Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
 Block Firewall - Solusi Mengatasi Blacklist Ilegal Software

Block Firewall - Solusi Mengatasi Blacklist Ilegal Software

Block Firewall - Solusi Mengatasi Blacklist Ilegal Software - Akhir-akhir ini beberapa software baik itu software sistem seperti microsoft windows dan software aplikasi seperti microsoft office, coreldraw, adobe photoshop cs, tuneup utilities, advanced system care, xilisoft, acdsee pro, game game terbaru, sering terbaca sebagai ilegal software dikarenakan menggunakan serial key yang tidak valid maupun penggunaan tools key generator yang menyediakan crack ataupun patch.

Mengatasi Blacklist Ilegal Software

Segelintir orang masih mencoba menggunakan beberapa tools aktivator ataupun tools key generator untuk melakukan aktivasi agar program yang dipakai kembali menjadi full version atau merubah status dari ilegal software menjadi seakan-akan menggunakan produk legal.

Memang pada awalnya, penggunaan tools tersebut berhasil mengatasinya namun ternyata tidak akan bertahan lama, program akan kembali terdeteksi sebagai ilegal software. Coba kalian perhatikan dengan baik, setiap program yang berhasil kalian bajak tersebut, contoh saja microsoft office versi 2016 keatas, saat menggunakan tools seperti KMS Pico atau sejenisnya, pada awalnya berhasil melakukan aktivasi namun cuma bertahan paling lama sebulan, sudah terblacklist kembali dan semuanya terjadi saat kalian terhubung dengan jaringan internet.

Kenapa setiap terhubung dengan jaringan internet, program tersebut kembali terdeteksi sebagai ilegal software?. Pembuat program sekarang bermain lebih cerdas, mereka menyisipkan coding pada update software atau bisa pada fitur lainnnya untuk mengetahui apakah kalian pemakai legal atau ilegal software tersebut.

Apabila terbukti ilegal, software akan langsung terblacklist sehingga tidak bisa digunakan sama sekali atau juga hanya diberikan semacam pemberitahuan bahwasanya licency yang digunakan tidak valid namun beberapa fitur penting pada program tersebut akan dinonaktfkan.

Dengan melihat inti permasalahan ilegal software yang banyak terjadi sekarang, semuanya terjadi saat terhubung dengan jaringan internet. Untuk itu memblockir firewall program menjadi solusi terakhir karena dengan blockir firewall inilah kita dapat menghindari server program yang kita install untuk mengakses jalur aktivasi ketika sedang terkoneksi internet.

{tocify} $title={Table of Contents}

Perlu kalian perhatikan dan pahami, bahwasanya tidak semua software/aplikasi/program itu boleh kalian blockir firewallnya secara langsung. Program yang bisa kalian blockir firewall secara langsung hanya program yang bisa berjalan tanpa perlu akses ke server program tersebut, sementara program yang perlu akses ke server agar tetap berjalan, kalian mesti melakukan blockir firewall hanya pada file HOST nya saja dan kalian mesti mengetahui file HOST dari program tersebut.

Untuk memblockir firewall pada suatu software/program ini, ada 3 (tiga) cara yang dapat kalian lakukan yaitu:

A. Blockir Firewall Melalui Windows

Memblokir firewall program melalui windows, caranya hampir sama pada setiap Microsoft Windows mulai 2007 sampai 2010, walau mungkin sedikit berbeda dari segi tampilan. Langkah-langkah yang diperlukan kalian bisa baca selengkapnya pada artikel Cara Memblokir Program Dengan Windows FirewallπŸ‘€. 

B. Blockir Firewall Melalui AntiVirus

Untuk memblokir firewall melalui anti virus ini hanya bisa dilakukan pada anti virus type Internet Security. Type free dan Primiere/premium tidak memiliki fasilitas blokir firewall. Langkah-langkah blokir firewallnya sangat mudah, kalian ikuti caranya melalui gambar dibawah. Sebagai contoh Admin gunakan Kaspersky Internet Security 2015.

1.Buka Anti Virus Kaspersky Internet Security πŸ‘‰ Lalu pilih Setting

Setting Kaspersky Internet Security

2. Pada window setting ini, selanjutnya pilh Protection Center πŸ‘‰ lalu Firewall

Pilih Firewall Setting Kaspersky Internet Security

3. Selanjutnya akan ditampilkan window firewall setting. Disini pilih Configure application rules

Konfigurasi Pilih Firewall Kaspersky Internet Security

4.Berikutnya pilih Program yang ingin diblock firewallnya seprti contoh kali ini menggunakan Adobe. Klik kanan program Adobe System πŸ‘‰ pilih details and rules

Disable Firewall Program

5. Disini pilih menu Network Rules πŸ‘‰ lalu klik kanan Action. Lihat gambar dibawah ini:

Disable Firewall Program

6. Ubah semua Address yang ada mulai dari Trusted, Local, Public network dari Allow πŸ‘‰ menjadi Deny. Jangan lupa Save. lakukan hal yang sama pada program selanjutnya dan ulang prosedur yang sama mulai gambar point 4.

Disable Firewall Program

C. Blockir Firewall Melalui Aplikasi Pihak Ketiga

Salah satu aplikasi pihak ketiga yang sering Admin pakai untuk memblokir firewall program yaitu aplikasi yang bernama "Firewall App Blocker". Firewall App Blocker atau  biasa disebut "Fab" merupakan software gratis yang memudahkan kita untuk memblockir program dari akses internet agar aktivasi yang telah di buat untuk software ataupun game tersebut, baik itu melalui patch, crak, tools avtivator dan lainnya tidak terblacklist/bannded karena bajakan.

Intinya software Firewall App Blocker ini adalah untuk memblokir akses keluar/masuk penggunaan koneksi internet dari software sehingga server dari software tersebut tidak dapat menjangkau aktifitas aktivasi bajakan dari software tersebut.

Ada 2 cara yang sering dipakai menggunakan aplikasi ini yaitu dengan memblokir file .exe nya secara langsung atau bisa sekaligus dengan file folder program tersebut. Cara menggunakannya cukup mudah, kalian ikuti langkah-langkah berikut:

1. Kalian silahkan search aplikasi Firewall App Blocker (Fab) melalui keywoard Firewall App BlockerπŸ‘€. Pilih website penyedia download teratas dan download aplikasinya.

2. Untuk cara pertama yang memblockir firewall langsung pada file exe.nya kalian langsung buka Firewall App Blocker (Fab).exe yang telah diextract. 

Setelah terbuka, lihat tab paling bawah sebelah kiri πŸ‘‰ pilih Outbound Rules. Selanjutnya kita tambahkan program yang akan di blockir firewallnya dengan mengklik File πŸ‘‰ terus memilih Add Aplication. Kalian juga bisa langsung mengklik icon yang bergambar Tanda Tambah.

Add Application Blokir Firewall

Sebagai contoh, Admin ingin memblockir firewall CorelDraw 2018, maka cari program files CorelDraw 2018 yang telah di instal sebelumnya. Biasanya default tersimpan di C:\Program Files\Corel\CorelDRAW Graphics Suite 2018\Programs64.

Blokir exe Corel Dengan FAB

3. Cara yang kedua yaitu memblokir firewall dengan memilih pada folder penyimpanan program tersebut. Disini kalian klik File pada menu bar πŸ‘‰ lalu pilih Add Folder Contents.

4. Selanjutnya cari folder penyimpanan program yang ingin diblockir firewall. Kembali mengambil contoh yang sama diatas yaitu CorelDraw 2018, umumnya tersimpan default di C:\Program Files\Corel\CorelDRAW Graphics Suite 2018.

Blokir Folder Corel Dengan FAB

Sebagai catatan, cara mengatasi blacklist ilegal software dengan cara blokir firewall tersebut kalian lakukan setelah program yang di inginkan sudah kalian hilangkan tanda bajakannya atau sudah dibuat menjadi full version. 

Jadi tetap gunakan aplikasi serial key atau tools generated, crack maupun patch yang kalian miliki untuk membuat program tersebut terbaca sebagai genuine sofware. Setelahnya barulah kalian memblokir firewallnya sehingga pada saat melakukan pekerjaan secara online dengan terhubung pada jaringan internet, maka program tersebut sudah tidak dideteksi lagi sebagai ilegal software. Wassalam.


Show Comments

Post a Comment for " Block Firewall - Solusi Mengatasi Blacklist Ilegal Software"