Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Mengenal Toolbox Controls VBA Excel dan Fungsinya

Mengenal Toolbox Controls VBA Excel dan Fungsinya

Mengenal Toolbox Controls VBA Excel dan Fungsinya - Toolbox Controls adalah salah satu item pada toolbar standart yang merupakan bagian dari komponen Toolbar pada Visual Basic Editor (VBE)πŸ‘€, yang terdiri dari sekumpulan icon tools yang digunakan untuk membuat suatu form data dimana setiap icon tersebut mempunyai tugas dan fungsinya masing-masing.

Toolbox Controls

Toolbox ini sering digunakan sebagai objek yang dimasukkan ke dalam userform untuk melakukan penginputan data berupa berupa teks, gambar, tanggal, mata uang, sekaligus digunakan sebagai  sebuah tombol eksekutor untuk menjalankan perintah makro yang dibuat. 

Untuk menampilkan toolbox ini, kalian cukup membuat 1 (satu) User Form baru, maka toolbox tersebut akan secara otomatis akan tampil, selain itu dapat juga di munculkan dengan mengklik item "Toolbox" yang terdapat pada toolbar standar VBE.

Berikut Toolbox Controls standar beserta fungsinya yang perlu kalian ketahui:

HTML Table Generator
Icon Jenis ToolBox Controls Fungsi ToolBox Controls
Select Object Select Object Select Object merupakan item di dalam Toolbox Controls yang bukan sebuah control untuk menyeleksi/memilih teks atau gambar. Select Object hanya dapat digunakan untuk memilih satu atau lebih object Toolbox Controls lainnya untuk dipindahkan, mengubah ukuran dan menyesuaikan pengaturannya di Properties.
Label Label Label merupakan item Toolbokx Controls untuk membuat suatu teks yang berisi keterangan dari fungsi toolbox lainnya. Label ini juga biasa saya gunakan untuk menampilkan suatu hasil dari perhitungan perkalian ataupun penjumlahan. Selain itu Label ini umumnya juga saya gunakan pada pada fungsi menu suatu aplikasi VBA Excel.
TextBox TextBox &TextBox merupakan item Toolbokx Controls untuk memasukkan data yang kita miliki baik itu berupa angka, huruf, karakter yang sesuai format yang dimungkinkan dalam Textbox.
ComboBox ComboBox ComboBox merupakan item Toolbox Controls untuk menampilkan satu kriteria data yang terdapat 2 (dua) atau lebih sub kriteria data yang kita miliki baik itu berupa angka, huruf, karakter yang sudah dibuat dan disusun sebelumnya untuk selanjutnya memilih salah satu dari susunan sub kriteria data tersebut. Fungsinya tidak jauh berbeda dengan Textbox, hanya pada ComboBox kita tidak perlu lagi mengetik data dan hanya memilih salah satu dari banyak data yang ditampilkan. ComboBox ini sangat bermanfaat apabila data tersebut banyak dan proses pengimputan datanya berulang.
ListBox ListBox ListBox merupakan item Toolbox Controls untuk menampilkan data yang telah tersimpan dalam database Worksheet Excel ke UserForm. Listbox juga sering saya gunakan sebagai tampilan data untuk mengubah maupun menghapus data yang tersimpan. Listbox juga dapat digunakan sebagai penyimpanan data sementara sebelum disimpan kedalam database Worksheet Excel.
CheckBox CheckBox CheckBox merupakan item Toolbox Controls yang fungsinya hampir sama dengan ComboBox. Yang berbeda adalah pada tampilan dan pilihan datanya. Pada ComboBox pilihan data hanya boleh memilih satu sub kriteria data tetapi pada CheckBox kita dapat memilih satu atau lebih bahkan semua sub kriteria data sesuai keperluan kita. Checkbox ini biasa juga digunaan sebagai bentuk persetujuan data.
OptionButton OptionButton OptionButton merupakan item Toolbox Controls yang fungsinya hampir sama persis dengan ComboBox, yang hanya boleh memilih satu dari sekian banyak pilihan kriteria data. OptionButton banyak digunakan dalam bentuk pilihan "benar salah", "jenis kelamin", "tingkat pendidikan", "status pernikahan", dan lain-lain.
ToggleButton ToggleButton ToggleButton merupakan item Toolbox Controls yang befungsi membuat sebuah tombol yang berfungsi seperti saklar menghidupkan dan mematikan. Digunakan biasanya untuk menyembunyikan atau menampilkan suatu object atau kriteria data.
Frame Frame Frame merupakan item Toolbox Controls yang umumnya digunakan sebagai bingkai dari suatu pengelompokan data ToolBox Controls tertentu yang sama tujuan datanya, sekaligus untuk memperindah tampilan UserForm VBA Excel.
CommandButton CommandButton CommandButton merupakan item Toolbox Controls yang berfungsi sebagai tombol untuk melaksanakan suatu perintah atau menampilkan kriteria data tertentu.
TabStrip TabStrip TabStrip merupakan item Toolbox Controls yang befungsi hampir sama dengan MultiPage yaitu untuk menentukan beberapa halaman untuk area yang sama dari jendela atau kotak dialog dalam satu UserForm VBA Excel.
MultiPage MultiPage MultiPage merupakan item Toolbox Controls yang berfungsi menyajikan beberapa layar informasi sebagai satu kesatuan dalam satu UserForm. Multipage ini mengurangi penggunaan UserForm yang banyak.
ScrollBar ScrollBar ScrollBar merupakan item Toolbox Controls yang digunakan dalam menavigasi suatu data yang panjang dan lebar yang melebihi tampilan data yang disediakan.
SpinButton SpinButton SpinButton merupakan item Toolbox Controls yang befungsi untuk melakukan pergeseran data yang ditampilkan.
Image Image Image merupakan item Toolbox Controls yang berfungsi menampilkan gambar grafis dari bitmap, ikon, atau metafile ke UserForm.
Itulah diatas beberapa tools controls yang sering digunakan dalam mmbuat sebuah aplikasi sederhana berbasis VBA Excel. Namun selain tools diatas masih ada beberapa tools yang juga sering ditemui dan digunakan seperti DateTime Picker dan MonthView. Setiap tools controls yang terdapat di dalam Toolbox Controls tersebut, masing-masing mempunyai fungsi dan kegunaannya sendiri. Semoga bermanfaat, Wassalam.


Show Comments

Post a Comment for "Mengenal Toolbox Controls VBA Excel dan Fungsinya"