Saat menyimpan file CSV, kalian tidak akan lagi mendapatkan pop-up yang mengganggu yang mengingatkan bahwa beberapa fitur mungkin tidak kompatibel dengan CSV. Selain itu kalian sudah dapat menyimpan file dalam format CSV UTF-8.

4. Fitur Microsoft OneNote 2019

Dengan Microsoft Office versi 2019, OneNote mendapatkan pembaruan yang signifikan. Saat ini, ada dua versi desktop dari perangkat lunak ini yaitu :

  • OneNote. Aplikasi desktop OneNote di Windows merupakan bagian dari Office 2019 dan Microsoft 365, tetapi juga dapat diunduh sebagai aplikasi mandiri dan digunakan secara mandiri di PC apa pun. Aplikasi ini berjalan di versi Windows apa pun yang saat ini didukung, termasuk semua edisi Windows 10. Selama beberapa tahun terakhir, aplikasi ini disebut "OneNote 2016" (dan "OneNote 2013" di tahun-tahun sebelumnya). Sekarang cukup disebut "OneNote."

    Fitur Microsoft OneNote 2019

    Aplikasi OneNote dilengkapi dengan Ribbon Interface Office lengkap yang dapat diperlihatkan secara permanen, atau disembunyikan hingga diperlukan. Tab bagian penuh warna buku catatan saat ini ditampilkan secara horizontal di seluruh layar, dan daftar tab halaman, secara default, diperlihatkan di sisi kanan layar. 

    Ini adalah satu-satunya OneNote yang mendukung penyimpanan buku catatan lokal di hard drive PC kalian selain penyimpanan cloud. Aplikasi desktop OneNote tersedia dalam versi 32-bit dan 64-bit. Jika menggunakan Windows edisi 64-bit dan Office 2019 atau Microsoft 36564-bit, OneNote versi 64-bit akan diinstal secara otomatis, jika tidak, kalian akan mendapatkan versi 32-bit. 

  • OneNote untuk Windows 10. Aplikasi OneNote untuk Windows 10 telah terinstal dan siap digunakan di semua edisi Windows 10, tetapi juga dapat diunduh secara gratis secara gratis di aplikasi Microsoft Store.

    Tampilan OneNote untuk Windows 10

    OneNote untuk Windows 10 menampilkan antarmuka pita tunggal yang lebih kecil di dekat bagian atas layar yang dapat ditampilkan secara permanen, atau tersembunyi hingga diperlukan. Saat panel Navigasi muncul, panel ini menampilkan tab bagian buku catatan berwarna secara vertikal di sisi kiri layar. Daftar tab halaman langsung diperlihatkan di sisi kanan tab bagian.

    Ketika masuk ke OneNote untuk Windows 10 dengan langganan Office 2019 atau Microsoft 365 yang kompatibel, kalian akan menikmati fitur premium tambahan, termasuk Pemutaran Ulang Tinta, Peneliti, dan Asisten Matematika.

    Catatan: OneNote untuk Windows 10 tidak bisa diinstal atau digunakan pada versi versi Windows.

D. Haruskah Membeli Microsoft Office 2019?

Microsoft membuat pembaruan substansial untuk aplikasi inti Office 2019, terutama, PowerPoint, Word, dan Excel. Namun, semua fitur yang dimasukkan ke dalam aplikasi Office 2019 merupakan fitur yang tidak dapat diperbaharui selamanya dan satu-satunya cara untuk mendapatkan pembaruan rutin bulanan adalah dengan membeli langganan Office 365. 

Dan ini tentu saja menjadi kekurangan Microsoft Office 2019 dan tahukah kalian bahwa fitur-fitur yang kita anggap baru diatas ternyata sudah di sematkan jauh sebelumnya kedalam Ofiice 365. Jadi mungkin saja kita baru mulai mempelajari fitur baru yang ada di  Office 2019, pengguna Office 365 malah mungkin sudah menggunakan fitur lain yang lebih baru dan terupdate.

Jadi, pilihan ada di tangan kalian. Dapatkan Microsoft Office 2019 dengan biaya satu kali yang relatif terjangkau, atau berlangganan Office 365 dan dapatkan pembaruan perangkat lunak reguler dari Microsoft.




Show Comments

Post a Comment for "Microsoft Office 2019 dan Fitur Terbarunya"