Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Cara Submit Sitemap dan URL Inspection Di Google Search Console

Cara Submit Sitemap dan URL Inspection Di Google Search Console

Submit Sitemap dan URL Inspection di Google Search Console saat ini masih menjadi masalah yang besar dikalangan blogger pemula. Dalam laporan cakupan (coverage) sering ditemukan kesalahan crawl (perayapan) bahkan sampai mengalami error pengindeksan.

Submit Sitemap dan URL Inspection

{tocify} $title={Table of Contents}

Oleh karena itu pemilik website/blok membutuhkan sitemap (daftar url) dari setiap link di situs mereka sehingga dapat melacak semua kesalahan yang ada. Inilah gunanya sitemap situs HTML yang berfungsi sebagai cetak biru dari seluruh situs web Anda.

A. Apa itu Sitemap?

Sitemap adalah sebuah cara sederhana bagi para pengelola website atau blog (webmaster) untuk menginformasikan kepada search engine tentang halaman-halaman yang ada pada situs blog kalian yang bisa di-crawl (dirayapi).

Sitemap digunakan untuk memberikan informasi tentang halaman, video, dan file lainnya di situs blog kalian, serta hubungan antara elemen-elemen tersebut. Mesin telusur seperti Google membaca file ini untuk meng-crawl blog dengan lebih efisien. Peta situs juga memberi tahu Google tentang halaman dan file mana saja yang kalian anggap penting di situs blog, serta memberikan informasi yang berguna tentang file tersebut.

Menggunakan sitemaps tidak menjamin bahwa semua item di sitemap  akan di-crawl dan diindeks, karena proses Google bergantung pada algoritme yang kompleks untuk menjadwalkan crawling. Namun, umumnya, situs blog akan sangat terbantu dengan adanya sitemap dan tidak ada salahnya jika kalian menggunakannya.

B. Manfaat Submit Sitemap

Beberapa manfaat yang bisa diperoleh dengan melakukan Submit Sitemap antara lain:

  • Bila blog kalian sudah memiliki banyak postingan artikel, maka makin besar kemungkinan bagi web crawler Google untuk melewatkan crawling pada beberapa halaman yang baru atau baru diperbarui. Untuk itu diperlukan Submit Sitemap untuk mengupdate setiap artikel yang baru dibuat ataupun diperbaharui untuk segera dimasukkan kedalam daftar antrian pengindeksan Google.
  • Bila kalian tidak memiliki tautan internal antar halaman dalam postingan, maka dengan Sitemap kalian dapat mencantumkannya dalam peta situs untuk memastikan Google tidak melewatkan beberapa halaman pada blog kalian.
  • Dengan Submit Sitemap, Googlebot dan web crawler lainnya akan melakukan perayapan menelusuri dan mengikuti link eksternal (backink) yang mengarah ke situs blog kita.

C. Cara Submit Sitemap Yang Benar dan Tepat

Sebelum membuat Submit Sitemap, kalian terlebih dahulu harus mendaftarkan blog kalian dan membuat sebuah properti di Google Search Console. Jika kalian belum memiliki properti, silahkan ikuti "Cara Mendaftarkan Blog Ke Google Seacrh Console๐Ÿ‘€" untuk mengetahuinya.

Beberapa parameter yang sangat sering digunakan dalam submit sitemap yaitu:

  •  sitemap.xml
  •  atom.xml
  •  feeds/posts/default?orderby=updated

Sebenarnya dengan menggunakan 1 (satu) saja yaitu sitemap.xml, sebenarnya sudah cukup, namun untuk lebih meyakinkan kalian dapat menggunakan ketiganya. Selain itu kalian dapat juga memberi parameter tambahan apabila jumlah postingan artikel kalian masih dibawah 150 item artikel dengan menambahkan /atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=150.

Untuk membuat submit sitemap, caranya cukup mudah, kalian cuma perlu memasukkan parameter diatas kedalam Sitemap lalu mengklik Submit. Perhatikan gambar dibawah ini.

Cara Submit Sitemap

D. Apa Itu URL Inspection?

URL Inspection atau Alat Inspeksi URL bagian dari Google Search Console yang berfungsi memberikan informasi tentang spesifikasi suatu halaman dalam hubungannya dengan masalah pengindeksan oleh Google.

Secara Umum URL Inspection bertugas untuk:

  1. Melihat status indeks URL halaman saat ini yaitu dengan mengambil informasi tentang halaman Anda dalam versi yang telah diindeks Google.

  2. Memeriksa URL aktif yaitu untuk menguji apakah halaman di situs Anda dapat diindeks dan sekaligus mengetahui alasan Google dapat atau tidak dapat mengindeks halaman URL kalian.

  3. Meminta pengindeksan URL yaitu agar kalian dapat meminta agar URL di-crawl (atau di-crawl ulang) oleh Google apabila ditemukan atau tidak ditemukan masalah dalam pengindeksan.

  4. Melihat versi halaman yang dirender yaitu untuk melihat screenshot tampilan halaman di mata Googlebot dan sekaligus dapat melihat bagian permasalahan yang didapat dalam pengindeksan.

  5. Melihat resource yang dimuat, output JavaScript, dan informasi lainnya yaitu melihat daftar resource, kode halaman, dan informasi lainnya dengan mengklik Lihat halaman yang di-crawl (hasil yang diindeks).

E. Cara Melakukan URL Inspection Yang Benar dan Tepat

Setiap kalian selesai membuat sebuah artikel dan mempublikasikannya, tindakan yang wajib dilakukan agar artikel tersebut cepat terindeks dan dapat muncul dalam penelusuran google yaitu:

1. Sebaiknya sebelum kita URL Inspection, lakukan share postingan terlebih dahulu ke Pinterest atau semacamnya.

Share Artikel

2. Baru setelah itu kalian lakukan URL Inspection dengan mencopy URL halaman artikel ke kolom URL Inspection Google Search Console lalu tekan Enter.

URL Inspection

3. Hasil pertama yang akan ditemukan adalah halaman tersebut belum di crawl (dirayapi), untuk itu kalian perlu lakukan berikutnya adalah dengan melakukan Test Live URL, untuk mengecek apakah dengan pengindeksan langsung, halaman artikel yang diposting tersebut tidak memiliki masalah dan dapat terindeks oleh mesin perayap Google.

Test Live URL

4. Bila terdapat masalah, coba cek apa  yang menyebabkannya dengan melihat hasil perayapan (View Crawled Page).

Cek hasil perayapan

Bila hasil test live URL mengindikasikan tidak terdapat masalah (semua centang hijau), selanjutnya lakukan permintaan pengindeksan (Request Indexing), agar segera dimasukkan kedalam antrian pengindeksan. Umumnya bila tidak terdapat kesalahan dan hasil test live URL bagus maka hanya membutuhkan beberapa jam agar URL halaman tersebut di indeks dan dirayapi oleh mesin penelusuran Google.

Hasil Test Live URL

4. Untuk lebih memudahkan dan mempercepat pengindeksan, sebaiknya pula kalian mendaftarkan blog kalian ke Google News๐Ÿ‘€.

Dengan melakukan Submit Sitemap dan URL Inspection, kalian dapat mempercepat pengindeksan postingan artikel dan dengan cepat pula mengetahui setiap masalah yang kemungkinan diperoleh dalam pengindeksan untuk segera di perbaiki. Setiap hasil pengindeksan dapat kalian lihat dalam laporan cakupan (coverage).

Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan khususnya bagi blogger pemula, Wassalam.


Show Comments

Post a Comment for "Cara Submit Sitemap dan URL Inspection Di Google Search Console"