Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Cara Mendaftarkan Blog Ke Google Search Console

Cara Mendaftarkan Blog Ke Google Search Console

Google Search Console atau yang sebelumnya dikenal dengan nama Google Webmaster Tools adalah layanan gratis yang ditawarkan oleh Google untuk membantu pemilik blog memantau, mempertahankan, dan memecahkan masalah yang ditemukan penelusuran google. Sebenarnya tidak mutlak harus mendaftar ke Search Console agar blog kita dapat muncul di google penulusuran, namun Search Console dapat membantu kita memahami dan meningkatkan bagaimana caranya agar blog kita dilirik oleh google.

Google Search Console

{tocify} $title={Table of Contents}

 

A. Manfaat Google Search Console

Beberapa manfaat yang dapat kalian peroleh dengan mendaftarkan blog kalian ke Google Search Console antara lain:

1. Menambahkan (Submit) Sitemap

Sitemap adalah tempat Anda memberikan segala informasi tentang halaman, video, dan file lain di blog kita. Dengan adanya sitemap, search engine (mesin penelusuran google) akan membaca sitemap ini untuk merayapi blog dengan lebih cepat dan efisien. Sitemap memberi tahu Google mengenai halaman dan file mana yang ada di blog yang dirasa cukup penting oleh kita, dan juga memberikan informasi berharga tentang file tersebut.

2. Memeriksa Broken Link (Error URL)

Kita akan menerima pemberitahuan saat Google menemukan masalah pengindeksan, spam, atau masalah lainnya yang ada di blog. Google search console akan menginspeksi link yang error dan memberikan pemberitahuan sehingga kita bisa cepat dan langsung memperbaiki tautan-tautan yang rusak. Anda dapat meminta pengindeksan ulang untuk konten baru atau yang diperbarui.

3. Mengetahui Karakteristik Pengunjung (Audience)

Google Search Console juga memungkinkan kita untuk mengidentifikasi sumber pengunjung blog. Fitur ini akan membantu untuk memahami keinginan dan karakteristik yang mengunjungi blog kita. Selain itu Google Search Console akan membantu untuk mengetahui bagaimana pengunjung berinteraksi dengan blog kita, apakah menggunakan perangkat desktop atau perangkat mobile.

Google Search Console membantu melihat data traffic Google Penelusuran di blog kita seperti seberapa sering blog muncul di Google Penelusuran, keyword (kata kunci) penelusuran mana yang memunculkan blog, seberapa sering penelusur mengklik untuk keyword tersebut, dan banyak lagi.

4. Mengecek Kompatibilitas di Perangkat Mobile

Google Search Console menyediakan fitur Mobile Usability yang membantu untuk mengecek kesesuaian blog untuk ditampilkan pada perangkat mobile. Selain itu, juga akan memberikan rekomendasi mengenai langkah yang perlu diambil untuk meningkatkan performa blog di perangkat mobile.

5. Menampilkan Backlink ke Blog Kita

Backlink adalah sebuah link internal yang ditanamkan di berbagai website lain dan mengarahkannya ke blog kita. Fungsi dan manfaat dari backlink ini sendiri yaitu untuk meningkatkan tingkatan blog kita di mesin pencari dan dapat meningkatkan popularitas blog dan  bisa menjadi menaikkan blog ke bagian paling atas dalam hasil pencarian di Google.


B. Cara Mendaftarkan Blog Ke Google Search Console

Bagaimana cara mendaftarkan blog ke google search console, ikuti langkah-langkah berikut:

1.  Pertama-tama Login Google Search Console👀,

Lalu klik Mulai Sekarang. Kalian akan diarahkan untuk login melalui akun gmail. Masuk menggunakan akun gmail yang didaftarkan saat membuat blog sebelumnya.

2. Karena masih menggunakan domain gratisan yakni blogspot, daftarnya di bagian URL prefix. Masukkan URL blog kalian lalu klik Terus.

Daftar Blog ke GSC

3. Lalu akan ditampilkan jendela untuk memulai pengaturan properti Google Search Console, pilih Buka Properti, lalu Mulai dan kalian akan memulai masuk ke Google Search Console.

Buka Properti GSC

Memulai Search Console

 

C. Verifikasi Blog Di Google Search Console Melalui Tag HTML

Untuk melakukan verifikasi dan menghubungkan Google Search Console dengan blog kita, ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Buka Setelan Google Search Console, lalu di bagian Setelan Properti pilih Verifikasi kepemilikan. Pada Metode verifikasi tambahan pilih menggunakan Tag HTML.

Verifikasi Blog di GSC

2. Copy Tag Meta ke dalam Template Blog kalian, perhatikan gambar dibawah point (1). Ingat jangan dulu klik verifikasi.

Copy tag meta HTML

3. Sekarang menuju ke dashboard blog. Pilih Tema lalu Edit HTML template blog. Paste/tempelkan tag meta yang dicopy tadi dibawah kode <head> dan Save untuk menyimpan pengaturan.

Edit HTML Template

Paste Tag HTML dibawah <head>

4. Sekarang kalian sudah boleh mengklik tombol Verifikasi sebelumnya. Jika berhasil akan menampilkan verifikasi sukses seperti gambar dibawah ini.

Verifikasi tag html berhasil

 

D. Verifikasi Blog Di Google Search Console Melalui Google Analytics

Selain melalui Tag HTML, kita juga dapat menghubungkan blog kita melalui Google Analytics. Untuk itu kita perlu mendaftarkan blog ke Google Analytics, dimana caranya dapat kalian baca di link tautan "Cara Mendaftarkan Blog Ke Google Analytics👀".

1. Setelah kalian mendaftar di Google Analytics, buka setelan properti di Google Search Console. Pada bagian metode verifikasi tambahan pilih menggunakan Google Analytics.

Verifikasi Via Google Analytics

2. Klik Verifikasi dan bila semua telah kalian lakukan dengan benar akan muncul verifikasi berhasil.

Verikasi Google Analitics

Verifikasi Berhasil

Selain dua cara verifikasi tersebut, masih ada lagi cara yang lain. Berhubung Admin hanya menggunakan kedua cara tersebut, maka cuma kedua cara tersebut yang dapat di uraikan pada pemahasan cara mendaftarkan blog ke Google Search Console kali ini. Namun kedua cara tersebut sudah dapat mewakili untuk menverifikasi kepemilikan blog dan verifikasi ke Google Search Console. Semoga bermanfaat, Wassalam.


Show Comments

Post a Comment for "Cara Mendaftarkan Blog Ke Google Search Console"