Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Apa Itu Hard Disk - Jenis dan Fungsi Hard Disk

Apa Itu Hard Disk - Jenis dan Fungsi Hard Disk

Apa Itu Hard Disk - Jenis dan Fungsi Hard Disk - Komputer menggunakan dua jenis perangkat penyimpanan untuk menyimpan dan memproses konten digital seperti dokumen, gambar, video, software (perangkat lunak), sistem operasi, program dan lain-lain.

Jenis dan Fungsi Hard Disk

Yang pertama adalah Hard Disk yang berfungsi sebagai perangkat memori sekunder sekaligus tempat penyimpanan data secara permanen dan kedua yaitu primary memory device (RAM) dimana berfungsi untuk memproses program komputer.

{tocify} $title={Table of Contents}

Hard Disk dipandang sebagai komponen penting dari sebuah komputer karena tidak ada komputer yang bisa bekerja tanpanya. Jadi pertama-tama mari kita ketahui, apa yang disebut hard disk dan kemudian kita akan manfaat hard disk itu sendiri.

A. Apa Itu Hard Disk?

Hard Drive atau saat ini lebih dikenal dengan sebutan Hard Disk dan kadang disingkat menjadi Hardisk adalah perangkat yang menyimpan semua software (perangkat lunak) yang diinstal pada sebuah komputer, serta data file yang dibuat dan digunakan oleh software tersebut. Hal ini termasuk semua dokumen yang telah kalian buat dan download. 

Hard drive adalah salah satu dari beberapa Storage Device๐Ÿ‘€ (perangkat penyimpanan data) yang terdapat atau dapat digunakan dalam sebuah komputer. Hard Drive atau Hardisk ini merupakan perangkat penyimpanan data yang bersifat permanen, bukan penyimpanan memori sementara seperti Random Access Memory (RAM)๐Ÿ‘€

Ini berarti bahwa saat kalian mematikan komputer, file akan tetap tersimpan dengan aman di Hardisk sehingga kalian dapat melihat dan menggunakannya saat menyalakan komputer menyala kembali. Berdasarkan tipe penyimpanannya, hardisk dapat dibagi menjadi 2 bagian yaitu :

1. Hard Disk drive (HDD), merupakan perangkat penyimpanan data yang menggunakan satu atau lebih cakram yang berputar dan bergantung pada penyimpanan magnetik.

2. Solid State Drive (SSD), merupakan perangkat penyimpanan data yang menggunakan memori flash NAND seperti jenis yang ditemukan di USB flash drive (Flashdisk).

B. Fungsi Hard Disk

Fungsi utama dari sebuah Hard Disk adalah untuk menyimpan data komputer secara permanen dimana secara umum untuk menyimpan 2 jenis data yaitu :

1. Menyimpan file Sistem Operasi Komputer seperti MS DOS, Windows, MacOS, Linux dan lain-lain.

2. Menyimpan file database yang bisa bersumber dari file pribadi, dokumen, software, photo, music, Video dan lain-lain.

C. Jenis - Jenis Hard Disk

1. Parallel Advanced Technology Attachment (PATA)

Parallel Advanced Technology Attachment (PATA) adalah jenis hardisk yang paling tertua yang ada. Pertama kali diperkenalkan dipasaran dan digunakan sekitar tahun 1986. Hard Disk PATA menggunakan standar antarmuka ATA agar bisa terhubung ke dalam komputer. PATA sebelumnya dikenal dengan nama Integrated Drive Electronics (IDE). PATA adalah hard disk dengan kecepatan sedang, dimana hanya memiliki kecepatan transfer data hingga 133 MB/s.

Hard Disk SATA

2. Serial Advanced Technology Attachment (SATA)

Di sebagian besar komputer dan laptop, Hard Disk jenis ini masih paling sering dijumpai saat ini. Dengan kapasitas yang bisa menampung data yang cukup besar ditambah hatga yang terjangkau, Hard Disk SATA masih menjadi piliha utama. Kecepatan Hard Disk SATA jauh lebih tinggi dari pada Hard Disk PATA dalam hala transfer data, dimana kecepatannya bisa mencapai dari 150 MB/s hingga 600 MB/s. 

Kabel SATA sangat tipis dan fleksibel, yang membuatnya jauh lebih baik daripada kabel PATA.  Hal ini menyebabkan Hardisk SATA jauh lebih unggul daripada Hard Disk SATA dalam banyak hal.

Hard Disk SATA

3. Small Computer System Interface (SCSI)

Small Computer System Interface (SCSI) adalah jenis koneksi yang pernah populer untuk penyimpanan dan perangkat lain di PC. Istilah ini mengacu pada kabel dan port yang digunakan untuk menghubungkan jenis hard drive tertentu, drive optik, pemindai, dan periferal perangkat lainnya ke komputer.

Standar SCSI tidak lagi umum di perangkat keras konsumen, tetapi Anda masih akan menemukannya digunakan di beberapa lingkungan server bisnis dan perusahaan. Sebagian besar produsen komputer saat ini telah berhenti menggunakan pemakaian SCSI onboard pada komputer, dan mengganti dengan yang jauh lebih populer seperti USB dan FireWire untuk menghubungkan perangkat eksternal ke komputer.

Hardisk SCSI

4. Solid State Drives (SSD)

Solid State Drives (SSD)๐Ÿ‘€ adalah salah satu drive terbaru saat ini yang jauh lebih baik dan lebih cepat daripada semua perangkat hard disk lainnya. SSD menggunakan teknologi memori flash NAND untuk menyimpan data dengan kecepatan akses data yang sangat cepat.

Sebuah SSD melakukan fungsi dasar yang sama seperti hard drive, yang membedakannya adalah pada SSD data tersimpan pada chip flash memory dan keunggulan yang lain yaitu mampu menyimpan data bahkan ketika tidak ada listrik yang mengalir melalui mereka. Chip flash ini yang dimiliki Hard Disk SSD berbeda dari jenis yang digunakan di USB thumb drive, dan biasanya lebih cepat dan lebih dapat diandalkan. Akibatnya SSD jauh lebih mahal daripada USB thumb drive walaupun dengan kapasitas yang sama

Hard Disk SSD

D. Penutup

Mudah-mudahan, melalui artikel ini sekarang kalian sudah mengetahui tentang hard disk, jenis dan fungsi dari hard disk itu sendiri. Kalian sudah bisa memilih dan membedakan mana Hard Disk yang paling cocok untuk kalian gunakan namun tetap harus memperhatikan Komponen Komputer๐Ÿ‘€ yang lain agar saling mendukung untuk mencapai performa yang terbaik. Somoga bermanfaat, Wassalam.


Show Comments

Post a Comment for "Apa Itu Hard Disk - Jenis dan Fungsi Hard Disk"