Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Elemen dan Komponen Dasar Sebuah Komputer

Elemen dan Komponen Dasar Sebuah Komputer

Komponen Dasar Sebuah Komputer - Dunia saat ini adalah dunia yang kaya akan informasi dan sudah menjadi keharusan bagi semua orang untuk mengetahui tentang komputer. Komputer adalah perangkat pemrosesan data elektronik, yang menerima dan menyimpan input data, memproses input data, dan menghasilkan output dalam format yang diperlukan.

Elemen dan Komponen Dasar Sebuah Komputer

{tocify} $title={Table of Contents}

Komputer diera teknologi modern sekarang sudah menjadi suatu kebutuhan sehingga saat ini pelajaran tentang komputer telah mulai diperkenalkan dalam kurikulum akademik sekolah tingkat lanjut. Komputer saat ini digunakan untuk menyimpan berbagai catatan, mengirim email, membayar tagihan, menonton film, menulis catatan, bermain game, berbelanja online, dan untuk berbagai keperluan lainnya.  Malah, dengan bantuan internet, komputer dapat terhubung melalui jaringan dengan lainnya di seluruh dunia, sekaligus berguna untuk mengakses informasi melaui internet dengan mudah dan cepat.

A. Apa Itu Komputer?

Komputer adalah perangkat elektronik yang menerima dan memanipulasi informasi dan data lalu mengolah dan memprosesnya menjadi informasi/data yang berguna.

Komputer secara khusus dirancang untuk menjalankan aplikasi dan menyediakan berbagai solusi melalui komponen hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak) yang terintegrasi. Komputer bekerja melalui bantuan program serangkaian digit biner dan juga memori yang menyimpan data, program, dan hasil pemrosesan.

B. Fungsi dan Manfaat Komputer

1. Fungsi Komputer

  • Melakukan perhitungan yang panjang dan rumit yang apabila dikerjakan secara manual mungkin yang mungkin membutuhkan waktu berjam-jam untuk diselesaikan, dengan menggunakan komputer dapat dilakukan dalam hitungan detik saja;
  • Mengurangi tenaga kerja manual, sehingga mengurangi cost (biaya) tenaga kerja dan produksi;
  • Membuat penyimpanan informasi lebih mudah, aman dan nyaman dan dapat bertahan bertahun-tahun lamanya;
  • Memberikan hasil output yang cepat dan akurat akurat selama input data yang dimasukkan tidak memiliki kesalahan.

2. Manfaat Komputer

  • Menggunakan komputer dapat mnghemat waktu dan mampu menyelesaikan segala urusan dengan cepat dan akurat.
  • Dapat digunakan menyimpan data mudah, aman dengan kapasitas yang besar.
  • Bisa dijadikan sebagai alat menghasilkan uang dengan menyewakan rental pengetikan, jasa printing, desain grafis, video editor dan laln-lain;
  • Sebagai media hiburan karena dapat digunakan untuk menonton film, mendengarkan music, dan lain-lain

C. Jenis - Jenis Komputer

Komputer memiliki berbagai macam jenis sesuai dengan kapasitas dan fungsi yang diterapkan didalamnya. Namun, secara garis besar komputer dapat dibagi kedalam 4 kategori yaitu:

1. Super Computer 

Super Computer adalah sebuah komputer yang digunakan untuk memproses sejumlah besar data sekaligus. Komputer jenis ini, sebagian besar digunakan dalam sebuah penelitian ilmiah dan rekayasa teknologi di mana setiap pemrosesannya datanya sangat rumit dan memerlukan biaya dan sumber daya yang sangat besar.

Super Computer

Mereka memiliki kapasitas penyimpanan yang besar dan kecepatan komputasi sehingga mampu melakukan jutaan instruksi per detiknya.

Komputer jenis ini banyak digunakan untuk tugas khusus dan memiliki sistem aplikasi khusus yang memang dibuat bukan untuk tujuan komersial tetapi sering kali dipakai untuk disiplin ilmu dan teknik termasuk aplikasi dalam elektronik, teknik perminyakan, prakiraan cuaca, kedokteran, penelitian ruang angkasa dan lainnya.

2. Mainframe Computer

Mainframe Computer adalah komputer yang dirancang untuk digunakan di perusahaan dan organisasi besar di mana banyak orang harus bekerja pada database yang sama serta menyimpan dan memproses data dalam jumlah besar sekaligus dalam setiap detiknya.

Mainframe Computer

Komputer jenis ini banyak digunakan dipakai oleh penyedia layanan hosting, perbankkan, universitas, dan perusahaan yang bergerak dibidang asuransi dimana masing-masing menggunakan komputer mainframe untuk menyimpan data pelanggan, mahasiswa, dan pemegang polis.

3. Workstation Computer

Workstation Computer adalah komputer dengan spesifikasi tinggi yang fungsinya digunakan untuk keperluan pekerjaan seperti perhitungan ilmiah, teknik dan menghubungkan komputer satu dengan lainnya atau terhubung dengan komputer server.

Workstation Computer

4. Micro Computer

Micro Computer adalah komputer yang dirancang untuk penggunaan pribadi dan organisasi/perusahaan skala kecil. Jenis komputer ini dapat dengan mudah dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain. Mereka memiliki area penyimpanan pribadi, unit input & output, dan Unit Pemrosesan Pusat. Contoh untuk komputer mikro adalah desktop, laptop, ponsel, kalkulator dan lain-lain.

Micro Computer

B. Elemen dan Komponen Dasar Sebuah Komputer

Sebuah komputer terdiri dari 3 (tiga) Elemen Dasar yang terdiri dari Hardware (perangkat keras), Software (perangkat lunak), dan yang terakhir Brainware (operator). Tidak ada komputer yang dapat berfungsi tanpa adanya elemen dasar tersebut.

1. Hardware (Perangkat Keras)

Elemen hardware (perangkat keras) dalam sebuah komputer terbagi kembali kedalam 3 komponen dasar yaitu:

1.1. Input Unit

Input Unit adalah komponen komputer yang bertanggung jawab untuk menangkap input dari pengguna untuk memerintahkan atau menginstruksikan komponen lain dari komputer. Proses ini memberikan petunjuk kepada komputer tentang komponen apa yang harus bekerja dan membiarkan komponen berikutnya memutuskan bagaimana membuat hasil untuk input yang diberikan.

Perangkat komputer yang berfungsi sebagai input unit antara lain:

  • Keyboard
  • Mouse
  • Microphone
  • Touch Screen
  • Light Pen
  • Web Camera
  • Joystick

Input Unit Komponen Komputer

1.2. Output Unit

Output Unit adalah komponen komputer yang digunakan untuk memberikan hasil yang diproses kepada pengguna/pemakai berdasarkan input yang diberikan oleh pengguna/pemakai komputer itu sendiri. Perangkat yang menangani pemrosesan output harus mampu mengirimkan semua jenis data atau kombinasi tipe data pada unit tampilannya, termasuk teks, angka, gambar, audio, video, gif, dan lain-lain.

Perangkat komputer yang berfungsi sebagai output unit antara lain:

  • Monitor
  • Printer
  • Speaker

Output Unit Komponen Komputer

1.3. Central Processing Unit (CPU)

Central processing unit ini terdiri dari tiga macam kategori komponen berdasarkan tugas dan fungsinya yaitu:

  • Memory Unit adalah komponen komputer yang digunakan untuk berbagai tujuan seperti penyimpanan data (storage device)πŸ‘€ yang diterima dari berbagai perangkat input, menyediakan ruang yang diperlukan untuk menangani aktivitas komputasi, menyimpan penghitungan sebelumnya, menyimpan ruang untuk aktivitas mendatang, buffering informasi sementara, dan lain-lain. Perangkat komputer yang berfungsi sebagai Memory Unit antara lain:
  • Control Unit adalah komponen komputer yang paling rumit dalam komponen pemrosesan sistem komputer, yang bertanggungjawab menerima data mentah dari komponen input unit, dan melakukan aktivitas dalam format terkontrol, sesuai dengan petunjuk yang diberikan oleh operator komputer. Perangkat komputer yang berfungsi sebagai Control Unit antara lain:
  • Motherboard
  • VGA Card
  • Sound Card
  • Switched ModePower Supply 
  • Arithmetical and Logical Unit adalah komponen komputer yang memainkan peran penting dalam cara kerja perangkat komputer, di mana operasi yang relevan dan fungsi logis disimpulkan. Unit ini bekerja sama dengan unit komponen lain dalam komputer dengan menggunakan informasi input dari unit input dan dengan menggunakan unit memori/kontrol untuk melakukan berbagai pekerjaan untuk mencapai hasil akhir yang sempurna. Perangkat komputer yang berfungsi sebagai Arithmetical and Logical Unit disebut Prosessor.

Central Processing Unit (CPU)

2. Software (Perangkat Lunak)

Software adalah sekumpulan instruksi, data, atau program yang digunakan untuk mengoperasikan komputer dan menjalankan tugas-tugas tertentu. Dalam istilah yang lebih sederhana, perangkat lunak memberi tahu komputer cara berfungsi dengan baik dan benar. 

Software ini merupakan istilah umum yang digunakan untuk merujuk pada aplikasi, skrip, dan program yang berjalan di perangkat seperti peronal computer (PC), ponsel, tablet, dan perangkat pintar lainnya. Tanpa perangkat lunak, kebanyakan komputer tidak akan berguna.

Jenis software (perangkat lunak) ini ada 2 jenis yaitu:

  • Application software (software aplikasi) adalah perangkat lunak yang membantu pengguna untuk menyelesaikan tugas seperti melakukan penelitian, membuat catatan, menyetel alarm, mendesain grafik, atau menyimpan log akun dan sebagainya.

    Application software (software aplikasi)

    Jenis perangkat lunak ini kadang-kadang disebut sebagai perangkat lunak non-esensial karena diinstal dan dioperasikan berdasarkan kebutuhan pengguna. Contoh software jenis ini seperti microsoft office, corel draw, photoshop dan lain-lain.

  • System software (software sistem) adalah perangkat lunak yang membantu pengguna, hardware (perangkat keras), dan application software berinteraksi dan mendukung fungsi satu sama lain. Application software bertindak sebagai mediator atau lapisan tengah antara pengguna dan hardware (perangkat keras).

    System software (software sistem)

    Tidak seperti application software, system software berjalan di latar belakang perangkat. Application software digunakan untuk menulis, mengembangkan, menguji, dan men-debug perangkat lunak lain, termasuk application software. Contoh software ini seperti Aplikasi sistem OS seperti windows, linux, dan juga aplikasi driver seperti BIOS driver, VGA driver, Mainboard driver dan lain-lain.

3. Brainware (Operator)

Brainware adalah orang yang menjalankan, menggunakan, memanfaatkan serta mengoperasikan komputer. Brainware berdasarkan pekerjaan yang dilakukan dapat dibedakan menjadi:

  • Programmer
  • Operator komputer
  • Teknisi komputer
  • Administrator
  • Database administrator
  • Konsultan 
  • Spesialis jaringan 
  • Pembuat desain grafis
 
Demikian artikel mengenai elemen dan komponen dasar dari sebuah komputer. Berharap kalian sudah dapat memahami tentang komputer, jenis dan fungsi komputer maupun komponen/perangkat yang diperlukan dalam menyusun sebuah komputer. Semoga bermanfaat, Wassalam.


Show Comments

Post a Comment for "Elemen dan Komponen Dasar Sebuah Komputer"