Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Cara Mengatasi Valid With Warnings (Valid Dengan Peringatan)

Cara Mengatasi Valid With Warnings (Valid Dengan Peringatan)

Cara Mengatasi Valid With Warnings (Valid Dengan Peringatan) merupakan lanjutan pada pembahasan sebelumnya tentang "Index Coverage Report (Laporan Cakupan Indeks) di Google Search ConsoleπŸ‘€". Dari ke empat jenis laporan pengindeksan yang terdapat pada Index Coverage Report tersebut, kali ini kita akan membahas lebih jauh 2 (dua) diantaranya yaitu :

{tocify} $title={Table of Contents}

Valid With Warnings

A. Valid

Valid. Status valid ini merupakan sebuah pemberitahuan yang menyatakan bahwa URL halaman telah dapat di indeks. Dengan status seperti ini, halaman sudah dapat dipastikan akan muncul dalam hasil penelusuran Google. Valid ini sendiri dapat dibedakan menjadi 2 kategori yaitu:

1. Submitted and Indexed

Submitted and indexed (Dikirim dan diindeks). Untuk status ini, URL telah tampil di peta situs (sitemaps), terindeks dan muncul juga muncul di cakupan (coverage) dalam kategori Valid.

Submitted and Indexed

Solusi Masalah : Tidak diperlukan solusi dan tindakan apapun.

2. Indexed, Not Submitted In Sitemap

Indexed, not submitted in sitemap (Diindeks, tidak dikirimkan di peta situs). Untuk status ini URL telah dapat di indeks, muncul di cakupan (coverage) dalam kategori Valid namun pada peta situs (sitemaps) belum teridentifikasi.

Indexed, Not Submitted In Sitemap

Solusi Masalah : Status Valid dengan type Indexed, Not Submitted In Sitemap juga pernah Admin alami beberapa kali, dan berhasil diperbaiki dengan cara melakukan Test Live URL untuk melihat apakah dengan pengindeksan langsung URL tidak mengalami masalah atau pemblokiran robot,txt. 

Apabila dalam Test Live URL tersebut tidak terdapat masalah (semua centang hijau) dan Availability menunjukkan "URL can be indexed", cukup meminta pengindeksan ulang (request indexing). Setelah itu update Submit Sitemaps (submit ulang peta situs) kalian. Bila kalian melakukan URL Inspection kembali status yang sebelumnya adalah Valid dengan type Indexed, Not Submitted In Sitemap sudah berubah menjadi Submited and Indexed.

Apabila dengan cara tersebut belum berubah coba kalian periksa custom robot.txt dan Tag Robot Kustom kalian pada pengaturan dashboard blog, ubah dan sesuaikan dengan robot.txt yang pernah Admin berikan pada artikel sebelumnya.

Ada beberapa yang akan tetap dengan status Indexed, not submitted in sitemap ini seperti halaman disclaimer, contact us, about me, sitemap, privacy policy yang dibuat dihalaman bukan di postingan.

B. Valid with warnings

Valid with warnings (Valid dengan peringatan). Status pengindeksan seperti ini, URL muncul dalam sitemaps namun posisi di coverage berada pada kategori Valid with warnings. Sebenarnya URL halaman telah diindeks, tetapi berisi beberapa masalah yang mungkin perlu diperbaiki. Valid with warnings ini dapat dibagi menjadi 2 kategori yaitu:

1. Indexed, though blocked by robots.txt

Indexed, though blocked by robots.txt (Diindeks, meski diblokir oleh robots.txt). Untuk status ini terkadang kita akan mendapatkan email pemberitahuan dari Google Search Console Google. Pemberitahuan tersebut mengatakan bahwa Goooole telah mengindeks URL halaman tersebut, tetapi URL tersebut diblokir oleh file robots.txt.

Penyebab utama munculnya peringatan ini adalah karena mesin pencari Google sudah mengabaikan perintah "noindex" menggunakan file robots.txt sementara di blogger sendiri sampai saat ini masih menggunakan file robots.txt untuk mencegah halaman tertentu supaya tidak terindex di mesin pencari.

Indexed, though blocked by robots.txt

Pada file robots.txt tersebut tertulis perintah : Disallow: /search. Perintah tersebut berfungsi untuk memberitahu mesin pencari supaya tidak mengindex URL yang diawali dengan /search setelah alamat blog. Nah URL yang diawali dengan /search ini, di blogger digunakan untuk halaman label dan halaman pencarian. 

Solusi Masalah

1. Cara paling mudah adalah dengan menghapus perintah Disallow: /search di file robots.txt yang kita gunakan pada fitur custom robots.txt di blogger. Dengan cara ini, kita bisa menghilangkan peringatan diindeks meski diblokir oleh robots.txt di google search console.

Tapi dampak buruknya halaman label dan pencarian masih tetap bisa terindex di penelusuran. Umumnya kita tidak ingin halaman label dan pencarian terindex di penelusuran karena halaman tersebut termasuk halaman berkualitas rendah.

2. Mengaktifkan Tag robot kustom untuk halaman penelusuran dan arsip, dan aktifkan untuk pembatasan indeks di bagian all, dan noodp. Lihat di Settingan pada robot.txt dan Tag custom robot πŸ‘€ untuk mendapatkan pengaturan robot.txt terbaik dan recomended.

3. Jika Tag robot kustom tidak memberikan pengaruh coba langkah ketiga ini. Salin kode dibawah ini ke HTML Template dan tempatkan dibawah <head>.

<!--Meta Robot-->
<b:if cond="data:view.isSearch or data:view.isArchive">
<meta content="noindex, noarchive" name="robots"></meta>
</b:if>
Selanjutnya ubah custom robot.txt menjadi seperti dibawah ini:
User-agent: Mediapartners-Google
User-agent: *
Allow: /
Sitemap: https://URL blog kalian/sitemap.xml

Selanjutnya klik Simpan. Jika sudah melakukan perubahan dan perbaikan, jangan lupa klik tombol Validasi Perbaikan di dashboard Search Console. Setelah itu tunggu sampai notifikasi “Diindeks meski diblokir oleh robots.txt” hilang. 

2. Page Indexed without content

Page indexed without content (Halaman diindeks tanpa konten). Google telah mengindeks URL halaman ini, tetapi Google tidak dapat menemukan konten apa pun di dalamnya. Kemungkinan alasan untuk ini adalah:

  • Google tidak dapat merender halaman, karena mereka diblokir dan menerima kode status HTTP 403 misalnya.
  • Konten dalam format yang tidak diindeks oleh Google.
  • Halaman yang diterbitkan tidak mempunyai isi artikel (kosong). 

Page Indexed without content

Solusi Masalah : Tinjau URL ini untuk memeriksa ulang apakah benar-benar tidak berisi konten. Gunakan browser kalian, atau dapat menggunakan Alat Inspeksi URL Google Search Console seperti Test Live URL untuk menentukan apa yang dilihat Google saat merayapai URL ini. Jika semuanya terlihat baik-baik saja, minta saja pengindeksan ulang.

Untuk Index Coverage Report (Laporan Cakupan Indeks) di Google Search Console dengan status Excluded (Dikecualikan) kalian dapat membacanya disini. "Cara Mengatasi Status Indeks Excluded (Dikecualikan)πŸ‘€". Semoga artikel ini berguna dan bermanfaat dalam mengatasi masalah pengindeksan yang sering kita temui, Wassalam.


Show Comments

Post a Comment for "Cara Mengatasi Valid With Warnings (Valid Dengan Peringatan)"