Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Cara Mengubah Tampilan Code Window VBA Excel

Cara Mengubah Tampilan Code Window VBA Excel

Cara Mengubah Tampilan Code Window Visual Basic Editor -  Code Window bisa juga disebut sebagai Jendela pemograman karena disinilah kita menulis, mengedit memberikan perintah makro VBA.

Ubah Tampilan Code Window

Code Window ini secara default tidak ditampilkan secara otomatis, oleh karena itu bila ingin dimunculkan maka kalian cukup dengan cara mengklik View pada menu bar VBE πŸ‘‰ terus pilih Code. Selain itu, cara yang lain yang bisa kalian gunakan yaitu klik kanan pada UserForm/Objek πŸ‘‰ lalu pilih View Code atau cara yang lebih mudah kalian dapat menggunakan tombol pintas pada keyboard F7.

Tampilan default code window ini memiliki background (latar) berwarna putih dengan warna font hitam. Namun tampilan ini bisa kalian sesuaikan dengan keinginan agar tampak lebih elegan dan menarik. Admin sendiri telah melakukan perubahan pada tampilan code window dengan mengganti backgroundnya menjadi dark (hitam) dan merubah beberapa font makro menjadi berwarna. Perhatikan gambar dibawah, ini adalah tampilan code makro yang telah diubah.

Tampilan Code Window

Bila kalian berminat untuk mengubah tampilan code window VBE seperti gambar diatas maka perlu melakukan beberapa perubahan pengaturan pada code window sebagai berikut:

1.  Pertama kalian buka Visual Basic Editor (VBE)πŸ‘€ lalu dibagian menu bar πŸ‘‰ pilih Tools πŸ‘‰ lalu Option.

Option Visual Basic Editor

2. Pada window Option ini kalian pilih menu Editor Format. Di menu inilah kalian melakukan pengaturan untuk merubah tampilan dari code window. Disni ada beberapa item pengaturan yang perlu kalian sesuaikan, yaitu:

  • Code Color : code color ini digunakan untuk mengatur warna setiap kode makro yang ada;

  • Foreground : digunakan untuk mengatur warna font (huruf) dari kode makro;

  • Background : digunakan untuk mengatur warna background (latar belakang dari setiap kode makro). Sebaiknya ini disamakan saja agar tidak terlalu banyak warna latar yang malah membuat tampilan menjadi kurang bagus. Saran Admin, baiknya menggunakan warna hitam seperti yang Admin gunakan seperti gambar sebelumnya diatas;

  • Indicator : digunakan sebagai warna indikator setiap kode makro;

  • Font : digunakan untuk mengganti jenis font (huruf) kode makro;

  • Size : digunakan untuk merubah ukuran font (huruf) kode makro;

  • Sample : menampilkan contoh perubahan yang dilakukan.

Editor Format Code Window

3. Untuk warna foreground, background dan indikator, jika kalian ingin tampilan yang sama dengan yang Admin buat kalian ikuti warna yang terdapat pada gambar dibawah ini.

Warna Code Window

Sekarang tampilan code window kalian telah berubah menjadi lebih menarik. Bagi penyuka tema dark (gelap), merubah background menjadi warna hitam lebih memuaskan, selain mengurangi beban pada mata yang terus menerus menatap layar komputer saat menulis coding makro juga dapat memberikan tampilan yang berbeda. Semoga artikel kali ini membawa manfaat, Wassalam.


Show Comments

Post a Comment for "Cara Mengubah Tampilan Code Window VBA Excel"