Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Tahapan Membuat Blog Pada Platform Blogger.com Bagi Pemula

Tahapan Membuat Blog Pada Platform Blogger.com Bagi Pemula

Blog (dari kata web log) adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan yang dimuat dalam sebuah postingan pada sebuah halaman web. Saat ini berkembang beberapa platform blog dan salah satunya yang memiliki banyak pengguna adalah Blogger.com. Beberapa alasan Blogger di indonesia memilih blogger.com
diantaranya:

  • Pastinya karena gratis
  • Mudah dipahami dan digunakan, sangat cocok untuk pemula
  • Fitur yang lumayan lengkap
  • Bisa digunakan untuk menghasilkan uang dari blog
  • Aman dan terpercaya karena blogger merupakan salah satu layanan milik Google

Blogger

 

{tocify} $title={Table of Contents}

Berikut beberapa tahapan membuat blog di platform blogger.com :

A. Membuat akun blogger

1. Hal yang pertama perlu disiapkan untuk membuat blog pada platform blogger adalah sebuah akun gmail aktif. Jika belum mempunyai silahkan daftar terlebih dahulu melalui link Buat Gmail๐Ÿ‘€.

2. Buka Blogger.com ๐Ÿ‘€

Akan menampilkan halaman jendela create blog seperti gambar dibawah ini.

Window create your blog

3. Klik Create Your Blog dan kemudian akan diarahkan untuk memasukkan akun gmail. Masukkan akun gmail aktif lalu klik Next.

Window verifikasi gmail

4. Selanjutnya masukkan Judul Blog yang ingin digunakan dan akan ditampilkan di tab browser dan header blog nantinya. Lalu klik Next kembali.

Membuat Judul Blog

5. Berikutnya membuat nama blog dengan domain gratis blogspot.com. Perhatikan ketersediaan nama blog yang bisa dibuat. Klik Save setelah nama blog yang digunakan tersedia dan sudah dirasa cocok, maka blog akan segera dibuat.

Membuat nama blog

 

B. Mengoptimalisasi Pengaturan Dasar Blog

Setelah blog selesai dibuat, masih perlu dilakukan beberapa penyetelan beberapa pengaturan dasar blog agar lebih optimal dan SEO friendly. Beberapa setelan yang perlu dilakukan tersebut sebagai berikut:

1. Membuat Deksripsi Blog

Deskripsi blog bisa di isi dengan tema, motto, atau sesuatu yang bisa menjabarkan keseluruhan blog. Deskripsi ini akan diatampilkan dibawah judul blog.

2. Mengaktifkan Tag Meta dan Mengisi Deskripsi Penulisan

Deskripsi penulisan ini yang nanti akan kelihatan di search engine. Jumlah karakter yang bisa digunakan untuk mengisi deskripsi sejumlah 150 termasuk titik, koma dan spasi. dan usahakan deskripsi yang dimasukkan mengandung keyword blog.

3. Aktifkan Crawler dan Pengindeksan Robot Text

Yang pertama aktifkan robot text kustom dan masukkan robot text dibawah ini:

User-agent: Mediapartners-Google
Disallow:

User-agent:*
Disallow:/search
Allow:/

Sitemap: https://namablog.blogspot.com/sitemap.xml

Ganti yang di highlight dengan nama blog kalian, selanjutnya aktifkan tag header robot kustom. Tag robot kustom yang Admin sendiri gunakan seperti pada gambar dibawah, dan selama ini Admin belum mendapatkan masalah apapun dalam pengindeksan. Bila kalian ingin mempunyai pengaturan sendiri, silahkan dicoba.

Tag kustom robot text


C. Mengganti Tema Defaut Bloger Dengan Template SEO Friendly

Untuk pemula, sebaiknya mencoba terlebih dahulu beberapa template yang SEO friendly yang memberikan versi demo/gratis sambil tetap menulis artikel. Selain mencocokkan template dengan tema blog kita sendiri, juga mencari beberapa fitur pada template yang sesuai diterapkan pada blog. Nah setelah dirasa sudah ketemu dengan yang di inginkan barulah mencoba template yang premium agar mendapatkan beberapa fitur kelebihan lain yang tidak ada di versi demo.

Ada beberapa template yang pernah dicoba dan sangat recomended saya sarankan diantaranya VioMagz, LinkMagz, JetTheme dan Median UI, Igniplex . Dari segi SEO, kecepatan, performance template-template tersebut sangat memuaskan. 

 

 
 

 

D. Mendaftarkan Blog Ke Google Melalui Google Search Console

Mendaftarkan blog ke google search console memiliki manfaat untuk blog kita, selain verifikasi kepemilikan blog juga beberapa manfaat lainnya yaitu:

1. Menemukan keyword dan mengidentifikasi halaman populer

2.Mengetahui trafic perangkat yang paling sering digunakan dan memeriksa kompatibilitas artikel dengan perangkat mobile

3. Memeriksa backlink dan broken link di blog

4. membuat sitemap yang dapat membantu google untuk melakukan crawl (perayapan) diblog agar cepat terindeks, dan masih banyak lagi.

Kalian dapat mengikuti panduan melalui tautan link "Cara Mendaftarkan Blog Ke Google Seacrh Console๐Ÿ‘€" bila ingin mendaftarkan blog ke google search console.

Google Search Console

Nah, itulah diatas beberapa tahapan dasar membuat blog yang perlu diketahui oleh seorang pemula. Selebihnya tinggal mengoptimalisasi tampilan blog dan membuat postingan artikel yang SEO dan memiliki keywoard yang tepat untuk bersaing dengan blog yang lain. Semoga bermanfaat, wassalam.


Show Comments

1 comment for "Tahapan Membuat Blog Pada Platform Blogger.com Bagi Pemula"