Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Mengenal Operating System (OS) Pada Komputer Dan Mobile

Mengenal Operating System (OS) Pada Komputer Dan Mobile

Mengenal sistem operasi (operating system) pada komputer dan mobile - Saat ini kebanyakan orang pernah menggunakan bahkan banyak yang sudah memiliki komputer, laptop, tablet atau smartphone. Semua perangkat ini memiliki satu kesamaan yaitu  mereka menggunakan operating system (OS) untuk mengaktifkan semua fungsi yang terdapat didalam perangkat tersebut.

Operating System (OS) /Sistem Operasi Komputer dan Mobile

Operating System (Sistem Operasi) menyediakan antarmuka antara program aplikasi (software) dan perangkat keras (hardware), sehingga program aplikasi dapat berinteraksi dengan perangkat keras hanya dengan mematuhi aturan dan prosedur yang diprogram ke dalam sistem operasi.

{tocify} $title={Table of Contents}

OS juga merupakan seperangkat layanan yang menyederhanakan pengembangan dan pelaksanaan program aplikasi. Mengeksekusi program aplikasi melibatkan pembuatan proses oleh kernel yang menetapkan ruang memori dan sumber daya lainnya, menetapkan prioritas untuk proses dalam sistem multi-tugas, memuat kode biner program ke dalam memori, dan memulai eksekusi program aplikasi yang kemudian berinteraksi dengan pengguna dan dengan perangkat keras.

A. Apa itu Operating System (Sistem Operasi) ?

Operating System (Sistem Operasi) adalah suatu software (perangkat lunak) atau program yang bertindak sebagai interface (antarmuka) antara pengguna dan hardware (perangkat keras) yang melakukan tugas melakukan berbagai jenis fungsi termasuk penjadwalan tugas, pengelolaan sumber daya, pelaksanaan program dan menyediakan baris perintah atau antarmuka pengguna grafis (GUI) yang memungkinkan pengguna untuk melakukan tugas yang berbeda.

Operating System ini melakukan beberapa tugas dasar seperti manajemen file, manajemen memori, manajemen proses, menangani input dan output, dan mengendalikan perangkat periferal seperti disk drive dan printer.

Apa itu Operating System

B. Fungsi Dari Operating System (Sistem Operasi)

Secara umum Operating System (Sistem Operasi) pada perangkat seperti komputer dan mobile memiliki beberapa fungsi sebagai berikut:

1. Memory Management (Manajemen memori)

Memori adalah sumber daya hardware yang penting untuk perangkat komputasi apa pun yang membuat program tetap berjalan atau tetap aktif saat tidak digunakan. Di sini, sistem operasi yang mengarahkan sumber daya memori tersebut ke program perangkat komputer/mobile yang berbeda sekaligus menangani dan mengatur penggunaan memori agar tidak mengalami masalah.

Manajemen memori disini mengacu pada manajemen terhadap Primary Memory atau Main Memory (Memori Utama). Primary Memory atau Main Memory ini menyediakan penyimpanan cepat yang dapat diakses langsung oleh CPU. Untuk sebuah program yang akan dieksekusi, semuanya dilakukan di memori utama tersebut. 

Nah Sistem Operasi ini bertugas melakukan aktivitas manajemen memori seperti:

  • Menyimpan jejak memori utama, yaitu bagian mana yang telah digunakan, oleh siapa dan bagian mana yang tidak digunakan.

  • Dalam multiprogramming, Sistem Operasi memutuskan proses mana yang akan mendapatkan memori kapan dan berapa banyak yang digunakan.

  • Mengalokasikan ketika suatu proses sistem meminta penggunaan memori.

  • Menghentikan pengalokasian memori ketika suatu proses sistem tersebut tidak lagi membutuhkannya atau telah dihentikan.

2. Processor Management (Manajemen Prosesor)

Dalam lingkungan multiprogramming, Operating System (OS) berfungsi sebagai process scheduling dimana OS memutuskan proses mana yang mendapatkan prosesor kapan dan untuk berapa lama. Fungsi Sistem Operasi dalam melakukan manajemen prosesor yaitu:
  • Sebagai traffic controller yang menyimpan jejak prosesor dan status proses sistem yang terjadi.

  • Mengalokasikan prosesor (CPU) ke sebuah proses sistem.

  • De-alokasi prosesor ketika suatu proses tidak lagi diperlukan.

3. Device Management (Manajemen perangkat)

Sistem Operasi mengelola komunikasi antar perangkat melalui melalui masing - masing driver hardware (perangkat keras) tersebut. Jadi, fungsi dari OS dalam manajemen perangkat antara lain:

  • Sebagai I/O controller yang menyimpan lalu lintas yang terjadi dari semua hardware.

  • Memutuskan proses mana yang akan,kapan dan berapa lama perlu mendapatkan dukungan suatu hardware.

  • Mengalokasikan perangkat dengan cara yang efisien serta De-alokasi perangkat ketika tidak digunakan lagi.

4. File Management (Manajemen file)

Sistem file biasanya diatur ke dalam direktori untuk navigasi dan penggunaan yang mudah. Direktori ini mungkin berisi file dan arah lainnya. Sistem Operasi melakukan aktivitas berikut untuk manajemen file:

  • Melacak informasi, lokasi, penggunaan, status dll. Fasilitas kolektif sering dikenal sebagai sistem file.
  • Memutuskan siapa yang mendapatkan sumber daya.
  • Mengalokasikan sumber daya.De-mengalokasikan sumber daya.

C. Jenis- Jenis Operating System (Sistem Operasi)

Operating System (Sistem Operasi) terdiri dari berbagai jenis dan digunakan sesuai tempat, fungsi dan tujuan penggunaanya. Namun artikel ini hanya akan membahas khusus pada 2 (dua) jenis OS yaitu yang digunakan pada komputer dan mobile saja.

1. Operating System (Sistem Operasi) Komputer

OS yang paling banyak digunakan pada komputer baik itu PC Dekstop, laptop, notebook yaitu:

1.1. Macintosh (Mac)

Operating Systemi Macintosh (Mac OS) adalah sistem operasi (OS) yang dirancang oleh Apple Inc. untuk diinstal dan dioperasikan pada komputer seri Apple Macintosh. Diperkenalkan pada tahun 1984, ini adalah OS berbasis antarmuka pengguna grafis (GUI) yang sejak itu telah dirilis sebagai beberapa versi berbeda.

Mac OS dianggap sebagai pelopor sistem operasi berbasis GUI, karena diluncurkan ketika MS-DOS menjadi standar industri. Mac OS adalah OS yang sepenuhnya mampu yang menyediakan fungsionalitas dan layanan yang mirip dengan OS Windows atau Linux. Mac OS dirancang untuk beroperasi pada PC buatan Apple dan secara default, tidak mendukung arsitektur x86.

Pada tahun 2012, Mac OS merilis beberapa versi, termasuk Macintosh 128k, Mac OS 7, Mac OS X dan Mac Mountain Lion. Saat ini MAC merupakan OS terpopuler kedua setelah Windows namun menjadi komputer yang paling mahal dipasaran.

Operating Systemi Macintosh (Mac OS)

1.2. Windows

Windows adalah salah satu Operating System (OS) yang paling banyak digunakan saat ini. Pada tahun 1990 Windows dikeluarkan pertama kali  oleh Perusahaan Microsoft Corporation yang dinamai dengan windows 3.0 yang berbasis GUI. Ada banyak sekali versi yang dikeluarkan oleh windows tapi yang paling banyak digunakan belakangan ini yaitu versi: windows 7, windows 8, windows 10 dan sekarang dengan versi andalannya windows 11.

Selama tiga dekade terakhir, Windows telah menjadi sistem operasi paling populer untuk komputer pribadi. Hal ini dikarenakan banyak kemudahan yang didapatkan oleh user mulai dari antarmuka penggunaan grafis dimana secara default pada bagian desktop disediakan icon dan taksbar untuk mengakses program dengan mudah dan cepat.

Selain itu Windows juga menyediakan "File Explorer" yang memungkinkan pengguna untuk membuka banyak window, browse folder, dan membuka file maupun aplikasi. Sebagian besar versi Windows menyertakan menu Start, yang menyediakan akses cepat ke file, pengaturan, dan fitur pencarian Windows.

Tidak seperti Apple, Microsoft melisensikan OS ke beberapa produsen. Oleh karena itu, banyak perusahaan, seperti Dell, HP, Acer, Asus, Lenovo, menghadirkan komputer berbasis OS Windows.

Operating System (OS) Windows

1.3. Linux

Operating System (OS) Linux dikembangkan oleh Linus Torvalds pada tahun 1991 yang muncul dengan ide untuk meningkatkan OS UNIX. Dia menyarankan perbaikan tetapi ditolak oleh desainer UNIX. Oleh karena itu, ia berpikir untuk meluncurkan sebuah OS, yang dirancang sedemikian rupa sehingga dapat dimodifikasi oleh penggunanya.

Sistem operasi Linux (atau OS Linux) adalah OS open source, tersedia secara bebas yang dapat diinstal pada berbagai perangkat seperti desktop, server, smartphone dan tablet, superkomputer, konsol video game, dan perangkat yang dibuat secara khusus.

Berbeda dengan OS seperti Windows dan Mac yang memerlukan biaya lisensi, Linux justru mengacu pada fakta bahwa kode sumber yang mendasarinya dapat diunduh, digunakan, dimodifikasi, dan didistribusikan secara komersial atau non komersial oleh siapa pun di bawah persyaratan lisensinya masing-masing, seperti GNU General Public License.

Linux pada awalnya dikembangkan untuk komputer pribadi, tetapi sekarang telah di-porting ke lebih banyak platform daripada OS lainnya. Linux pada komputer desktop hadir dalam beberapa versi, atau distribusi (distro) yang berbeda. Beberapa distro yang populer adalah Ubuntu, Linux Mint, openSUSE, Fedora, dan Debian.

Operating System (OS) Linux

1.4. Chrome

Operating System (OS) Chrome adalah sistem operasi yang diluncurkan oleh Google yang dirancang untuk pengguna yang menghabiskan banyak waktu mereka di Internet menggunakan aplikasi Web yang khusus dirancang dengan prinsip utama mengutamakan kecepatan, kemudahan penggunaan, dan keamanan.

Karena OS ini secara eksklusif ditujukan untuk pengguna Web intensif, satu-satunya aplikasi yang disertakan dalam Chrome OS adalah browser Web yang menggabungkan pemutar media dan browser file. 

Keuntungan utama dari sistem operasi ini adalah penjelajahan Web yang sangat cepat dan kecepatan loading yang menurut Google hanya membutuhkan waktu sekitar delapan detik. Selain itu juga dilengkapi dengan pemindaian anti-virus dan kemampuan untuk mendeteksi situs web yang berpotensi berbahaya.

Chrome OS menjalankan banyak aplikasi berbasis Web, tetapi tidak menjalankan perangkat lunak pada PC konvensional. Saat ini pengembang Chrome OS sedang dalam proses mengembangkan layanan gratis yang disebut Chromoting, yang akan memungkinkan pengguna Chrome OS untuk mengakses desktop dan Mac mereka dari jarak jauh.

Operating System (OS) Chrome

2. Operating System (Sistem Operasi) Mobile

Sebagai salah satu dari jenis mikro komputer๐Ÿ‘€, ponsel tentunya juga memiliki operating system (OS) layaknya komputer. Saat ini ada beberapa jenis OS yang telah digunakan dalam Ponsel Pintar sebagai berikut:

2.1. IOS

IOS adalah sistem operasi seluler yang dibuat oleh Apple dan digunakan pada perangkat iPhone, iPad, dan iPod touch. Awalnya dikenal sebagai iPhone OS yang kemudian diubah menjadi iOS saat memperkenalkan/peluncuran salah satu produk apple yaitu iPad. Namun sejak tahun 2019, iPad kemudian dibuatkan OS tersendiri yang diberi nama dengan iPadOS.

IOS awalnya diluncurkan pada 2007 untuk iPhone, yang kemudian diperluas untuk mendukung perangkat Apple lainnya seperti iPod Touch (September 2007) dan iPad (Januari 2010).

Operating System (OS) IOS

2.2. Android

Sistem operasi Android adalah sistem operasi seluler yang dikembangkan oleh Google untuk digunakan terutama untuk perangkat layar sentuh, ponsel, dan tablet. Desainnya memungkinkan pengguna memanipulasi perangkat seluler secara intuitif, dengan gerakan jari yang mencerminkan gerakan umum, seperti mencubit, menggesek, dan mengetuk.

OS Android awalnya dibuat oleh Android, Inc., yang dibeli oleh Google pada tahun 2005. Google bekerja sama dengan perusahaan lain untuk membentuk Open Handset Alliance (OHA), yang bertanggung jawab atas pengembangan berkelanjutan dari OS Android.

Operating System (OS) Android 

Nah, itulah beberapa Operating System (OS) yang banyak digunakan saat ini baik pada komputer dan mobile smartphone. Untuk komputer ada 4 (empat) OS yang yang banyak dikenal orang yaitu Mac, Windows, Linux dan Chrome sedangkan pada mobile umumnya masih menjadi persaingan antara IOS Apple dan Android Google. Semoga bermanfaat, Wassalam.


Show Comments

Post a Comment for "Mengenal Operating System (OS) Pada Komputer Dan Mobile"