Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Cara Membuat Windows 11 Lebih Cepat dan Optimal

Cara Membuat Windows 11 Lebih Cepat dan Optimal

Cara Mempercepat dan Mengoptimalkan Kinerja Windows 11 - Pada artikel sebelumnya, Admin pernah membahas mengenai "Cara Mempercepat Boot Time dan Performance Windows 10πŸ‘€". Kali ini kita pindah membahas mengenai Windows 11. 

Banyak pengguna, terutama yang telah menginstal Windows 11 pada perangkat komputer mereka, sementara spesifikasi untuk memasang windows 11 tersebut tidak mendukung mengalami atau menghadapi masalah kinerja, termasuk speed loading yang lambat  dan occasional freezes.

Cara Membuat Windows 11 Lebih Cepat dan Optimal

Untungnya, ada beberapa langkah sederhana yang dapat diambil untuk meningkatkan kinerja guna mempercepat komputer pda windows 11 dan menjaga sistem tetap pada sasarannya dan responsif saat digunakan.

{tocify} $title={Table of Contents}

Kali ini, Admin akan berbagi tips dan tweak paling efektif untuk meningkatkan kinerja komputer yang menggunakan OS Windows 11 dengan beberapa cara berikut:

1. Disable Startup Program

Salah satu langkah pertama dan terpenting adalah disable startup programs (menonaktifkan aplikasi startup). Untuk mempercepat kinerja Windows 11 dari awal, penting untuk menonaktifkan semua aplikasi, perangkat lunak, dan program yang instal di sistem. Dengan menonaktifkan ini, sistem Windows 11 melakukan booting lebih cepat dari sebelumnya dan ini membantu mempercepat waktu boot Windows 11.

Untuk menonaktifkan aplikasi startup pada windows 11, kalian ikuti langkah-langkah berikut:

  • Klik kanan pada Menu Start πŸ‘‰ lalu pilih dan klik Task Manager. Kalian bisa juga melakukannya dengan menggunakan pintasan keyboard Ctrl + Shift + Esc.

  • Setelah jendela Taks Manager terbuka, kalian pilih menu StartUp. Disini kalian akan melihat daftar semua aplikasi, yang secara otomatis berjalan ketika sistem komputer dinyalakan.

  • Selanjutnya yang perlu kalian lakukan hanya meakukan klik kanan pada setiap program yang kalian tidak butuhkan untuk aktif dilatar belakang sistem saat komputer dinyalakan πŸ‘‰ lalu pilih opsi "Disable/Nonaktifkan"

    Disable startup programs and (Nonaktifkan program startup)

  • Setelah melakukan restart ulang, pengaturan akan diterapkan dan aplikasi startup hanya akan memulai  secara otomatis hanya pada aplikasi yang telah kalian tentukan saja, dan perhatikan kinerja Window 11 akan meningkat dan waktu boot juga akan menjadi lebih cepat.

2. Disable Startup Apps

Cara kedua mirip dengan cara pertama yaitu dengan melakukan disable startup apps (nonaktifkan aplikasi startup) melalui pengaturan windows 11. Kalian pasti mengetahui bahwasanya selain aplikasi yang pihak ketiga yang telah kalian instal, ada banyak aplikasi pra-instal lainnya yang juga disertakan atau mengikut secara default pada windows 11 seperti Skype, Microsoft Teams, OneDrive, dan banyak lagi lainnya yang dapat memperlambat komputer dan menghabiskan banyak sumber daya dan waktu saat memulai booting. 

Untuk memperbaiki tersebut, maka perlu melakukan atau menonaktifkan aplikasi startup tersebut, yang dapat kalian lakukan dengan langkah - langkah berikut ini:

  • Buka Pengaturan dengan mengklik tombol Windows atau juga dapat menekan pintasan keyboard Windows + I untuk membuka pengaturan secara langsung.

  • Kemudian pilih "Apps" pada menu item sebelah kiri lalu πŸ‘‰ pilih Startup.

    Memilih menu Disable Startup Apps

  • Setelah aplikasi startup terbuka, kalian dapat menonaktifkan aplikasi yang tidak diperlukan dengan meng-Off-kan pengaturan yang ada.

    disable startup apps (nonaktifkan aplikasi startup)

3. Change Power Mode

Jika menginginkan kinerja terbaik Windows 11, kalian juga perlu melakukan Change Power Mode (Mengubah Mode Daya). Semua versi terbaru windows hadir dengan opsi mode daya dimana mode daya ini akan menjaga kinerja dan pengaturan kalian secara tepat waktu serta  menjaga komputer untuk mendapatkan kinerja terbaik.

Dengan melakukan pengaturan ulang pada mode daya, kalian dapat mengontrol konsumsi daya komputer dimana secara default memilih untuk berada dalam mode seimbang dan mengubahnya ke mode daya kinerja untuk mendapatkan kinerja yang maksimal.

Untuk mengubah pengaturan mode daya untuk komputer Windows 11 , kalian ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka pengaturan melalui pintasan keyboard Windows + I.

  • Kemudian pilih "System" pada menu item sebelah kiri lalu πŸ‘‰ pilih Power & batery.

    Memilih menu Power dan battery

  • Terdapat 3 (tiga) mode daya yang tersedia yaitu Best Power Efficiency (efisiensi daya terbaik), Balanced (kinerja seimbang) dan Best Performance (kinerja terbaik). Kalian Pilih best performace untuk mendapatkan kinerja windows 11 yang optimal.

    Change Power Mode (Mengubah Mode Daya)

4. Defrag Hard Disk

Bagi kalian yang menggunakan komputer dengan Hardisk selain Solid State Drive (SSD) maka hard disk harus di defrag secara berkala karena seiring berjalannya waktu, sistem menjadi lambat karena file-file di hard disk menjadi berserakan. Untuk mengatasi ini, kalian dapat mendefrag hard disk melalui alat defragment windows 11 itu sendiri atau kalian bisa menggunakan tools defragment pihak ketiga lainnya.

Ingat..!!!, kalian harus memastikan tentang SSD dan HDD ini. Jika kalian menggunakan SSD maka defragmentasi tidak disarankan karena akan mengurangi masa pakai SSD kalian. Baca artikel lainnya tentang "Beberapa Hal Yang Perlu Diperhatikan Oleh Pengguna SSD"πŸ‘€.

5. Uninstall Unwanted Software and Bloatware

Langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah mencopot (uninstal) pemasangan perangkat lunak dan bloatware yang tidak diinginkan dari komputer kalian. Sering kali saat melakukan pekerjaan secara online, kalian menginstal aplikasi dan perangkat lunak untuk digunakan dalam sebuah pengujian.

Setelah bekerja, kalian mengabaikan untuk mencopot pemasangan aplikasi yang digunakan dari komputer tersebut. Walaupun perangkat lunak dan aplikasi yang tidak diinginkan dan tidak perlu itu tidak akan membahayakan sistem tetapi berpengaruh dalam memperlambat operasi windows.

Untuk menghapus instalan bloatware yang tidak perlu dari Windows 11, kalian ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka pengaturan melalui pintasan keyboard Windows + I.

  • Kemudian pilih "Apps" pada menu item sebelah kiri lalu πŸ‘‰ pilih Apps & features.

  • Di bagian Apps & features sebelah kanan, kalian geser kebawah sampai menemukan aplikasi yang terintal pada komputer kalian.

  • Selanjutnya kalian tinggal menghapus aplikasi yang diinginkan dengan mengklik 3 (tiga) titik yang tesedia πŸ‘‰ lalu pilih Uninstal.

    Uninstall Unwanted Software and Bloatware

6. Remove Temporary Files

Seiring waktu, komputer atau laptop mungkin penuh dengan banyak temporary files (file sementara). Kecepatan sistem  dan kinerjanya akan menurun seiring waktu karena file-file sementara tersebut seperti  thumbnail, unduhan, cache, pembaruan file pengoptimalan pengiriman, log pembaruan, diagnostik umpan balik, file internet sementara, file versi sebelumnya, dan sebagainya. 

Untuk menghapus sampah tersebut dari komputer, kalian ikuti langkah-langkah yang diberikan di bawah ini.

  • Buka pengaturan melalui pintasan keyboard Windows + I.

  • Kemudian pilih "System" pada menu item sebelah kiri lalu πŸ‘‰ pilih Storage.

  • Di bagian Storage sebelah kanan, geser kebawah lalu pilih "Aktifkan" Storage Sense.

    Memilih menu Remove Temporary Files

  • Selanjutnya kalian tinggalmembersihkan temporary files dengan mengklik Cleanup recomendations πŸ‘‰ lalu centang ☑ file sementara yang ingin dibersihkan πŸ‘‰ kemudian klik Clean Up

    Remove Temporary Files

7. Disable Animations And Visual Effects

Tahap berikutnya adalah salah satu langkah terpenting yang harus dilakukan setiap pengguna Windows 11. Sebagai pengguna windows 11, kalian perlu mengetahui beberapa fitur terbaik seperti animasi, keburaman akrilik, elemen UI transparan, dll. yang akan menyempurnakan dan meningkatkan latar belakang sistem kalian. Perubahan UI baru ini benar-benar memberikan perubahan tampilan yang cukup signifikan pada Windows 11.

Tetapi sekali lagi, semua alat animasi dan visual effect yang dihadirkan pada Windows 11 fokus secara keseluruhan cukup mempengaruhi kinerja komputer kalian. Jadi mematikan efek animasi Windows 11 untuk meningkatkan kinerja adalah suatu keharusan, kecuali komputer kalian memiliki spesifikasi yang mantap.

Untuk menghidupkan atau mematikan efek animasi di Windows 11, ikuti cara berikut ini:

  • Buka pengaturan melalui pintasan keyboard Windows + I.

  • Kemudian pilih "Personalization" πŸ‘‰ selanjutnya kalian nonaktifkan πŸ‘‰ Transparancy effects.

    Mononaktifkan Transparancy effects Personalization

  • Kemudian pilih "Accessibility" πŸ‘‰ lalu pilh πŸ‘‰ Visual Effects. Kemudian nonaktifkan Transparancy effects dan Animation effects.

    Nonaktifkan Transparancy effects dan Animation effects Accessibility

  • Setelah kalian melakukannya, selanjtnya kalian pergi ke "Taksbar" πŸ‘‰ lalu pilih "Search". Ketikkan lalu cari View advanced system settings. Pilih Menu "Advanced" πŸ‘‰ lalu pilih Settings. Ganti pilhan yang ada menjadi Adjust for best performance

    Adjust for best performance

    Adjust for best performance Setting

  •  Klik OK πŸ‘‰ lalu Apply untuk menyimpan pengaturan.

8. Check For Updates

Melakukan update windows 11 secara rutin juga dapat mempengaruhi peningkatan kinerja komputer. Selain itu keamanan komputer dari serangan firewall dan malware lebih terjamin karena menadapatkan patch keamanan Microsoft Windows secara teratur.

Untuk melakukan pemeriksaan dan update windows 11, langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Buka pengaturan melalui pintasan keyboard Windows + I.

  • Kemudian pilih "Windows update" πŸ‘‰ selanjutnya kalian klik πŸ‘‰ Check for update.

    Check For Updates Windows11

  • Jika ditemukan adanya update terbaru, klik πŸ‘‰ Download now untuk mendownload file update terbaru. Setelah terdownload πŸ‘‰ lalu pilih Instal kemudian πŸ‘‰ klik Restart.

9. Disable Background Apps

Sama seperti ponsel, Windows juga memiliki aplikasi yang berjalan di latar belakang dan memakan banyak sumber daya. Menonaktifkan aplikasi latar belakang di pengaturan aplikasi dapat meningkatkan kinerja komputer windows 11.

Cara melnononaktifkan aplikasi latar belakang Windows 11 yaitu:

  • Buka pengaturan melalui pintasan keyboard Windows + I.

  • Kemudian pilih "Apps" pada menu item sebelah kiri lalu πŸ‘‰ pilih Apps & features.

  • Di bagian Apps & features sebelah kanan, kalian geser kebawah sampai menemukan aplikasi yang terintal pada komputer kalian. Selanjutnya kalian mengklik 3 (tiga) titik yang tesedia πŸ‘‰ lalu pilih Advanced Option.

    Advanced Option Apps & features

  • Dijendela Advanced Option ini pada menu "Background apps permissions" πŸ‘‰ terus pilihan drop down pilih Never.

    Disable Background Apps

10. Disable Virtualization Based Security (VBS)

Virtualization Based Security (VBS) adalah mekanisme di mana Windows menjaga komputer dan memberikan solusi dan informasi apabila terjadi pelanggaran sistem sehingga kode-kode yang berpotensi berbahaya tidak dapat menyusup dan melewatinya. 

Bagi kebanyakan pengguna komputer, opsi ini terlihat baru bagi mereka, tetapi bagi seorang pemain pro-gamer, pengaturan ini sudah biasa dan harus menonaktifkannya jika mereka ingin meningkatkan kinerja Windows mereka saat bermain game. Pada dasarnya, fitur Virtualization Based Security (VBS) di Windows 11 ini mampu melindungi OS dari kode dan malware yang tidak aman, namun ini mempengaruhi kinerja komputer saat diaktifkan.

Untuk menononaktifkan VBS dalam meningkatkan kinerja Windows 11, perhatikan langkah-langkah berikut:

  • Klik keyboard Windows dan cari Core Isolation.

  • Nonaktifkan "Toggle Memory Integrity", setelah itu restart komputer maka untuk kinerja komputer akan berubah menjadi lebih baik.

11. Jangan Menginstal Antivirus Pihak Ketiga

Ada banyak perangkat lunak antivirus pihak ketiga yang tersedia dan banyak orang benar-benar menginstal dan menjalankannya di sistem komputer mereka. Ada suatu masa di mana setiap pengguna Windows perlu menginstal program antivirus untuk memblokir malware dan virus. Namun saat ini, Microsoft telah meningkatkan sistem dan patch keamanan pada perangkat lunak Windows. Hal tersebut sudah lebih dari cukup untuk melindungi komputer kalian. 

Walaupun penggunaan antivirus alternatif membantu melindungi komputer secara maksimal, namun dapat memperlambat kinerja komputer. Penggunaan anti virus pihak ketiga ini tentunya berguna dalam beberapa kasus tertentu saja seperti saat kalian bekerja secara online dan secara teratur mengakses situs/web yang belum terjamin keamanannya, maka mungkin penting untuk menginstal antivirus yang bagus di komputer kalian.

12. Ganti hard drive Anda dengan SSD

Mengganti hard drive atau hardiskπŸ‘€ adalah salah satu langkah terakhir apabila setelah melakukan dan mengikuti semua tips dan langkah di atas, komputer masih belum menunjukkan perubahan performance/kinerja komputer kalian.  Mengganti disini, Admin maksud bukan mengganti hardisk lama dengan hardisk yang baru tetapi meningkatkan hardisk dari Hard Disk Drive (ATA, SATA) ke Solid State Drive (SSD).

Solid State Drive (SSD)πŸ‘€ adalah jenis perangkat yang lebih baru dan lebih cepat yang menyimpan data pada chip memori yang dapat diakses secara instan. Kecepatan boot dan loading SSD jauh lebih cepat daripada HDD.


Show Comments

Post a Comment for "Cara Membuat Windows 11 Lebih Cepat dan Optimal"