Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Telah Dibuka Kartu Prakerja 2022 Ayo Daftar Segera

Telah Dibuka Kartu Prakerja 2022 Ayo Daftar Segera

Telah Dibuka Kartu Prakerja 2022 Ayo Daftar Segera - Program Kartu Prakerja merupakan bagian dari Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sektor perlindungan sosial. Masyarakat yang memanfaatkan program ini, mendapatkan berbagai pelatihan keterampilan kerja dan kewirausahaan yang dapat menjadi bekal hidup selama dan pasca pandemi covid 19.

Kartu Prakerja

{tocify} $title={Table of Contents}

Setelah Pendaftaran Kartu Prakerja disetujui dan Penerima Kartu Prakerja telah mendapatkan konfirmasi besaran Bantuan Pelatihan, Penerima Kartu Prakerja akan mendapatkan Kartu Prakerja dalam bentuk digital dan Penerima Kartu Prakerja dapat menggunakan Kartu Prakerja sebagai metode pembayaran untuk membeli atau membayar biaya satu atau lebih Pelatihan melalui Platform Digital.

A. Apa itu Kartu Prakerja?

Program Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja/buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja, dan/atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi sedangkan Kartu Prakerja adalah kartu penanda atau identitas yang diberikan kepada penerima manfaat Program Kartu Prakerja.

B. Syarat Mendapatkan Kartu Prakerja

  1. Warga negara Indonesia (WNI) yang  berusia paling rendah 18 (delapan belas) tahun dan tidak sedang mengikuti pendidikan formal;

  2. Merupakan angkatan pencari kerja, korban PHK atau yang dirumahkan;

  3. Bukan penerima bantuan sosial lainnya selama terjadinya pandemi Covid-19;

  4. Bukan Aparat Sipil Negara (ASN), TNI/POLRI DPR/DPRD, BUMN/BUMD, Kepala Desa dan Perangkatnya, serta Pejabat dalam lingkungan BUMN/BUMD;

  5. Selain itu, hanya diperbolehkan maksimal 2 NIK yang menjadi Penerima Kartu Prakerja dalam dalam 1 Kartu Keluarga.

Persyaratan Kartu Prakerja

C. Cara Mendaftar Kartu Prakerja 2022

1. Pertama kalian harus memiliki email aktif untuk melakukan pendaftaran. Jika belum memiliki kalian silahkan membuatnya terlebih dahulu.

2. Setelah kalian login melalui www.prakerja.go.id

3. Bagi yang belum memiliki akun kartu prakerja silahkan daftar terlebih dahulu melalui menu seperti gambar yang ditandai dibawah ini:

Daftar Akun Kartu Prakerja

Hal yang perlu kalian lakukan disini yaitu:

  • Masukkan email aktif kalian pada kolom seperti pada gambar diatas point (1);

  • Bila kalian belum pernah mendaftarkan email kalian sebelumnya maka akan diarahkan untuk mengisi form pendaftaran seperti pada gambar diatas point (2). Isi email yang akan kalian daftarkan, masukkan password minimal 8 karakter yang terdiri dari minimal satu huruf kapital (besar), huruf kecil dan angka, Contoh password : Buttatoa83;

  • Ulangi masukkan password kalian pada kolom yang ketiga;

  • Jangan lupa centang persetujuan pendaftaran;

  • Klik Daftar;

  • Setelah itu kalian diarahkan untuk cek email dan melakukan verifikasi email.

Verifikasi Email

  • Setelah lakukan verifikasi email, kalian akan di minta untuk mengisi profil data kalian. Disini kalian perlu menyiapkan KTP dan Kartu keluarga. Isi seluruh data yang diminta dengan benar hingga selesai.

Pengisian Data Form Pendaftaran

  • Selanjutnya kalian hanya mengikuti langkah-langkah berikutnya yang diminta.

4. Untuk yang sudah pernah memilki akun kartu prakerja, kalian masukkan email yang pernah kalian daftarkan sebelumnya pada menu seperti gambar diatas point (1) dan kalian akan langsung diarahkan ke menu berikutnya yaitu verifikasi E-KTP. Jika tidak diarahkan langsung kesana dan malah diarahkan ke form pendaftaran, kalian cukup klik masuk disini seperti gambar diatas point (3).

5. Setelah berhasil login/masuk, kalian diarahkan untuk menferivikasi E-KTP kalian. Lalu pilih dan klik Unggah Foto e-KTP dan kalian akan diarahkan untuk melakukan photo E-KTP. Untuk mendapatkan hasil yang bagus dan terverifikasi kalian perlu lakukan hal berikut:

  • Gunakan E-KTP atas nama kalian sendiri, bukan orang lain. (Pelaku pemalsuan akan mendapatkan sanksi hukum mengenai Kitab Undang-Undang Hukum Pidana dan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik) 

  • E-KTP kalian jangan sampai rusak, karena kerusakan yang ada bisa mempengaruhi identitas kalian yang ada pada E-KTP menjadi tidak terlihat dengan jelas. Identitas yang tidak terlihat dan terbaca dengan jelas akan ditolak oleh sistem.

  • Lakukan photo dengan baik, jangan sampai terpotong yang mempengaruhi pembacaan identitas kalian.

  • Jangan gunakan flash saat photo karena flash kadang membuat photo memilki efek berkilau/terang sehingga identitas photo terlihat tidak jelas atau buram.

  • Lakukan photo pada tempat yang memiliki pencahayaan yang baik, jangan ditempat yang minim pencahayaan.

Verifikasi E-KTP

Kirim Photo E-KTP

6. Setelah kalian mengirim verifikasi photo E-KTP kalian, selanjutnya akan diarahkan untuk memjawab beberapa pertanyaan seperti pada gambar dibawah ini:

Test Kartu Prakerja

7. Jawab setiap test pertanyaan tersebut sampai selesai. Setelah selesai kalian akan diminta bergabung dalam gelombang pelatihan yang sudah terbuka. Pilih sesuai dengan pilihan yang telah kalian buat saat melakukan pendaftaran. Setelah memilih bergabung, kalian tinggal menunggu persetujuan apakah lolos atau gagal seleksi dalam program kartu prakerja kali ini.


Demikian sedikit tutorial cara melakukan registrasi pendaftaran dan cara mengikuti gelombang pelatihan Kartu Prakerja Tahun 2022 kali ini. Semoga bermanfaat, Wassalam.


Show Comments

Post a Comment for "Telah Dibuka Kartu Prakerja 2022 Ayo Daftar Segera"