Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
 Belajar Autodidak Makro VBA Excel Untuk Pemula

Belajar Autodidak Makro VBA Excel Untuk Pemula

Belajar Autodidak Makro VBA Excel Untuk Pemula - Beberapa waktu lalu Admin belajar membuat sebuah aplikasi sederhana berbasis VBA Excel. Berawal dari sebuah keinginan untuk mencari sebuah aplikasi yang dapat membantu meringankan beban pekerjaan tanpa mengeluarkan biaya (beli maksudnya😁).

Belajar VBA Excel

Namun setelah seharian buka tutup pencarian mbah google, tidak menemukan satupun aplikasi yang berhubungan atau yang Admin cari. Setelah menyerah mencari, tanpa sengaja membuka salah satu video di Youtube yang membahas tentang VBA Excel dasar. Dari situlah mulai belajar sedikit demi sedikit hingga akhirnya mampu memahami dan membuat sebuah aplikasi sederhana berbasis VBA Excel yang Admin inginkan.

Untuk itu melalui Blog Buttta Toa ini, Admin mencoba berbagi ilmu yang diperoleh dengan membuat beberapa tutorial tentang VBA Excel mulai dari dasar hingga menjadi sebuah aplikasi sederhana. Berharap teman-teman pemula yang belum mengenal tentang hal ini, dapat belajar secara autodidak hingga mampu memahami tanpa harus belajar secara khusus seperti kursus dan lainnya.

{tocify} $title={Table of Contents}

Karena keterbatasan waktu dan tempat, tutorial akan disajikan melalui beberapa artikel yang dibagi kedalam beberapa tema bahasan dan untuk kali ini kita langsung masuk ke tema pertama "Pengenalan VBA Excel" yang membahas beberapa hal yaitu:

A. Apa Itu VBA Excel?

VBA adalah sebuah singkatan dari Visual Basic for Aplication, sementara Excel diambil dari kata Microsoft Excel. Visual Basic for Application (VBA) adalah sebuah turunan dari bahasa pemrograman yang dikenal dengan nama "Visual Basic" yang dikembangkan oleh Microsoft. Berbeda dengan Visual Basic (VB) yang mampu berdiri dan berjalan sendiri, VBA ini justru harus menumpang pada sebuah inang yaitu Microsoft Office.

Saat ini VBA sudah mendukung hampir semua program yang terdapat dalam Microsoft Office, seperti Microsoft Excel, Microsoft Access, Microsoft Word, Microsoft Outlook, Microsoft FrontPage, Microsoft PowerPoint dan Microsoft Visual Studio.

Oleh karena yang kita pelajari kali ini adalah Visual Basic for Application (VBA) yang digunakan pada Microsoft Excel maka disebut VBA Excel.

B. Fungsi/Manfaat VBA Excel

Menggunakan VBA Excel  dalam suatu pekerjaan memiliki beberapa fungsi/manfaat yang bisa kita dapatkan diantaranya:

1. Membuat Aplikasi

Dengan menggunakan makro VBA, kita dapat membuat suatu aplikasi yang dapat membantu memudahkan dan mempercapat suatu pekerjaan. Walaupun masih memiliki kekurangan seperti dari segi keamanan, aplikasi berbasis VBA Excel menjadi salah satu alternatif aplikasi yang bisa dikembangkan karena mudah dipahami dan dipelajari oleh orang awam sekalipun.

2. Otomatisasi Tugas 

Dapat memudahkan pekerjaan yang sebelumnya seringkali dilakukan secara berulang dan memerlukan waktu yang lama, kini menjadi lebih mudah, cepat dan bahkan bisa dibuat secara otomatis hanya dengan menerapkan beberapa perintah makro.

3. Pengembangan Fungsi Worksheet

Dengan menggunakan makro VBA, kita dapat memasukkan beberapa formula yang tidak disediakan di Microsoft Excel Basic, sehingga fungsi dari worksheet bisa dikembangkan bahkan dapat membuat suatu Add-In untuk digunakan dalam Microsoft Excel Basic.

C. Pengenalan Istilah Dalam VBA Excel

Beberapa istilah-istilah yang diberikan dibawah ini akan sering kalian temui dalam VBA Excel. Untuk itu perlu adanya pengenalan istilah tersebut agar kalian lebih mudah memahami nantinya. Beberapa istilah tersebut antara lain:

1. Makro

Makro adalah sederetan kode yang menggunakan bahasa pemograman yang berisi suatu perintah untuk menjalankan tugas sesuai yang diperintahkan secara otomatis. Untuk membuat kode makro ini, kalian harus masuk terlebih dahulu kedalam Visual Basic Editor (VBE) dan menuliskannya di Code Window.

2. Worksheet dan Workbook

Worksheet adalah lembar kerja di microsoft excel untuk melakukan penginput data, membuat tabel dan chart, dan lainnya yang secara visual memproyeksikan tujuan utama dari data awal yang di masukkan. Secara default otomatis terdapat 3 (tiga) worksheet dari setiap workbook yang dibuat.

Sedangkan Workbook adalah kumpulan dari worksheet (bisa 1 atau lebih) yang dijadikan sebagai tempat penyimpanan data atau informasi yang dibuat di microsoft excel.

Woorksheet dan Woorkbook

3. Row dan Column

Row (baris) adalah bagian dari worksheet (lembar kerja) yang melintang mendatar ke samping (horizontal) dan ditandai dengan angka 1, 2, 3 hingga 1.048.576. Sedangkan Column (kolom) adalah bagian dari worksheets (lembar kerja) yang melintang vertikal ke atas dan ditandai dengan huruf A, B, C, dan seterusnya sampai XFD.

4. Cell dan Range

Cell (sel) adalah kotak kecil di lembar kerja yang merupakan titik temu antara Baris dan Kolom. Sedangkan Range (rentang) adalah pertemuan antara Baris dan Kolom atau bisa dikatakan kombinasi dari beberapa sel di Microsoft Excel, baik dalam satu atau lebih baris dan kolom.

5. Active Cell

Active Cell adalah cell terpilih yang digunakan untuk memasukkan data. Saat membuka sebuah worksheet, sel aktif akan langsung mengarah ke cell A1. Setiap kali akan memilih suatu Cell, itu akan otomatis menjadi Acetive Cell.

6. Tab Developer

Tab Developer (tab pengembang) adalah salah satu tab menu pada microsoft excel yang digunakan untuk mengakses fungsi dari Visual Basic, Macro, Add-Ins dan Control Tools Visual Basic Editor. Secara default tab ini tidak ditampilkan, maka jika kalian ingin mengakses VBE maka perlu mengaktifkan tab developer👀 tersebut.

Kolom, Baris, Sel, Range, Tab Developer dan Active Cell

7. Visual Basic Editor (VBE)

Visual Basic Editor adalah aplikasi yang terpisah namun terintegrasikan kedalam Microsoft Excel yang digunakan sebagai media untuk membuat, menulis, memodifikasi, atau menjalankan prosedur dan modul makro VBA Excel. 

Di dalam VBE ini, terdapat beberapa bagian utama dan setiap bagian utama visual basic editor👀 ini mempunyai fungsi dan kegunaan tersendiri.

Visual Basic Editor

8. Code Window

Code Window (jendela kode) adalah salah satu dari bagian dari VBE yang digunakan untuk menuliskan, memodifikasi perintah makro VBA.

Code Window dan Makro

9. ToolBox Controls

ToolBox Controls  adalah bagian dari Toolbar VBE yang digunakan untuk membuat suatu objek atau komponen input maupun output data dalam VBA Excel.

ToolBox Controls


Untuk tutorial "Pengenalan VBA Excel" Part 1 ini, Admin akhirkan sampai disini dulu, mudah-mudahan pengenalan dasar Visual Basic for Application ini dapat dipahami oleh teman-teman semua. Kita tidak membahas secara terperinci karena seperti yang sebelumnya Admin sampaikan, tutorial ini dibuat agar teman-teman yang masih awam dapat mempelajari mengenai VBA Excel secara autodidak dengan cepat.

Lain waktu dan kesempatan, di artikel berikutnya akan kita lanjutkan kembali dengan pembahasan yang lain. Semoga bermanfaat, Wassalam.


Show Comments

Post a Comment for " Belajar Autodidak Makro VBA Excel Untuk Pemula"