Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Cara Daftar Google News Update Approved 2021

Cara Daftar Google News Update Approved 2021

Cara mendaftar ke Google News upadate terbaru 2021. Kali ini Admin akan berbagi tutorial mendaftarkan blog ke Google News (Google Berita) yang pastinya akan cepat di approve Google News dan manfaat yang diperoleh dengan mendaftarkan URL blog ke Google News.

Google News

{tocify} $title={Table of Contents}

Google News menjadi layanan yang banyak diminati dan sangat populer saat ini dikalangan para blogger. Selain bermanfaat bagi pembaca, Google News juga sangat bermanfaat bagi pemilik website. Saat seorang pemilik  blog setelah selesai memposting artikel tentunya anda melakukan proses pengindeksan artikel di Google Search Console, sekarang tidak terlalu khawatir lagi, karena jika blog sudah disetujui oleh Google News maka semua posting website Anda akan lebih cepat terindeks di mesin pencari Google.

A. Apakah Google News Itu?

Google News adalah salah satu produk layanan Google yang menghimpun berbagai berita terbaru dan terupdate dari berbagai situs/web/blog yang ada diseluruh dunia. Selain menampilkan berita yang terbaru, layanan Google News ini juga dapat dinikmati dan digunakan secara gratis oleh pengguna, tidak heran jika banyak menggunakan Layanan Google News ini.

B. Manfaat Mendaftarkan Blog Ke Google News

Bagi pembaca atau penggemar berita, tentu saja Google News adalah salah satu layanan berita yang cukup baik. Akan tetapi bagi seorang pemilik website (Blogger), mendaftarkan URL Blog ke Google News mempunyai manfaat tersendiri yaitu:

1. Artikel Lebih Mudah Terindex Mesin Pencari Google.

Dengan sifatnya sebagai sumber berita, tentu saja Google News mengutamakan konten-konten yang terbaru dan terupdate. Google News akan segera mengindeks konten terbaru yang dipublikasikan untuk segera ditampilkan di Google News. Oleh karena itu pengindeksan konten di Google News lebih mudah dan cepat daripada terus mengandalkan Google Search Console.

2. Meningkatkan Jumlah Pengunjung Organik

Kelebihan lain dari Google News, yaitu meningkatkan pengunjung organik. Semakin mudah orang-orang menemukan konten yang mereka cari di mesin telusur, termasuk konten yang telah kalian buat, maka semakin besar pula peluang kamu untuk mendapatkan pengujung organik.

Dengan artikel yang lebih mudah terindeks oleh mesin pencari membuat setiap postingan akan memiliki peluang yang besar mendapat rangking pertama pada hasil pencarian atau setidaknya akan terlihat oleh banyak orang.

Sehingga anda akan mendapat banyak visitor baru yang tertarik dengan artikel yang kalian sudah anda bagikan baik melalui Google News ataupun dari Search Engine Secara Langsung. Dan setiap pengunjung baru yang hadir dari layanan Google akan dianggap sebagai Visitor Organik.

3. Menaikkan Rangking Hasil Pencarian

Jika blog kalian menawarkan konten artikel yang bagus, lagi dicari dan memiliki dampak yang sangat positif, maka pengunjung akan sering mendatangi blog kalian untuk mendapatkan update konten. Selain itu, ulasan-ulasan yang kalian bikin tentang topik tertentu,  blog kalian akan dianggap ahli di bidang tersebut dan tentu saja akan meningkatkan rangking blog di hasil pencarian.

4. Berpeluang Mendapatkan Banyak Backlink

Bila kalian memiliki sebuah konten yang menarik dan banyak diminati, kemungkinan besar Google akan menjadikan blog kalian sebagai referensi/rujukan kepada penggunan Google News dan hal ini berimbas kepada peluang mendapatkan banyak backlink.

C. Syarat Mendaftar Ke Google News

Untuk syarat ini, Admin akan membahas berdasarkan pengalaman sendiri. Banyak yang mengatakan syarat agar dapat diterima di Google News sangat sulit mulai dari harus membuat konten yang khusus hanya berita, umur blog harus 6 bulan keatas, domain mesti TLD dan lain-lain.

Namun dari riset dan percobaan Admin sendiri itu bukanlah syarat mutlak agar blog kita diterima oleh Google News. Artikel ini Admin buat sebagai postingan artikel yang ke 4 (empat) artinya sebelumnya hanya memiliki 3 postingan artikel. Umur blog juga masih belum cukup sebulan aktif dan domain masih blogspot pula, gratisan namun hanya membutuhkan 3 hari setelah daftar Google News langsung di Approved (disetujui).

Ini membuktikan bahwa syarat-syarat yang disebutkan sebelumnya diatas bukanlah hal mutlak dan jadi jaminan untuk di setujui oleh Google News. Bagi Admin syarat yang utama adalah optimalkan navigasi blog kalian, membuat artikel yang menarik dan unik, original tulisan sendiri bukan copy paste walaupun mengambil referensi dari tempat lain dan juga mematuhi Kebijakan dari Google News.

D. Cara Mendaftarkan Blog Ke Google News

Untuk mendaftarkan blog ke Google News, kalian bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Membuat Halaman Publikasi Baru

1. Pertama-tama login di Google Publisher CenterπŸ‘€.

2. Kalian akan diarahkan menuju halaman pembuka, selanjutnya pilih Tambah Publikasi.

Publikasi Google News

3. Disini, kalian akan diminta untuk memasukkan data seperti yang ada dibawah kemudian centang persetujuan lalu klik Tambah Publikasi.

  • Nama publikasi = Butta Toa (Isikan dengan Nama Blog)
  • Properti situs utama = https://buttatoa83.blogspot.com (Masukkan URL Blog)
  • Lokasi = Indonesia (Pilih Negara)

Mengisi form publikasi

2. Mengatur Setelan Halaman Publikasi

Setelah membuat sebuah halaman publikasi baru, selanjutnya pilih Setelan Publikasi untuk mengelola pengaturan halaman publikasi. Pengaturan Publikasi ini terbagi 2 (dua) jenis tipe pengaturan yaitu:

Setelan Publikasi

2.1. Pengaturan Umum

Melalui pengaturan ini, akan diberikan kolom pengisian yang perlu kalian lengkapi datanya seperti:

1. Informasi dasar yang ini wajib kalian isi dan tidak boleh dikosongkan. Informasi ini mencakup:

  • Nama Publikasi = Butta Toa (Isi saja sesuai nama Blog)
  • Bahasa Utama = Indonesia (Isi sesuai keinginan)

2. Lokasi = Indonesia (memilih lokasi kantor pusat publikasi)

3. URL Properti Situs Utama = https://buttatoa83.blogspot.com (isikan sesuai URL Blog kalian).

Lalu jangan lupa untuk menverifikasi situs melalui Google Search Console. Bila kalian belum pernah melakukan verifikasi situs, kalian akan diarahkan ke Google Search Console terlebih dahulu. Kalian bisa baca Cara Mendaftarkan Blog Ke Google Search ConsoleπŸ‘€ untuk mengetahui cara mendaftar dan verifikasi situs Blog kalian melalui Google Search Console.

Bila kalian sudah melakukan, maka akan otomatis tandanya akan berubah menjadi terverifikasi.

Verifikasi properti di GSC

4. URL Properti Situs Lainnya = kosongkan saja karena jika kalian merefresh halaman, akan otomatis terisi dengan URL properti situs utama yang sudah terverifikasi

5. Kontak = masukkan gmail kalian sebagai kontak terdaftar di Google News. Disisni kalian boleh mencentang atau tidak untuk menerima pesan notifikasi pembaharuan dan masalah teknis yang ada di Google News ke email.

Selanjutnya pilih  Berikutnya

2.2. Pengaturan Gaya Visual

Dipengaturan ini kalian akan diminta untuk memasukkan gambar yang akan menjadi logo tampilan Google News nantinya. Logo ini ada yang dimasukkan menggunakan format square (persegi) dan ada yang persegi panjang untuk tampilan terang dan gelap. Setelah itu jangan lupa Simpan lalu kembali ke halaman awal.

Pengaturan Gaya Visual

3. Pengaturan Google News

Untuk memulai pengaturan, kalian cukup klik pada Google Berita (Google News) lalu pilih Edit. Kalian perlu mengisi daftar pemintaan data dari Google News yang terdiri dari:

3.1. Pengaturan Umum

Melalui pengaturan ini, kalian akan diarahkan untuk melengkai data seperti:

1. Informasi dasar yang ini wajib kalian isi dan tidak boleh dikosongkan. Informasi ini mencakup:

  • Dekskripsi Publikasi = "Blog berbagi tips dan tricks seputar dunia blogger, windows, office, internet, software, dan android" tau bla bla bla (Isi saja sesuai deksripsi Blog kalian)
  • Kategori Publikasi = Sains & Teknologi (sesuaikan dengan niche blog kalian)

2. Distribusi = tetapkan distribusi untuk ke Seluruh Dunia dan Izinkan semua properti.

Lanjutkan ke pengaturan berikutnya dengan klik Berikutnya.

3.2. Pengaturan Konten

Pengaturan konten ini, kalian diminta melengkapi dua data yaitu:

1. Rubrik ini sebenarnya pengaturan yang penting. Dari pengalaman Admin sendiri, pemilihan Rubrik yang tepat mempermudah bahkan bisa mempercepat diterima oleh Google News. Rubrik yang Admin sendiri gunakan hanya memakai "Feed"

Untuk itu bagi teman-teman, Admin sarankan memakai feed saja dengan pengaturan berikut:

  • Judul Rubrik = Butta Toa (masukkan nama blog saja)
  • URL Feeds = https://buttatoa83.blogspot.com/feeds/posts/default
  • Akses lihat = Siapa Saja

*) ganti URL blog Admin diatas dengan URL blog milik kalian.

Menambah Rubrik

2. Grup Akses kosongkan aja.

Selanjutnya klik Berikutnya untuk kepengaturan selanjutnya.

3.3. Pengaturan Peninjauan dan Publikasi

Selanjutnya pada pengaturan tinjau dan publikasi, pertama-tama mengisi persyaratan layanan dengan mengklik pada bagian "Tinjau" persyaratan layanan seperti gambar dibawah. 

Persyaratan Layanan

Hal-hal yang perlu di isi dalam persyaratan layanan ini adalah:

  • Nama = Butta Toa (isikan nama blog saja)
  • Email Kontak = masukkan nama gmail yang digunakan
  • Judul = Butta Toa (isikan nama blog saja)
  • Organisasi  = Butta Toa (isikan nama blog saja)

Setelah itu klik Kirim dan lanjutkan menyimpan setelan dengan klik pada pojok kanan atas Simpan. 

Sampai disini, lihat bagian pratinjau apakah sudah dapat menampilkan tinjauan artikel blog yang kalian punya, bila belum refresh atau reload halaman dan tunggu sampai dalam pratinjau sudah menampilkan tinjauan artikel.

Setelah pada pratinjau sudah menampilkan tinjauan artikel barulah kalian boleh mempublikasikan dengan memilih Publikasikan.

Pratinjau Publikasi Google News

Setelah ini kalian akan langsung di alihkan ke halaman awal. Lihat status yang ada, jika masih "Sedang Ditinjau", berarti Google News belum menyetujui permintaan kalian, namun bila sudah berubah menjadi "Sedang Tayang", itu berarti Google News sudah menyetujui pemintaan kalian.

Sedang Ditinjau

Sedang Tayang
 

Nah itulah diatas langkah-langkah untuk mendaftarkan Blog ke Google News, jangan terlalu kaku dengan beberapa persyaratan yang banyak dikemukakan diluar. Optimalisasi blog kalian, mantapkan navigasi dan teruslah menulis sebaik mungkin. Semoga bermanfaat dan bagi teman-teman yang ikut mendaftar segera di Approved. Wassalam.


Show Comments

2 comments for "Cara Daftar Google News Update Approved 2021"

  1. Wah mantap, super lengkap panduannya.
    Sangat membantu sekali, terimakasih..

    ReplyDelete