Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Cara Agar Baterai Ponsel Awet Dan Tahan Lama

Cara Agar Baterai Ponsel Awet Dan Tahan Lama

Cara Agar Baterai Ponsel Awet Dan Tahan Lama - Saat ini kebanyakan smartphone digunakan bukan hanya untuk melakukan panggilan telepon maupun berkirim pesan dan email. Hampir semua smartphone /ponsel berkembang pesat dari segi tampilan, fitur maupun fungsinya. Ada smartphone yang di berikan fitur tertentu dari segi kamera untuk meningkatkan hasil photografi, ada juga yang dari fitur kecepatan untuk digunakan dalam permainan game, dan lain-lain.

Baterai Ponsel Awet

Namun dibalik keunggulan yang disematkan disetiap smartpohone, ada satu hardware yang tentu saja sangat penting dan paling menunjang dalam penggunaan fitur unggulan smatphone tersebut yaitu baterai. Ya.., tentu saja, karena tanpa baterai ponsel menjadi tidak berguna..😁.

Kebanyakan baterai yang ada terpasang pada smatphone keluaran terbaru saat ini menggunakan baterai ponsel tanam, agak jarang lagi ditemukan baterai yang dapat di bongkar pasang. Pemakaian fitur-fitur unggulan dan bermain game dalam waktu yang lama tentu saja menguras pemakaian baterai ponsel dan mempercepat masa pakai baterai tersebut.

Namun, tahukah kalian..bahwa sebenarnya baterai ponsel cepat rusak dan mengurangi masa pakai, kebanyakan bukan disebabkan oleh kualias baterai ponsel yang kurang bagus tetapi malah disebabkan oleh kelalaian dan cara pemakaian ponsel kita yang tidak benar dan bagus.

Agar baterai tetap awet dan tahan lama, berikut 12 tips ini yang bisa kita lakukan dalam penggunaan ponsel dalam kehidupan sehari-hari yaitu:

1. Menghentikan paksa aplikasi yang tidak diinginkan.

Bagitu banyak aplikasi yang terpasang dalam sebuah ponsel, dan sebagian besar aplikasi tersebut tidak rutin/jarang digunakan bahkan ada yang sama sekali tidak digunakan. Sebagian besar pula ada aplikasi yang jarang digunnakan namun tetap aktif berjalan di background sistem tanpa kita  sadari.

Untuk itu menutup dan mengeluarkan bahkan disarankan untuk menghapus aplikasi yang tidak diinginkan atau secara paksa menghentikannya dari pengelola aplikasi. Hal ini akan mencegah penggunaan baterai secara berlebihan.

2. Periksa pengisian yang benar.

Hal pertama dan terpenting, cobalah untuk menghindari penggunaan perangkat sampai baterai turun di bawah 10% dan mencegahnya kehabisan daya sepenuhnya.

3. Hindari pengisian yang berlebihan setelah terisi penuh.

Pertama, jangan gunakan telepon saat mengisi daya dan jangan biarkan perangkat ponsel kalian mengisi daya setelah terisi penuh. Selain itu, jangan lupa untuk segera menyambungkan perangkat ponsel untuk mengisi daya, saat baterai turun di bawah 10%. 

Meskipun tidak sering, cobalah dalam sebulan sekali lakukan pengosongan penuh baterai hingga hampir 0% dan kemudian isi ulang lagi sepenuhnya hingga 100% tanpa mengganggu sekali pun atau pun mencabut pengisi daya.

Baterai Ponsel

4. Jangan gunakan pengisi daya palsu.

Pengisi daya palsu akan merusak baterai. Gunakan hanya pengisi daya asli untuk menjaga masa pakai baterai yang lebih sehat. Pengisi daya kapasitor voltase tinggi tidak hanya mengisi daya baterai dengan cepat tetapi juga dengan cepat merusak kesehatan baterai ponsel. Jangan menggunakan adaptor yang salah karena akan merusak kapasitas pengiriman daya.

5. Kombinasi mode Wi-Fi dan DATA.

Coba gunakan satu sinyal pada saat yang sama, saat di mode DATA, matikan sinyal Wi-Fi ponsel kalian sedangkan saat berada di jaringan Wi-Fi, matikan koneksi DATA. Jika kalian terhubung ke jaringan Wi-Fi, tetapi ingin menyimpan data seluler, matikan untuk menghemat masa pakai baterai.

6. Mode hemat baterai/matikan sinyal yang tidak diinginkan.

Jika kalian tidak membutuhkannya, cobalah untuk menjaga ponsel dalam mode hemat baterai. Ini adalah cara terbaik untuk meningkatkan masa pakai baterai. Sinyal Bluetooth dan Wi-Fi dikenal sebagai penguras baterai ponsel yang besar.

Penggunaan bebrapa fitur seperti Wi-Fi, Bluetooth, GPS, sinkronisasi email otomatis, pembaruan otomatis, dan lainnya, akan teralalu banyak menguras pemakaian baterai ponsel. Mematikan fitur-fitur tersebut saat tidak digunakan, akan mendukung dan berpengaruh pada peningkatkan masa pakai baterai. 

Baterai Ponsel

7. Ubah kecerahan layar.

Kecerahan layar adalah faktor yang paling mempengaruhi di daftar berikutnya dalam menguras baterai. Selama layar AKTIF, apalagi diatur dengan tingkat kecerahan yang sangat tinggi maka akan semakin cepat baterai ikut terkuras. 

Jadi ubah kecerahan layar serendah mungkin namun masih pada tahapan kalian mampu membaca dan melihat teks dengan sempurna. Selain itu, atur periode penguncian otomatis secepat mungkin, karena saat ponsel terkunsi dan dala mode layar dimatikan, semakin banyak daya yang dihemat.

Baterai Ponsel

8. Jangan gunakan mode getar.

Beberapa orang memberi pengaturan pada ponsel mereka ke dalam mode getar. Getar dan ringtone digunakan untuk menandakan panggilan masuk. Getaran menguras baterai lebih besar dari nada dering, karena bergetar tidak lain adalah usaha untuk menggoyangkan ponsel dengan mengayunkan beban kecil yang membutuhkan banyak daya dari baterai ponsel itu sendiri. Cobalah untuk menghindari mode getar. Gunakan Sound Forge untuk meningkatkan volume nada dering.

9. Hindari pengisian sepanjang malam.

Jangan biarkan ponsel mengisi daya sepanjang malam yang tidak penting. Setelah baterai ponsel terisi penuh hingga 100%, segeralah mencabut catu daya dan jangan biarkan tetap terpasang. Catu daya yang terus-terusan mengalir kedalam ponsel akan menyebabkan panas di perangkat, dan itu akan merusak kesehatan baterai.

10. Hindari penggunaan background yang dinamis.

Ada fitur baru yang diperkenalkan di smartphone keluaran terbaru yang disebut wallpaper animasi yang ditempatkan di bawah ikon. Fitur ini terlihat bagus dan membuat tampilan ponsel menjadi lebih keren, namun hal ini menyebabkan lebih banyak konsumsi baterai daripada wallpaper latar belakang statis sederhana. Sebaiknya tetap menggunakan latar belakang yang sederhana hanya untuk meminimalkan penggunaan prosesor melalui baterai.

11. Jaga agar suhu perangkat tetap sesuai.

Kalau kita sering mengamati ponsel, kita akan terkejut ketika mengetahui bahwa baterai ponsel akan cepat terkuras habis bila ponsel dalam keadaan panas. Jadi disarannkan untuk menghindari paparan perangkat di bawah sinar matahari langsung atau di tempat yang suhunya hangat dan jangan gunakan ponsel secara berlebihan tanpa memberi waktu jeda untuk mendinginkan ponsel dari pemakaian.

12. Matikan notifikasi yang tidak perlu & peringatan push.

Jangan lupa untuk mematikan notifikasi yang tidak perlu dan peringatan push, yang semuanya menyebabkan terlalu banyak aktivitas konsumsi baterai pada perangkat ponsel dan yang dapat menyebabkan penurunan kesehatan baterai.

Buka Pengaturan πŸ‘‰ Pemberitahuan πŸ‘‰ buka setiap aplikasi yang tidak perlu dan pilih " Tidak Ada "
Ulangi yang ini seperlunya, dan nanti, ketika unduhan aplikasi baru meminta untuk mengizinkan Pemberitahuan Push, pertimbangkan untuk memilih "Jangan Izinkan".




Show Comments

Post a Comment for "Cara Agar Baterai Ponsel Awet Dan Tahan Lama"